1
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali

Ora kabeh-kabeh kowe kudu ngerti. #UangHarian #KuisDangdut *pengagumImamAlghozali

Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Dalam 10 tahun terakhir, seberapa sering kalian jengkel didatangi sales (asuransi, MLM, properti, mobil, elektrolux, onlenshop dll)?. Saran saya kalaupun kita tidak tertarik dgn apa yg mereka tawarkan, minimal tersenyumlah. Itu sudah membesarkan hati mereka.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Pengalamanku bekerja sebagai sales, diprengutin, diencepi, ditolak langsung, dikasih harapan itu biasa. Saking seringnya berhubungan dgn calon pembeli produk dan jasa, semakin mengerti bahasa lisan maupun bahasa tubuh. Sorot mata pun gerakan bahu badan mereka bisa dibaca.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Awal2 jadi sales, menghadapi situasi seperti itu saya langsung jatuh mental. Pernah sampai pingin nangis merasa dipermalukan dan merasa seolah pekerjaan sales itu kasta terendah dalam bisnis. Itu pengalamanku. Pasti kalian punya pengalaman sejenis dengan berbagai dramanya.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Seringkali penolakan itu bukan karena calon pembeli yang salah. Bisa juga karena kita sebagai sales yang salah. Gak apa2. Lama2 akan pintar.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Pernah saya alami 17 th lalu, saya presentasi produk yang sangat saya banggakan kualitasnya. Para petani di daerah Blitang, Oki, Sumsel dengan enteng mengatakan, “ pak, tanganmu halus begitu kok ngomong pertanian. ngerti apa”. Saya lemas mendengarnya.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Pernah suatu ketika teman dekatku tiba2 jadi menterinya Ibu Mega. Dengan penuh harap saya tawarkan produk saya yg saya yakini sangat hebat. Di depan para dirjennya, pak menteri menjawab, “.. Mal, kalaulah produk kau ini hebat, kenapa kau tak kaya?”. Malu, geram. Tapi saya senyum
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Belakangan saya baru sadar, setiap penolakan sebenarnya ada nilai transaksinya. Misalkan target 10 M setahun, biasanya tercapai setelah banyak kali presentasi. Dengan sayu dua transaksi, angka 10 M itu terlampaui. Saya anggap penolakan sebelumnya itu sebenarnya ada nilainya.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Suatu ketika saya ditanya oleh pak @iskan_dahlan , apa hebatnya produk saya sehingga tetap eksis di pasar, sementara produk sejenis banyak yang mati. Saya jawab, “ gak ada hebatnya. Kualitas mungkin juga sama. Hanya teman2 yg lain berhenti krn capek, saya masih terus saja jualan.
Pemuda Idaman @Amal_Alghozali
Disinilah saya baru paham dulu pernah ngaji : sabar itu lebih utama dari terhindar cobaan. Ikhtiar itu lebih utama dari hasilnya. Istiqomah, konsisten itu lebih utama dari karomah/kemuliaan. Tuhan perintahkan kita bersabar, tapi maunya kita terhindar cobaan. Sabarnya gak mau.
Di - Di @Dino_Diidii
@Amal_Alghozali Pasti sales nya yg datang cantik ya om.. makanya senyum...
Ahmad Pathoni @apathoni
@Amal_Alghozali Kalo telemarketing yang ngomongnya gak ada jeda dan gak kasih kita kesempatan ngomong gimana?
Aji @adria_aji
@Amal_Alghozali Betul Pak. Sabar adalah kuncinya. Boss saya pernah bilang, modal jadi Sales itu punya pikiran positif dan mental (sabar). Yang lainnya bisa dipelajari saat berjualan 😊
Dhyta Devanty @Dhyta883
@Amal_Alghozali Saya cuma hanya berfikir seandainya anak-anak saya ada di posisi yang sama. Terimakasih remindernya pak @Amal_Alghozali ..

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.