2
Fadli Zon @fadlizon
Ini adlh puisi sy terbaru dgn judul "Doa Yang Ditukar" #doayangditukar pic.twitter.com/5TagFd5QO8
 Expand pic
Alissa Wahid @AlissaWahid
Pak, yang anda "kau-kau"-kan di sini siapa? Kyai Maimoen Zubair? Anda kan juga pernah salah & anda minta maaf. nasional.kompas.com/read/2018/10/0… Kepleset lidah Mbah Moen kesalahan manusiawi. Beliau ralat seperti anda ralat hoax anda. Mengapa Anda menuduh Mbah Moen membegal doa? twitter.com/fadlizon/statu…
Alissa Wahid @AlissaWahid
@A9us_5ulai @BiLLYKHAERUDIN Bacalah baik2. Di situ romi disindir sbg kacung makelar kok. Bukan kau.
adhypoetranto @adhypoetranto
@AlissaWahid @A9us_5ulai @BiLLYKHAERUDIN Iya, kau = merujuk ke kyai Kacung makelar = Romi Bandar = Pres Jkw Begini kok suka bilang org lain enggak menghormati ulama, minimal org yg lebih sepuh *duh
Edoard Banne Lembang @edoardbl
@AlissaWahid Ini FS ngomong apa sih? Saya sudah lama diblock
BangJayyyyy @OrangAbnormal
@AlissaWahid Puisi ini multitafsir mbak, ambiguitas pada kata "kau" bisa saja sengaja dibuat begitu, untuk pengelakan di kedepannya. Tapi kalo emang itu benar untuk mbah Moen, saya sedih sekali.
Pramadi @jendela_kamar
@AlissaWahid Melihat strukturnya, menurut saya, puisi itu tak mengarah pada beliau. Kecuali memang ada yang berusaha mengarahkannya ke sana. #StopEksploitasiKyai
ngetwit cara mereka @Rhatnokhusnadi
@AlissaWahid Buk,, coba dibaca lgi buk, yg di "kau-kau" kan dipuisi itu si Romi. Karna puisi itu ada untk romi
#Lukman @pakde_lukman
@SayyaTangoRK @AlissaWahid Kalo baca puisi itu si Romy disebut sebagai bandar, jadi kau itu ya kayanya Mbah Moen
ngetwit cara mereka @Rhatnokhusnadi
@pakde_lukman @AlissaWahid Pak, sya bukn ahli sastra tpi pada bait pertama itu romi yg kena, karna mebgl doa yg tlah diucp mbah moen, bait kedua Romi ingin menukar doa yg telah diucap mbah moen. Slam damai
FadhlyAzhar @Fadhly_Azhar
@AlissaWahid Mungkin yang dimaksud membegal tersebut adalah Gus Romi @MRomahurmuziy , tapi tetap saja...menghina manusia sbg begal doa tetap ucapan yang salah.. Kesadaran Magis yg seakan2 brsembunyi di balik nalar kritis. FZ "Qiyas Ma'al Fariq" dlm perilaku. Tdk sinkron. Maksiat batin.
Ajuzul Maulida Imroh @ajuzul_maulida3
@AlissaWahid Tetep selow mb, jgn ngegas. Bapak FZ mah hobynya emg gitu. Wis rak usah diladeni, keenakan malah 😊
Alissa Wahid @AlissaWahid
Saya tidak pernah mengomentari pak @fadlizon sebelum ini. Namun kali ini kalau "kau" dalam puisinya adalah Mbah Moen, sudah keterlaluan menyindir Mbah Moen sebagai membegal doa. Pak @prabowo sebelum ini datang juga diterima Mbah Maimoen baik2 kok. twitter.com/ajuzul_maulida…
Muhammad Iqbal @iqbalbuchari
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Sebatas pemahaman saya aja Bu', "Doa sakral" = orang yang membacakan doanya berarti dianggap sakral juga. "Seenaknya kau begal" = bukan yang membacakan doanya yang membegal, karena pasti begal itu dari orang lainya dimana itu adalah pada kalimat "direvisi sang bandar"
Alissa Wahid @AlissaWahid
@iqbalbuchari @fadlizon @prabowo Ya tapi "kau"-nya jadinya siapa kalau di situ ada bandar dan kacung yang bukan "kau"? Doa sakral kenapa kau ralat Dibisik kacung makelar Tinggal minta maaf kalau sudah menghina. Tidak usah ngeles-ngeles.
Muhammad Iqbal @iqbalbuchari
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Yasudah, semoga Bapak @fadlizon bisa minta maaf secepatnya, dan beliau kembali membaca puisinya frasa per frasa. Kalau saya tetap pada intepretasi saya, pada akhirnya puisi ini semoga tidak terlalu menyinggung melebihi sikap yang saya tonton di video kemaren. Terimakasih
who am i??? @Ronaldo_ipekt
@iqbalbuchari @AlissaWahid @fadlizon @prabowo Saya rasa yg bermasalah itu sesuai mbak @AlissaWahid katakan mas. " Kau " itu ditujukan ke siapa????? Secara tersirat sih,klo pemahaman saya udah jelas rasanya. Maaf klo saya salah...saya bukan ahli bahasa,bukan ahli apapun,hanya netizen biasa yg tergelitik membaca puisi ini.
Fery Widiamoko @TheFeds24
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Untuk itulah FZ diciptakan... untuk menguji kesabaran manusia
Muhammad Sae @muhaalfi_sae
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Monggo pak fadli, klarifikasi... Siapa yg anda maksud.... Kulo manut mba Alissa, klo Kyaiku yg bapak maksud... Mohon maaf anda sudah su'ul adab dan ga punya etika...
Muhammad Iqbal @iqbalbuchari
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Tapi ya itu seni, kalimat bersayap, balik kekacamata yang kita pakai ketika mencari artinya. Balik pada kepentingan kita mengartikanya. Hehehe mohon maaf bila kurang sopan.
Ajuzul Maulida Imroh @ajuzul_maulida3
@AlissaWahid @fadlizon @prabowo Yg ada nti jg klarifikasi mb, atau nggak gitu ngeles. Saya aja dr kmrn jg gemes sama bapak itu. Seandainya yg dimaksud "kau" adalah Mbah Moen, saya siap mendukung apapun langkah yg akan Mb Alissa ambil 😊

Comment

Abdul muin @Abdulmu75102438 05/02/2019 14:38:13 WIB
udah jelas itu puisi untuk romi. kau di situ ya romi. siapa lagi.
Login and hide ads.