Add to Favorite
0
Ardhan @ardhanAmin
Kepada gubernur Jateng @ganjarpranowo dan bupati Brebes @idafauziyah apakah bener gara2 harga bawang anjlok para petani jadi duda mohon di jelaskan ke publik biar kaga jadi opini pilpres ๐Ÿ™๐Ÿ™ pic.twitter.com/ezFWJvEWcj
Caleg Kardus ๐Ÿ“ฆ @LingWinata81
@Ardhan_syahil @ganjarpranowo @idafauziyah Janganโ€ #sandiwaraUnoLagi ๐Ÿค” Rakyat muak tolong aparat yang berwenang klarifikasi masalah ini
derapjuang @derapjuang
@Ardhan_syahil @PantunJ2P @ganjarpranowo @idafauziyah Bang sandi harusnya menjelaskan jg..sdh ada kerjasama pemprov jateng dg pemprov lain, salah satunya pemprov DKI Jakarta untuk membeli produk2 pertanian ketika panen raya untuk mencegah harga turun drastis sekaligus sbg buffer stock
derapjuang @derapjuang
@Ardhan_syahil @PantunJ2P @ganjarpranowo @idafauziyah Jadi ada kerjasama dg DKI untuk membeli bawang petani ketika panen raya. Bawang di simpan di cold storage. Ketika tdk musim panen, bawang itu di deploy ke pasar shg harga tidak melonjak.
derapjuang @derapjuang
@Ardhan_syahil @PantunJ2P @ganjarpranowo @idafauziyah Apakah mas sandi lupa atau program itu sdh dihapus oleh gubernur baru karena itu warisan jaman ahok.. Wallahualam.. Yg jelas itu bagian dari praktek kerjasama Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID): menyerap ketika panen raya dan menjual ketika bawang langka
Rathu_Cebong ๐Ÿธ @8175Rathu
@Ardhan_syahil @ganjarpranowo @idafauziyah Anjlok?? Lagi2 haox ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚ pic.twitter.com/LefEK7m3sr
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
Identitas Subkhan Dipertanyakan
Herjoko Biantoro @herjobi
@Ardhan_syahil @Athar69046912 @ganjarpranowo @idafauziyah Sabar, pemirsa. Dalam 1x24 kekuatan Lambe Turah akan mencari tahu siapa sebenarnya Bapak ini berikut segala dramanya. Stay tune on the chanel.
Banny Gawan Kusuma @BgawanKusuma
@Ardhan_syahil @ganjarpranowo @idafauziyah Harga bawang anjlok Mr.bango janji kpd petani akan menaikan hrg bawang. Begitu hrg bawang naik,dipasar emak2 teriak hrg bawang mahal, lagi2 Mr.bango janji kpd emak2 akan menurunkan hrg bawang. Petani dan emak2 dibuat manggut2 oleh Mr.bango. Mr.bango modalnye cuma delak delok aje.
Adi Putra TGL @Adiputr16861421
@Ardhan_syahil @ganjarpranowo @idafauziyah It dah langganan kalo bawang murah pada geger kalo pas mahal sekali panen aja untungnya bisa buat beli inova mereka diem diem bae. #bawangpolitik
Jagal_H@TI @renzadi
@setiono_john @Ardhan_syahil @ganjarpranowo @idafauziyah @Ferdinand_Haean yg betul tampang brengsek .... nggaatellliii..... sisan.... omonge grotal gratul.
Subkhan adalah Tokoh Politik Lokal
๐ŸŒทโ™๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ Ms. Haiti Haiti @Irenecutemom
Ciyee petani bawang nih ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Udahlah yaa, sandiwaramu ZONK muluu #SandiwaraUno #SandiwaraAnakMami pic.twitter.com/TTrZcVify2
 Expand pic
 Expand pic

tirto.id - Subkhan berkeluh kesah ke Sandiaga Uno ketika calon wakil presiden nomor urut 02 itu datang ke Brebes, Jawa Tengah, 11 Februari lalu. Di atas panggung dan disaksikan banyak orang, dengan pengeras suara, dia mengatakan "harga bawang jatuh" dan dia mau tak mau berutang.

"Saya berutang Rp15 juta. Jeleknya adalah rumah bapak saya digadaikan," katanya, dengan nada bicara seperti hendak menangis.

Sandi kemudian menjawab, dengan kalimat-kalimat normatif, tentu saja. "Ini yang membuat kami sangat prihatin. Pemerintah harus hadir. Lima tahun ke depan kami akan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandi.

