0
ugi @Ugi_Corp
PENGALAMAN KERJA TIDAK SESUAI JURUSAN SEKOLAH/KULIAH. APAKAH SEBUAH PENYESALAN ATAU MEMANG SUDAH JALANNYA. SARAN UNTUK PARA FRESH GRADUATE DI LUAR SANA. --- A THREAD --- pic.twitter.com/wSrkZRYjtA
Expand pic
ugi @Ugi_Corp
Sebelumnya gua lulus tahun 2016 jurusan Jurnalistik, tanpa kasih jeda langsung cari pekerjaan. Sejujurnya kalau gua bisa balikin waktu, gua akan lebih milih rehat dulu dua minggu atau sebulan. Untuk pergi liburan, entah pengen ambil jeda dulu.
ugi @Ugi_Corp
Apply pekerjaan ngasal, yg penting gua paham dan bisa melakukannya. Sehari bisa kali apply untuk 30 pekerjaan via Jobstreet, Indeed, dan lain sebagainya. Alasan paling penting kenapa langsung harus dapat kerja dulu ialah steorotip lingkungan dan dorongan keluarga (salah satunya).
ugi @Ugi_Corp
Gua hidup dari keluarga miskin (bukan miskin bercandaannya anak twitter ya). Jadi, sudah pasti langsung kerja adalah satu pilihan. Sampai ikut beberapa kali interview, sejujurnya buta banget sama dunia kerja. Jadi apply baik di bidang kuliah atau di lainnya.
ugi @Ugi_Corp
Setelah beberapa kali panggilan akhirnya gua keterima di salah satu perusahaan BPO (Business Process Outsourcing). Ini dunia customer service representative, dulu pasti mikirnya klo kerja di outsource gaji dipotong, kalau ini gaji sesuai UMK.
ugi @Ugi_Corp
Kerja pertama hingga bulan ketiga adalah yang terberat. Gua gak bisa ekspektasi gua susah banget buat adaptasi di dunia kerja, padahal sejujurnya orang-orangnya asik. Cuma gua tiap hari kayak kena anxiety setiap mau jalan kerja, rasanya pengen tetep di kasur karena ada kepanikan.
ugi @Ugi_Corp
Rumit untuk dijelaskan, tapi kayaknya gua sadar kalau hal tersebut dikarenakan oleh ekspektasi gua yang gak sesuai dengan yang berjalan. Dan di otak gua selalu ada pikiran “Apa lagi?” “Harus gimana lagi?” jadi gua kesulitan untuk menikmati awal pekerjaan ini.
ugi @Ugi_Corp
Selain itu, gua merasa gagal karena gak bisa melanjutkan sesuai bidang pekerjaan gua. Sampai akhirnya bokap, ngasih dukungan kalo memang selama probation gak mau lanjut ya udah keluar aja nanti cari kerja di tempat lain.
ugi @Ugi_Corp
Sampai gua nikmati, terutama karena bisa hasilin duit sendiri hehe. Performance gua lumayan, akhirnya gua pindah divisi saat 6 bulan. Jadi makin berat alasan untuk keluar. Divisi baru, rekan kerja makin asik, makin nyambung, makin dapat ilmu.
ugi @Ugi_Corp
Orang selalu berpikir kalo ilmu harus mesti berhubungan dengan sains, sedangkan menurut gua ambil ilmu dari manapun, gua lebih suka ambil ilmu dari cerita orang (mungkin ini alasannya kenapa gua sulit berkembang haha).
ugi @Ugi_Corp
Waktu berjalan, satu tahun bekerja. Sampai udah mikir untuk saatnya balik lagi ke jalur gua atau minimal pindah. Dan, akhirnya gua pindah kerja tapi masih di dunia cs. “Pertanyaannya kenapa gak apply ke bidang jurusan lu?” udah, tapi gak ada yang nerima gua mentok di interview.
ugi @Ugi_Corp
“Nyesel gak karena kerja tidak sesuai jurusan?” sejujurnya nyesel. Tapi gua mau bilangnya gua “bersyukur”, kenapa? Dibanding penyesalan, masih banyak berkah yang gua dapetin dari dua tahun kerja di dunia cs ini.
