Mengintip Naskah Akademik RUU Permusikan Pemerintah, Terungkap Catut Sumber Rujukan dari Blogspot dan Makalah Pelajar SMA

Situs-situs tak kredibel dan makalah pelajar jadi rujukan makalah RUU Permusikan.
1
🐺 @aparatmati

RUU Permusikan. 👎🏼 pic.twitter.com/CZ9WFXJxCb

30/01/2019 02:09:18 WIB
Expand pic
Expand pic
the traveller @deflute

@aparatmati Yg mengajukan RUU ini siapa kah? Partai mana?

30/01/2019 14:23:19 WIB
Irine R @irineroba

@aparatmati @deflute RUU Permusikan belum pernah dibahas sama sekali di Komisi X Yan. Seingat gw komisi X hanya pernah sekali menerima musisi2 tanah air untuk rapat dengar pendapat umum. Dan sampai detik ini blm ada pembahasan mengenai ini di komisi X.

30/01/2019 15:50:33 WIB
🐺 @aparatmati

@irineroba @deflute kalau menurut jurnalis Tirto, dari Komisi X tuh, Rine. dan masih berjalan, belum didrop seperti yang diinformasikan ke Sammy.

30/01/2019 15:59:36 WIB
Irine R @irineroba

@aparatmati @deflute Tahapannya : disetujui jadi prolegnas - baleg harmonisasi - paripurna (ruu inisiatif) - menunggu surat presiden (menunjuk mitra) - setelah ada surat presiden - pembahasan dengan komisi + mitra (pembicaraan tingkat I) -selanjutnya langsung paripurna disahkan menjadi UU(TingkatII)

30/01/2019 17:19:34 WIB
🐺 @aparatmati

@irineroba @deflute lagi dibahas nih sama Sammy juga. nggak apa, belum ada sosialisasi RUU juga, jadi biar orang baca draft-nya saja dulu dan kasih masukan. nyaris semua tahu dari berita Tirto dan HukumOnline kan.

30/01/2019 17:25:05 WIB
Irine R @irineroba

@aparatmati Yes Yan. Intinya kita kawal bersama RUU ini. Gw ada disitu kok kl ada masukan tanggapan just let me know. Dan gw akan kabari jg kl ada pergerakan.

30/01/2019 17:28:56 WIB
tirtoid @TirtoID

Ada 260 musisi nasional yang menolak RUU Permusikan. Mereka menganggap RUU ini tidak hanya tumpang tindih dengan pasal lain, tetapi juga sangat membatasi kebebasan mereka untuk berkarya. Mau berkarya aja kok repot yha~ tirto.id/dfPj

04/02/2019 10:00:00 WIB
Hasief Ardiasyah @hasief

Five paragraphs which indicate that RUU Permusikan in its current state is an immensely stupid idea, and this cabal of the unqualified should be fired from the project along with whoever selected them in the first place. pic.twitter.com/d1GwFQbssW

31/01/2019 12:58:31 WIB
Expand pic
Alan Septyawan @alanseptyawan

@TirtoID Nah sekarang, coba suruh Anang sebutin berapa dan siapa aja musisi yang dukung RUU dengan pasal-pasal karet itu?

04/02/2019 10:14:20 WIB
muhammad iran @iranatjoen

@hasief Inget jaman orla.. gak boleh kebarat baratan hahaha

31/01/2019 16:12:51 WIB
Scott @ScotchandSoba_

founder of @hayveeid || for any bussiness inquires, hit me up through email scott@hayvee.id

instagram.com/scotchandsoba__

Scott @ScotchandSoba_

gak usah jauh2 bahas isi pasal #RUUPermusikan, lah kualitas Naskah Akademiknya aja kayak gini!!! Masa untuk dokumen penting macem Naskah Akademik rujukannya BLOGSPOT? merasa rugi gue belajar nyusun naskah akademik seilmiah mungkin pas jaman kuliah!!! pic.twitter.com/jLSbIhAHLd

04/02/2019 00:36:57 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Scott @ScotchandSoba_

gak maksud mendiskreditkan sekolahnya ato apa, (even gue rasa tulisan gue di blog pun gak layak dikutip) but come on!!! masa dokumen selevel Naskah Akademik rujukannya dari makalah anak SMK??? Palingan juga ini makalah tugas kesenian, yg iseng diupload ke blogspot!!! pic.twitter.com/oHJ51UmahG

04/02/2019 00:46:45 WIB
Expand pic
Expand pic
Scott @ScotchandSoba_

Naskah akademik (NA) itu apa? mungkin temen2 bisa baca sendiri di UU 12/11 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan pic.twitter.com/s8dK9QMDul

04/02/2019 01:40:28 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Scott @ScotchandSoba_

meski gak ada kewajiban khusus buat semua jenis peraturan perundang-undangan, tapi ada konsekuensi yg timbul kalo NA diabaikan. Konsekuensinya bisa kita liat dari putusan Mahkamah Agung No. 49P/HUM/2017 tanggal 2 Oktober 2017.

04/02/2019 01:41:14 WIB
Scott @ScotchandSoba_

dimana majelis hakim di perkara tersebut meyakini kalo NA yang baik akan mengahasilkan suatu perundang-undangan (produk hukum) yang baik pula. hal ini didukung dengan dua argumentasi yaitu:

04/02/2019 01:41:36 WIB
Scott @ScotchandSoba_

Pertama, NA memuat kondisi hukum yang ada atau peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai substansi atau materi yang akan diatur.

04/02/2019 01:41:54 WIB
Scott @ScotchandSoba_

Kedua, NA memuat keterkaitan peraturan perundang-undangan baru dengan peraturan perundang-undangan lain, harmonisasi secara vertikal dan horizontal, status peraturan perundang-undangan yang ada, sehingga NA mampu mencegah tumpang tindih peraturan.

04/02/2019 01:42:16 WIB
Scott @ScotchandSoba_

Nahh... sekarang udah bisa sedikit temen2 simpulim dong, gimana kualitas #RUUPermusikan kita kalo kualitas Naskah Akademiknya sendiri udah kek gitu. bisa diprediksi juga gimana kualitas dari produk hukum yang akan dihasilkan. 😊

04/02/2019 01:42:35 WIB
Scott @ScotchandSoba_

NA penting nggak? secara formil, memang belum ada RUU yang dibatalkan MK karna gak punya NA. tapi secara spirit pembentukan perundang-undangan, NA adalah suatu tahapan penting.

04/02/2019 09:54:16 WIB
Scott @ScotchandSoba_

Kalo gue mengibaratkan, NA adalah sebuah ‘pondasi’. karna di situ bakal memuat landasan filosofis, sosiologis dan yuridis sebuah RUU. NA bakal jadi acuan untuk mengetahui arah penyusunan suatu rancangan peraturan perundang-undangan. pic.twitter.com/v8W2yDcMcU

04/02/2019 09:54:26 WIB
Expand pic
Scott @ScotchandSoba_

bahkan kalopun seandainya terdapat masalah dalam menafsirkan suatu undang-undang di kemudian hari, kita bisa merujuk kembali pada NA untuk ngeliat gimana semangat undang-undang tersebut dibuat pertama kali.

04/02/2019 09:54:27 WIB
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!