Momen ini diabadikan lewat video 59 detik dan diunggah Sandi di Twitter. Unggahan tersebut telah di-RT lebih dari 1.000 kali dan disukai 3,5 ribu pengguna. Sandi memberikan keterangan pada video itu: "Terenyuh hati ini ketika mendengar keluhan dari pak Subhan seorang petani bawang yang hingga menahan air matanya saat kami berdialog di Desa Krasak, Brebes, Jawa Tengah."

Tapi sesungguhnya Subkhan bukanlah sekadar seorang petani lugu yang hanya tahu cara menanam bawang dan menjualnya ketika panen. Lebih dari itu dia adalah orang yang malang melintang di politik lokal Brebes.
Orang Lama di Politik
Informasi soal siapa Subkhan diketahui lewat unggahan pengguna Twitter dengan nama @kemalarsjad. Ia mengatakan percakapan itu adalah drama, sembari mengunggah tangkapan layar beberapa artikel dan situs.

"Ckckckkckkck... #SandiwaraUno berulah lagi, begini nih kalo anak ga pernah ngerasain prihatin. Bikin drama seakan2 paham rasanya prihatin.. sayangnya kebongkar juga sandiwara nya. #SandiwaraAnakMami #SandiAnakMamah #SandiEmaknyaGalak," katanya pada hari yang sama, 11 Februari.

Salah satu tangkapan layar adalah komentar seseorang yang dicoret garis merah sehingga tak diketahui siapa yang bicara. Ia bilang: "saya tahu itu orang. Salah satu anggota KPU Kab. Brebes. Pernah kumpul bareng dulu waktu sosialisasi Pilkada." Unggahan lain adalah tangkapan layar struktur organisasi Komisioner KPU Kabupaten Brebes Periode 2013-2018.

Di sana Subkhan ditulis sebagai "anggota". Nama lengkapnya: Moh. Subkhan, dengan titel akademik S.Si.

Wajah 'petani bawang' pada video yang diunggah Sandi juga sama dengan profil Komisioner KPUD Brebes di situs resmi mereka. Subhkan disebut bekerja di Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Antar Lembaga.

Di sana disebut: sebelum di KPUD, Subkhan lebih dikenal sebagai seorang demonstran. Pria kelahiran 11 November 1973 ini juga tercatat pernah menjabat Ketua LSM Forum Kajian Masyarakat Brebes dan staf ahli DPRD Brebes.

Subkhan, S.Si juga disebut "keranjingan main catur dan penyuka bakso".

Keterlibatan Subkhan jelas pelanggaran serius. Tapi dengan catatan: dia masih menjabat Komisioner KPUD. Namun, ternyata dia tak lagi menjabat di posisi itu.

Oktober lalu terjadi pergantian Komisioner KPUD, dan Subkhan tak lagi menjabat meski mendaftarkan diri kembali. Dari lima orang komisioner baru, hanya satu yang petahana. Sisanya orang baru.

Kelima komisioner itu adalah Muamar Riza Pahlevi (petahana), Sri Nurokhmi Susilowati, Mochamad Muarofah, Akhmad Nizam Baequni, dan Ita Listiana Ningsih.

Wijanarto Wijan, Ketua Dewan Kesenian Brebes, mengatakan kepada reporter Tirto, Selasa (12/2/2019), kalau Subkhan "memang petani bawang di Desa Tegalglagah, Bulakamba, Brebes".

"Tapi posisi dia ketika bertemu pak Sandiaga sudah tidak jadi Komisioner KPU."

Orang mungkin heran kalau Subkhan masih melakoni profesi petani ketika jadi Komisioner KPU, tapi itu kenyataannya, kata Wijanarto.

Selain petani dan bekas orang KPU, dia juga adalah aktivis tani.

"Dia banyak berkaitan dengan isu perjuangan nasib kaum tani. Dia petani bawang yang kebetulan memperjuangkan nasib dirinya sendiri," katanya.

Subkhan tidak menjawab permintaan wawancara Tirto meski telah dihubungi berkali-kali. Namun dalam Facebook-nya, dia memang masih mencatatkan diri bekerja di KPU Brebes. Sebagian status terbarunya bicara soal politik elektoral, juga masalah pertanian.

sumber: tirto.id

Bakul Cilok mencari pembeli @BakulCilok8
@Irenecutemom Ssssstt...si anak mami sedang bobok siang dikelonin emaknya,jangan berisiiiiiiiik..๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š
Load Remaining (56)
Login and hide ads.