1
Khadija @unwrappedlolly

They said we have a special place, that we are exalted. I'm still waiting for the punchline.

Khadija @unwrappedlolly
Thread dongeng sebelum tidur edisi Bengkulu : Putri Serindu βœ¨πŸŒ™ Tentang putri yang mencari jodoh, bubu, dan laki-laki paling jagoan tidur se-Bengkulu. pic.twitter.com/QbynPa11N6
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Pada suatu masa di tanah Rejang, tersebutlah suatu kerajaan yang dipimpin Raja dan Ratu yang bijak. Pewaris raja satu-satunya Putri Serindu namanya : Ayu, terampil, dan bijak karena didikan ayah ibunya.
Khadija @unwrappedlolly
Nah, namanya kerajaan pasti butuh pewaris. Waktu Putri beranjak dewasa, mulai deh semua orang kepo - Putri, putri, kapan kawin? Mau rakyat yang ketemu pas blusukan, dayang yang bawain minum, sampe tamu dari negeri tetangga, semua nanyanya ituuu aja. Padahal belum lebaran loh. pic.twitter.com/sfMi2NjArR
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Putri Serindu juga tahu kalau kerajaannya harus punya penerus. Tapi buatnya, mencari pendamping yang tepat itu sulit. Kalau dia salah pilih, rakyatnya juga yang kena. Dia minta waktu ke ayah ibunya buat berpikir.
Khadija @unwrappedlolly
Setelah beberapa hari, akhirnya sang Putri keluar dari kamarnya. "Ayah, ibu. Aku mohon izin mengadakan sayembara untuk menemukan calon suamiku", pintanya tegas di tengah-tengah ruang singgasana. Raja dan ratu jelas antusias, akhirnya bisa punya cucu! βœ¨πŸ‘ΆπŸ½
Khadija @unwrappedlolly
Semua penasaran. Sayembara apa yang akan diadakan putri mereka? Apakah membuat syair? Bertarung? Uji ketangkasan? Atau menjawab teka-teki dari putri yang terkenal bikin stres? Tapi jawaban Putri Serindu membuat semua orang kaget : Ia akan mengadakan sayembara tidur!
Khadija @unwrappedlolly
Penasihat Raja protes. Para bangsawan bingung. Beberapa diantara mereka tiba-tiba merasa bisa jadi kandidat yang gemilang. Tapi raja hanya tersenyum. Dia percaya sudah membesarkan seorang putri yang cerdik. "Baiklah", katanya "Lekas sebarkan berita tentang sayembara ini!"
Khadija @unwrappedlolly
Maka berbondong-bondonglah para bangsawan, pedagang, hingga pangeran dari kerajaan tetangga ikut sayembara ini. Banyak yang merasa punya harapan cerah, karena tentunya semua orang merasa jago tidur πŸ˜‚ pic.twitter.com/FT0oFWZKqG
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Nah, di antara para peserta ini ada seseorang yang beda sendiri. Di tengah orang-orang berbaju bagus, dia tampil sangat sederhana. Anak Lumang namanya. Seorang anak nelayan yang kagum pada kebaikan hati sang Putri & ingin mencoba peruntungannya. Toh ga ada syarat kudu kaya raya. pic.twitter.com/ogvSkwteM9
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Peserta lain melihat sangsi pada Anak Lumang. Di saat semua orang bawa selimut, dipan, & bantal bagus, anak Lumang cuman berbekal tikar dan seikat bambu. Putri Serindu tiba, dia sendiri yang mengawasi jalannya sayembara "Saat diberi aba-aba, tidurlah kalian seperti biasa!"
Khadija @unwrappedlolly
Sayembara dimulai! Semua peserta langsung berusaha tidur dengan semenawan mungkin. Ada yang pake kasur tumpuk-tumpuk, ada yang pake baju tidur super kinclong, ada yang tidurnya pake pose. Pokoknya segala jenis dan bentukan orang tidur ngumpul jadi satu. Yang liat juga bingung.
Khadija @unwrappedlolly
Tapi apa yang dilakukan Anak Lumang? Ternyata dia nggak langsung tidur. Dengan kalem, dia melakukan hal yang biasa dia lakukan tiap malam sebelum tidur. Bilah bambu yang tadi dia bawa dia anyam dengan rajin sampai menjadi bubu yang kuat dan rapih. pic.twitter.com/avtB1Uu1IP
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Setelah puas dengan hasil kerjanya, anak Lumang tertidur pulas dengan tersenyum. Dari kejauhan, Putri yang memperhatikan ikut tersenyum. Esok harinya, semua peserta bangun dengan waswas. Apakah mereka tidur dengan cukup bagus? Lha memangnya tidur yang bagus itu bagaimana?
Khadija @unwrappedlolly
Semua orang kaget - pilihan Putri Serindu jatuh ke Anak Lumang! Dengan senyuman, Putri menjelaskan kenapa : Di antara semua orang yang langsung tidur, hanya anak Lumang yang merencanakan hari esoknya. Ia memastikan ia punya bubu yang kuat untuk keesokan harinya menangkap ikan.
Khadija @unwrappedlolly
"Sebagai pendampingku nanti, aku butuh seseorang yang selalu memikirkan dan menjamin hari esok. Karena itu artinya hari esok kerajaan kita juga terjamin" Sang Putri akhirnya mendapatkan pendamping yang tepat - Bukan hanya untuk dia, tapi juga kerajaannya ✨ pic.twitter.com/hPKaZpLzs4
Expand pic
Khadija @unwrappedlolly
Dongeng putri Serindu ini salah satu dongeng Nusantara kesukaan saya. Selain premisnya yang lucu (hayo siapa di sini yang pede kalau disuruh lomba tidur? πŸ˜‚), saya suka banget cara Putri Serindu menyimpulkan watak seseorang dari cara mereka berangkat tidur.
Khadija @unwrappedlolly
Satu lagi yang bikin saya seneng sama dongeng ini adalah sang rajanya : Walaupun ide Putri aneh bin ajaib, beliau percaya padanya dan menyerahkan keputusan penuh padanya. Lha emang dia yang bakal kawin kok, masa yang lain yang tentuin?
Khadija @unwrappedlolly
Kadang kita mungkin ngerasa perbuatan kita tu cuman selewat aja - Tapi tabiat dan kebiasaan kita sehari-hari sebenernya ngaruh banget sama pandangan orang lain dan idup kita sendiri. Yuk lah - Jadi pengen punya ritual sebelum tidur yang oke kayak Anak Lumang juga nggak sih? 😭
😈 @husn_aaa
@unwrappedlolly πŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œπŸ’œ
Imam Kusumah @Iskusumah
@unwrappedlolly Kalau gw menyiapkan list untuk besok, apa yg gw lakuin atau mau kemana terus ada agenda apa. Karena yang paling mengerikan dalam hidup (menurut gw) adalah saat kita tidak tau apa yang kita lakukan esok hari

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.