0
Santo πŸ“ @omsanto

Graphologist | Dumogi stata shanti lan rahayu sareng sami. Semoga selalu damai dan dalam kondisi baik semuanya πŸ™

Santo 😊 @omsanto
Kitab suci Weda secara eksplisit mengatakan, "Kedamaian adalah wajah Tuhan yang paling tinggi." Kendati pesan ini sudah berusia tua, manusia sudah melakukan banyak cara, tetap saja manusia yang penuh kedamaian sangat langka.
Santo 😊 @omsanto
Lingkungan yang makin rumit adalah salah satu sebab kelangkaan kedamaian. Makin keras cengkraman keinginan dan kekuasaan adalah sebab lain.
Santo 😊 @omsanto
Perlombaan untuk disebut lebih baik juga sebentuk racun kedamaian. Namun di atas semua itu yang paling menentukan adalah keindahan taman jiwa seseorang di dalam.
Santo 😊 @omsanto
Tangga pertama yang harus dilewati pencari kedamaian adalah drama lama tentang wajah diri yang palsu. Agar wajah diri yang palsu ini lebih konkrit, coba bayangkan seseorang yang pernah melukai jiwa kita sampai dalam sekali.
Santo 😊 @omsanto
Jika muncul emosi yang membara, pikiran yang diseret amarah, hati yang spontan membatin keburukannya, itulah bentuk diri kita yang palsu.
Santo 😊 @omsanto
Diri seperti inilah yang membuat benteng tinggi dan tebal sehingga kita kehilangan kesempatan untuk mengalami keterhubungan. Bagi yang tidak pernah disentuh keheningan mendalam, diri palsu ini akan terus membesar.
Santo 😊 @omsanto
Terutama dengan menjelekkan orang lain, menyebut diri lebih tinggi, mengatakan orang lain sesat. Jika tidak menyembuhkan diri, ia bisa berujung penyakit kronis, relationship dalam keluarga, lingkungan akan berantakan, atau jiwa yang mengarah ke bunuh diri.
Santo 😊 @omsanto
Sebelum diri yang palsu membuat kehidupan terbakar, sangat disarankan menyembuhkan diri dengan kesadaran penuh (mindfulness).
Santo 😊 @omsanto
Dalam bentuk sederhananya, kapan saja diri yang palsu ini menghampiri dengan wajah pikiran penuh amarah, emosi yang membara, belajar hadir sepenuhnya di saat ini dan kini.
Santo 😊 @omsanto
Konkritnya tidak perlu memberi judul negatif. Tidak perlu melawan. Lihat seperti anak-anak yang melihat semuanya dengan mata yang polos. Yang dibutuhkan dari kita hanyalah pikiran yang bersih dan jernih.
Santo 😊 @omsanto
Sebagai bahan renungan, tidak ada kehidupan yang selalu aman dan nyaman. Bahkan Avatara (reinkarnasi Tuhan) seperti Sang Rama dan Shri Krisna harus bertempur, Sang Buddha berkali-kali mau dilukai orang.
Santo 😊 @omsanto
Oleh karena itu, lupakan mimpi untuk memiliki kehidupan yang selalu nyaman. Kemudian latih diri ini agar bersahabat dengan ketidaknyamanan.
Santo 😊 @omsanto
Awalnya ketidaknyamanan ini menimbulkan ketegangan di dalam. Tapi jika kita tidak bereaksi, membiarkan lewat bersama sang waktu seperti membiarkan ombak berlalu di pantai, lama-lama cengkraman ketidaknyamanan ini akan melemah.
Santo 😊 @omsanto
Sejalan dengan melemahnya cengkraman ketidaknyamanan, kualitas kedamaian di dalam mulai bertumbuh sehat. Lebih-lebih jika benih kedamaian ini disirami dengam praktik meditasi yang mendalam, lingkungan yang mendukung, serta bersahabat dengan ajaran suci.
Santo 😊 @omsanto
Persoalan waktu jika diberkati, benih kedamaian ini akan mekar indah. Bunga indah inilah yang akan membuat kita memasuki tangga ketiga. Sebagaimana ombak yang tak perlu berjuang menjadi air, mirip kupu-kupu yang tak perlu mempercantik dirinya agar terlihat indah.
Santo 😊 @omsanto
Manusia yang sudah bersahabat akrab dengan ketidaknyamanan, tidak perlu berjuang untuk menjadi baik. Sifat alami mereka penuh dengan belas kasih dan kebajikan.
Santo 😊 @omsanto
Bagi jiwa-jiwa jenis ini, mereka melaksanakan kebajikan bukan karena rindu surga, bukan karena takut neraka. Tapi karena menemukan kedamaian dan kebahagiaan dengan cara melaksanakan kebajikan.
Santo 😊 @omsanto
Ia senatural kupu-kupu yang memperindah taman, sealami burung-burung yang berkicau di setiap hari, seindah pergantian siang dan malam di setiap pagi dan sore
Santo 😊 @omsanto
Dalam bahasa tetua Tibet, "Musim hujan tidak menambahkan jumlah air di alam. Musim kemarau tidak mengurangi jumlah air di alam." Demikian juga sedih-senang, suka-duka. Tidak melakukan pengurangan, juga tidak melakukan penambahan.
Santo 😊 @omsanto
Semuanya mengalir damai apa adanya. Inilah yang dimaksud mekar dalam kedamaian. Dumogi stata shanti lan rahayu sareng sami. Semoga selalu damai dan dalam kondisi baik semuanya.. πŸ™

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.