ugi @Ugi_Corp
Sampai saat ini pun masih mencari apa yang sebenarnya saya inginkan. Masih berjuang entah dalam bentuk apa, mungkin dalam bentuk omongan, karena omongan adalah doa katanya. Jadi saat ini masih berjalan dan berusaha.
ugi @Ugi_Corp
Untuk para fresh graduate, pastiin apa pekerjaan yang sebenarnya kamu inginkan. Tentukan juga kamu milih untuk bekerja demi apa, uang atau skill sesuai atau mencoba pengalaman baru. Pastikan untuk mencari pekerjaan pertama di website resmi perusahaan atau portal resmi lainnya.
ugi @Ugi_Corp
Selanjutnya pilih pekerjaan yang lu inginkan. Kalau memang punya uang, pilih untuk cari pekerjaan yang sesuai dengan passion, hal ini bakal makan waktu banyak, kasih batas waktu.
ugi @Ugi_Corp
MIsalnya jika emang selama dua bulan belum dapet juga, langsung cari magang sesuai dengan pekerjaan yg diinginkan. Abis itu sambil cari lagi. Saram, cari pekerjaan tanpa pihak ketiga atau outsource ya. Supaya tetap dapat fasilitas bagus dari perusahaan. THE END.
cel @heloyello
@Ugi_Corp Gilaaa beneran dibikin threadnya mantuppp yah:’) tp keren si ga semua org bisa kaya u yah i mean banyak fresh grad diluar sana yg masih idealis buat pilih job pertama sesuai sm jurusan kuliah mereka walau pd kenyataannya nyari yg match itu sulit:’)
cel @heloyello
@Ugi_Corp Contohnya w sendiri hehehe w lulus kuliah maren niat w bulet bgt w pengen pekerjaan pertama w yg bisa w jadiin pijakan buat nnti karir w kedepannya. Gamau kerja krn dpt link dr ortu, mau dpt kerja krn usaha sendiri. Dan alhamdulillahnya dapet dlm waktu kurang lebih 3 bulan
cel @heloyello
@Ugi_Corp Padahal bokap w dah nawarin kerja di perusahaan temennya tp again balik ke idealisan w, perusahaan tsb terlalu formal (keliatannya) dan w udah berasumsi disana w ga bakal fun dan mungkin bakal tertekan.
cel @heloyello
@Ugi_Corp Tante w jg yg ternyata adek dr suaminya tante w itu istrinya adalah ceo female daily, mba hani ambadar kalo ga salah namanya w lupa wkwk dan w sempet mo disuruh ngasih cv kesana tp w urungkan krn againnnn w masih mau coba buat cari kerja sendiri. Kzl ga si hehe
cel @heloyello
@Ugi_Corp Dan sampe akhirnya w dptlah panggilan interview, interview pertama w menjadi pekerjaan pertama w. Pertimbangan yg paling sulit saat itu adalah masalah salary dan jarak kantor yg jauh dr rumah w. Tp tetep pd akhirnya w terima, krn w mikir kesempatan ga dtg 2 kali.
cel @heloyello
@Ugi_Corp Bangga? Jelas. W ga nyangka bisa dpt kerja krn usaha sendiri, dengan posisi jg yg sejalan sm jurusan kuliah w. w disana sebagai brand activation, pekerjaan
cel @heloyello
@Ugi_Corp Pekerjaan pertama w lgsg berkecimpung di dunia brand. Waktu kuliah w belajar banyak ttg brand yg w akui w enjoy setiap matkul brand, tp pd kenyataannya semua yg w pelajarin cuma permukaan aja cuy, ternyata kerja di bidang brand ga segampang keliatannya lolz
cel @heloyello
@Ugi_Corp Singkat cerita brand activation di kantor w itu fokus ngurusin event offline supaya si ‘brand’ bisa teraktivasi dan org2 bisa aware dan makin engage sm si ‘brand’. Ga beda jauh kerjaan w sm eo, sama2 bikin event, konsepnya, budget, dll.
cel @heloyello
@Ugi_Corp Kerjaan w dibawah kegiatan marketing, jd secara ga lgsg w adalah seorang marketing wkwk krn atasan lgsg w jabatannya head of marketing. Sebenernya pekerjaan simple, yg bikin berat adalah budgetnya hehe jd setiap bikin event harus ngepress budget bgt. Thats a challenge🙂
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.