1
Bitte langsam, Awe! @awemany
Gue itu orangnya cukup iseng kalo soal data" pembangunan Jokowi. Jadi untuk memastikan kebenaran berita" pesanan kayak gini ya gue musti lihat sumber aslinya. Benar ngga sih segitu banyak yg dibangun Jokowi? m.detik.com/finance/infras…
URL detikfinance 3211 Jokowi Bangun 3.432 Km Jalan Nasional dan 941 Km Jalan Tol Pembangunan infrastruktur merupakan program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ya mari kita periksa data BPS. Gampang kok googlenya. Asal mau aja. Gue screen shot 3 tahun. Yg 2004, 2014 dan 2017. Ini kebiasaan aja. Ngasih data itu ya buat dibandingkan. pic.twitter.com/uA3N6vfso9
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kalau matematik dan kalkulator ngga rusak, total panjang jalan yg dibangun selama rezim Jokowi itu 21600 km. Tapi itu termasuk yg dibangun Gubernur, Bupati dan Walikota. Yg dibangun pemerintah pusat itu cuma 585 km!! Jadi angka di artikel itu mark up nya ngga nanggung".
Bitte langsam, Awe! @awemany
SBY selama 10 tahun membangun 11,804 km jalan nasional. Atau 1180 km pertahun. Kurleb sepanjang pulau jawa. Bandingin ama Jokowi yg cuma 195 km per tahun. Ini adalah jalan nasional yg bisa diakses ngga pakek bayar. FYI aja yaa
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kubu Jokowi ini sekarang sedang memproteksi pemilihnya dengan membuat mereka bodoh. Di WAG mereka terus menerus mengatakan data apapun yg dipakai kubu 02 adalah hoax. Cuma itu senjata mereka. Karena data yg benar akan bilang Jokowi ngga becus.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Saya akui ini narasi yg cukup efektif. Kubu 01 punya cukup bahan untuk bilang 02 produsen hoax. Yg mereka tutupi adalah fakta kalo mereka produsen yg lebih besar. Penggunaan data" pembangunan secara parsial dab bahkan bohong telanjang.
PS_Jhon @ps_jhon
@awemany Apakah Om Awe sudah yakin benar begitu cara menentukan jumlah rentang jalan dari sajian data @bps_statistics itu? Atau memang menurut Om Awe petikan @detikfinance yang keliru?
Bitte langsam, Awe! @awemany
@ps_jhon @bps_statistics @detikfinance BPS itu ya tugasnya mengumpulkan, menganalisa dan menyajikan informasi terkait kepentingan negara/publik. Ia jadi rujukan utama. Perbedaan data selalu dimungkinkan. Tugas wartawan adalah melakukan verifikasi. Bukan jadi PR pemerintah.
PS_Jhon @ps_jhon
@awemany @bps_statistics @detikfinance Benar sih tugas BPS begitu. Yang aku mau pastikan apa Om Awe sudah yakin dengan cara Om Awe mengolah data BPS itu menjadi data angka2 panjang jalan seperti di twit Om Awe soal panjang jalan di era Pak SBY dan Pak Jokowi?
Bitte langsam, Awe! @awemany
@ps_jhon @bps_statistics @detikfinance Saya tidak mengolah. Saya hanya menunjukkan data BPS. Sepanjang data itu benar, sisanya cuma matematika sederhana. Kurang ama bagi :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Data" palsu begini yg banyak mengecoh. Saya ngga tahu siapa yg tanggung jawab. Saya punya BIS 2014 dan 2017. Saya coba bandingkan angkanya. Situ pilih mana yang lebih mau dipercaya. Saya sih yakin ini semacam semburan hoax. pic.twitter.com/Mf6YOLrPR0
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Bitte langsam, Awe! @awemany
Meme yg pertama ini mengaku kalo Jokowi bangun 65 Bendungan. Saya periksa di data BIS 2017. Anda lihat di data itu tahun 2014, ada 16 bendungan. Jadi kalopun pakai data ini ya Jokowi cuma bangun 49 Bendungan. Tapi masak sih cuma ada 16 bendungan di 2014? pic.twitter.com/QrpwrGFuH7
Expand pic
Bitte langsam, Awe! @awemany
Saya periksa di data BIS 2014. Ternyata dalam publikasi ini terdapat 257 bendungan di Indonesia. Kenapa jadi tinggal 16 pada catatan BIS 2017, saya ngga tahu. Tapi mungkin anda bisa mikir. Beneran nih cuma ada 16 bendungan di Indonesia tahun 2014? pic.twitter.com/R3jdVYzWuI
Expand pic
Bitte langsam, Awe! @awemany
Bottom line, mereka akan pakai cara apa aja. Jadi kita ngga bisa terima begitu saja. Kalo saya lagi iseng, ya saya check. Tapi ini kan seharusnya tugas BPN? PRIDE nya si @TopeRendusara nich yg musti lebih rajin menelanjangi semburan" hoax kayak gini. :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ini adalah penjelasan yg bisa jadi. Namun kalo kita perhatikan 16 yg selesai dibangun 2014 (SBY) kita bandingkan dengan 49 (3 tahun Jokowi. Atau 16.3 per tahun). Lalu hebatnya apa angka itu, wong sama saja. :p twitter.com/GTaufik/status…
Bitte langsam, Awe! @awemany
Dan kamu tetap yakin kalo kubu 01 bebas dari produksi hoax ini? Malu ah. :) twitter.com/ps_jhon/status…
PS_Jhon @ps_jhon
@awemany Saya nggak bicara kubu om. Itu metode kerja hoax, siapapun bisa menjadi pelakunya. Om awe aja bisa nyebar hoax :p
Bitte langsam, Awe! @awemany
@ps_jhon Saya sih ngga pernah merencanakan. Ngga kayak meme" yg saya serang belakangan ini. Dari utang 16 T, ngilangin data poin stunting, ngaku 65 bendungan. Ini semua didistribusikan lewat TKN. Mainan gue cuma framing. :p
Bitte langsam, Awe! @awemany
Duh. Seandainya ada yg ngingetin ini waktu mau boyongan dari Solo ke Jakarta. :p pic.twitter.com/tyf498g0id
Expand pic
Bitte langsam, Awe! @awemany
Halah! Emangnya kubu 01 tidak memotong informasi? Situ treak utang cuma 29% dari GDP. Apa yh situ potong? Bahwa ratio itu naik dari 24%. Artinya apa? Ngga becus memanfaatkan utang. Ngaca mbak. Ngaca yang banyak. twitter.com/dini_purwono/s…
Bitte langsam, Awe! @awemany
Partial truth itu bukan hoax. Dan framing itu memang alat sah dari persuasi. Framing itu yg membedakan antara komunikator yang baik dan buruk. Meletakkan info dalam ruang relevansi audience. Kalo narasi anda buruk jangan salahkan yg pinter. :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Etika yang mesti dijaga dalam persuasi itu ada 4. Apakah kita memberikan janji palsu, apakah kita mempromosikan nilai" yg sesat/salah, apakah membahayakan dan apakah akan mengoyak keharmonisan. Problem etikanya di situ.
Load Remaining (36)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.