1
Rumail Abbas @Stakof
Terlihat sekali bahwa guru honorer yang dipetentang-petentengi murid ini tidak takut. Ibarat bisa ngomong, hati dia bilang: "Yaelah, pecahan rempeyek. Gelut sampai elu semaput juga belum bisa bikin gue keringetan." Guru ini diam: takut dipecat. pic.twitter.com/07eGeBvnGo
galang gemilang @gegezeta
@CondetWarriors @Stakof Guru sekolah swasta memang dilematis, dianaktirikan, tak dianggap, tp resiko pekerjaannya lebih berat....contoh salah satunya di video itu....ngadepin "anak2 buangan" agar tetep bisa sekolah tp yg diselamatin masa depannya adab nya kaya setan gitu... cc @PartaiSocmed
Faisal Kurniawan @AFKawan
@Stakof Ini model2 anak yg kalo ketilang motornya di unboxing ... Sengaja biar dpt makan gratis d penjara. Blm ngerti rasanya cari uang... Puck yu le !
Eko Purwadi @eko_adhi
@wijimoharwan @Stakof @Kemdikbud_RI @muhadjir_ef Yang harus tanggung jawab ya ortunya anak ini lakok malah Mendikbud
Saiber T @m_t_hidayat
@Stakof Nunggu kelanjutan ceritanya. Setelah viral, biasanya ada video minta maap dan tangis-tangisan.
#2019GantiStatus @aditya_kaizen08
@Stakof Pagi2 tadi saya juga udh dapet kiriman video ini dr Bpk Babinsa koramil Smg Tengah Nama Guru Pak Khalim Status Guru Honorer di SMP PGRI Wringinanom kab. GRESIK Kejadian Sabtu 9/02/2019
。✩¨̮☪︎⋆。✧ @arinaristia
@sudhagama @gegezeta @CondetWarriors @Stakof @PartaiSocmed Guru sekolah negeri juga sama :( Banyak anak2 ‘super’ macam begitu d sekolah negeri. Gurunya tegas, orangtua lapor polisi. Padahal anakny emg udah super kurangajarnya :( Kadang bocah macem begitu kudi ditabok beneran. Kl udah gitu gimana coba?
Shidiq Nur Thoha @Shidiqnthoha
@Stakof @Kemdikbud_RI @muhadjir_ef mohon diperiksa, diperbaiki dan ditindak lanjuti serta dicari solusi agar hal ini tidak terus terjadi pak. Klo di pesantren, ini otomatis dikeluarkan dan gak berkah ilmu nya sampe mati. Makasih. 😥
tsabit arwan @wijimoharwan
@eko_adhi @Stakof @Kemdikbud_RI @muhadjir_ef Paling bertanggung tetap pemerintah...apabila Guru dilindungi hukum pasti kejadian ini tidak mungkin terjadi...
Imperator @sudhagama
@arinaristia @gegezeta @CondetWarriors @Stakof @PartaiSocmed Biar dunia yang bales. Gw juga bingung sih zaman sekarang mah dikit2 ortu lapor polisi
。✩¨̮☪︎⋆。✧ @arinaristia
@sudhagama @gegezeta @CondetWarriors @Stakof @PartaiSocmed Ortu yg ga bertanggungjawab. Dirumah anaknya ga dididik dg benar. Jd anak kurangajar. Masukin ke sekolah biar jadi anak baik. Kelakuan anak yg uda terlanjur kurangajar, disekolah dibenerin, eh ortunya ga terima. Gimana weh :((
HidupNKRI @cumakicaukacau
@wijimoharwan @eko_adhi @Stakof @Kemdikbud_RI @muhadjir_ef Paling bertanggung jawab ya pabrik kondom, kalo gk bocor kan gk nongol ini bocah
Agung @heapmemory
@Stakof Ini bocah calon2 tukang bikin puisi kalo jadi anggota DPR.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Di video ini, jelas terlihat bagi saya soal tidak adanya panduan yang jelas atas apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan murid terhadap guru, dan sebaliknya guru terhadap murid. Ini problem juga antara orangtua dengan anak.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Dalam konteks video ini, guru dan murid sama2 berkontribusi terhadap persoalan. Saat murid dibiarkan bertindak seperti ini, sang guru juga ikut membentuk kultur bagi seluruh kelas yang ada. Bahwa kekuasaan di tangan orang yang berani, walaupun dia brengsek.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Guru tidak boleh menyakiti murid. Guru tidak boleh sewenang2 pada murid. Sama seperti orangtua tak boleh begitu terhadap anak. Tapi itu tidak sama dengan tegas & menegakkan peraturan. Tegas bukanlah kejam. Menegakkan disiplin bukanlah menghukum.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Yg terjadi dlm video ini namanya power-struggle. Si murid sedang testing the limit apakah dia yg berkuasa atas guru & kelas. Kalau dia menang, dia makin yakin bahwa pola utk menang ya dg strategi begini. Karena itu seharusnya guru justru menegakkan aturan, bukan mendiamkan.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Apa yang harus dilakukan guru saat muridnya bersikap kasar? Menegakkan aturan. Aturannya apa? Sepakati sebelumnya. Mis: perilaku mengancam, menghina, memukul tdk bisa diterima. Melakukannya akan mendapat konsekuensi mis. isolation, ketemu Kepsek, ambil hal2 yg jadi favoritnya.
Alissa Wahid @AlissaWahid
Saat murid berulah, segera tegakkan aturan itu. Tidak dengan marah2 atau berantem, apalagi menyiksa murid. Kalem spt pak Guru di video, dg nada rendah, jalankan aturan. Tidak perlu ceramah, menjelas2kan. Just activate the consequences. Tegas, tanpa negosiasi.
Load Remaining (21)
Login and hide ads.