0
gunawan @aagunawan
Di usia brp kamu tahu kalo kijang adalah singkatan kerjasama indonesia jepang? ๐Ÿ˜‚ pic.twitter.com/Aruj7Wi1Po
Expand pic

Generasi 80an pasti tahu betapa populernya mobil keluaran Toyota bernama โ€œKijangโ€ kala itu. Kijang sendiri adalah nama hewan yang endemik di kawasan tropis, termasuk Indonesia. Kesuksesan Toyota Kijang kemudian diikuti dengan munculnya mobil-mobil lain yang mengusung nama hewan, seperti Isuzu Panther, Daihatsu Zebra dan Mitsubishi Kuda.

Kijang layak disebut legenda di dunia otomotif Indonesia. Sejak kemunculan pertamanya di tahun 1977, Kijang bertahan dan terus populer sampai generasi keenamnya sekarang ini. Harga jualnya pun tak pernah turun di pasaran. Bahkan seri-seri Kijang lawas masih dengan mudah kita temukan di tangan kolektor atau pemilik yang memang merawatnya dengan baik sejak dulu.

Omong-omong, sudah tahu belum kalau nama โ€œKijangโ€ ternyata sebuah singkatan lho? Yuk, simak penjelasannya biar tahu apa kepanjangan dari โ€œKijangโ€.

Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah pencetus nama "Kijang".

Dikutip dari tulisan Gugun Gunanto di Kompasiana.com, asal-usul nama โ€œKijangโ€ ia ketahui saat mengunjungi museum Astra beberapa tahun silam. Semua orang tentu tahu hubungan antara Astra dengan Toyota, sebagai produsen sekaligus distributor kendaraan bermotor di Indonesia.

Saat berkeliling, Gugun mendapati sebuah Toyota pick-up lawas berwarna kuning dengan kaca jendela hanya berupa plastik transparan. Tak jauh dari situ, ia juga menemukan sebuah foto di mana nampak sosok mirip Jusuf Kalla muda, Wakil Presiden RI aktif di antara beberapa orang lainnya.

Gugun kemudian mendapatkan penjelasan dari staff museum bahwa mobil pick-up yang tadi ia lihat adalah Kijang seri pertama yang rilis di Indonesia. Soal sosok mirip Jusuf Kalla muda, staff tersebut membenarkan bahwa Wakil Presiden RI aktif itu memang benar-benar ada di sana, di acara gathering distributor Toyota seluruh Indonesia. Beliau jugalah yang mencetuskan nama Kijang, dan disetujui oleh sebagian besar hadirin.

Seri pertamanya berjenis pick-up dengan sebutan lain "Kijang Buaya".

Kijang adalah singkatan untuk Kerjasama Indonesia Jepang. Dilansir dari toyota-id.com, Toyota Kijang yang pertama rilis di pasar Indonesia adalah berjenis pick-up dengan warna kuning terang. Mobil berkapasitas 1166 cc dengan sistem 4 transmisi ini terjual sebanyak 26 ribu unit sejak awal dilepas ke pasar.

Sebelum resmi dinamai Kijang, mobil rancangan Toyota ini sudah didahului oleh Mitsubishi Colt yang sama-sama berjenis pick-up. Kijang generasi pertama itu juga memiliki sebutan Kijang Buaya karena bentuknya persegi panjang simetris, dengan bagian kap mesin yang ketika dibuka menyerupai mulut buaya.

Sejak tahun 1981, mulai bertransformasi menjadi mobil keluarga.

Kijang generasi kedua mulai diproduksi pada tahun 1981 yang kemudian bertransformasi menjadi tipe minibus sebagai mobil keluarga. Astra mulai bergabung dengan Toyota di generasi kedua ini, dengan menggarap dua tipe Kijang minibus yaitu family dan commando.

Tipe family memiliki 3 pintu, 2 di bagian depan dan 1 di belakang samping kiri. Bagian paling belakangnya dialokasikan sebagai bagasi, sehingga tipe ini hanya muat untuk 4-5 orang dengan semua kursi menghadap ke depan.

Untuk tipe commando memiliki 4 pintu, 2 di depan dan 2 di belakang samping kanan-kiri. Bagian belakangnya dipasangi dua kursi berhadapan di sisi kanan-kiri, sehingga muat sampai 8 orang. Tipe ini kemudian dikembangkan menjadi seri Kijang Kapsul, yang masih banyak kita temui sampai sekarang.

Pesona Kijang tak pernah luntur dari masa ke masa.

Kini Kijang tampil lebih elegan sebagai hasil dari inovasi besar-besaran, dan menjadi salah satu mobil keluarga favorit di Indonesia. Tapi sebagian orang masih ada yang bertahan dengan merawat Kijang seri lamanya lho. Ayah atau kakekmu termasuk gak nih?

sumber: idntimes.com

Ading Fardhiansyah @Ading_Fardhy
@aagunawan Datanya manaaaaaa ? Dari mana itu .... ? Hoax ...... Wkwkwkwkw
gunawan @aagunawan
Ternyata banyak yg baru tahu toh hehe
if u seek a boy @thomassimo
@aagunawan @gembrit Usia yg sama ketika kutahu Maspion adalah singkatan Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional
if u seek a boy @thomassimo
@aagunawan @gembrit Kalo slogannya, Cintailah Poduk2 Indonesia, disingkat jadi cipokin
bona @Lacukamamo
@Ading_Fardhy @aagunawan iya. sumber datanya dari mana. kemungkinan hoax itu. kalo sumbernya resmi dari pemerintah, baru aku percaya.... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Ading Fardhiansyah @Ading_Fardhy
@rauhlontop @aagunawan Haha... Satire mbak proletar, biar kayak timses..... Btw thanks infonya, .. part of Toyota Way ๐Ÿ˜Š
gunawan @aagunawan
@zarazettirazr @Pak_JK Iya betul Dulu suka becandain iklannya Kijang ... memang tiada buahnya ๐Ÿ˜‚
*MAULANA* @1RAWANAJA
@aagunawan @zarazettirazr @Pak_JK Jaman kuliah....pnya yg pick up, buat ugal" an dijalan.... ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
naufalazhr @fcksocietyyy
@rauhlontop @Ading_Fardhy @aagunawan Untung bukan skripsi ya, kalo skripsi udah abis mbak pas sidang sumber dari wiki mah wkwkw
Gita Oktaviana @gitavianaism
@thomassimo @aagunawan @gembrit Why gitu bikin ngakak sampe masker retak. Bahaya laten memang buka twitter pas lg maskeran
Sembiring @bascolia
@aagunawan Saya baru detik balas twitt ini bang. Saat umur sudah 33 tahun ๐Ÿ˜‚
Load Remaining (18)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.