0
Murtadha01 @MurtadhaOne
Utang warisan SBY capai 2.608 T dan Era Jokowi Hanya Utang 16 T Selama Menjabat Jangan tertipu dg fitnah yg mengatakan jokowi hutang sampai 5 ribu T #HobiKokFitnah pic.twitter.com/He2aUWgsCT
IG: ulinyusron @ulinyusron
Pemerintahan ⁦@jokowi⁩ bayar hutang. Ini penjelasannya... pic.twitter.com/RFhNuQwyzc
 Expand pic
Revolusi Akal Sehat @fadreee
@ulinyusron @jokowi Info hoax!!! Hati-hati tipu daya jokowers.... Baca ini biar cerdas 👉 cnbcindonesia.com/news/201901221…
Farouk @Konco_82
@ulinyusron @andi_chairil @jokowi Buahaha. Goblok habis itu info grafis, lbh goblok dr cerita Abu Janda. @PeterGontha apa betul anda yg bikin?
DR. Ignas Iryanto, M.Eng.Sc. @IryantoIgnas
Paham gak, jika SBY tidak mewariskan utang yang harus dicicil oleh Jokowi, utang yang dibuat oleh Jokowi hanya 16 T. Sekali lagi hanya 16 T dan telah menghasilkan begitu banyak proyek dan kebijakan yang meningkatkan kesejahteraan rakyat. Stop bodohi rakyat dgn isu Utang. pic.twitter.com/atZvuaLr5z
 Expand pic
Yudha Racana @Quch
Jadi saya pernah kesal dengan salah satu timses paslon 02 karena membawa konsep utang secara absolut. Kali ini ada infografis macam begini dari kubu paslon 01. Bodohnya bukan main. twitter.com/MurtadhaOne/st…
DR. Ignas Iryanto, M.Eng.Sc. @IryantoIgnas
@Quch @dijahkoe @RizmaWidiono @ASapardan @04Nakula @enylove2 @RiniSWijaya1 @BungElias Mosok utang yg sudah dibayar dihitung sebagai tambahan utang...ini siapa yg tolol? Model akuntasi dari mana?
Yudha Racana @Quch
Tau dimana bodohnya? Secara akuntansi, penambahan aset atau utang nett di neraca itu sudah mengeluarkan komponen depresiasi aset atau utang jatuh tempo yang sudah dibayar.
Yudha Racana @Quch
Jadi, kalo mau tau berapa utang yang pemerintah Jokowi terbitkan, cara ngitungnya gini: Utang yang diterbitkan = Nett penambahan utang + Utang yang sudah dibayar
Yudha Racana @Quch
Jadi, total utang yang diterbitkan pemerintah Jokowi adalah: 1.628 trilyun + 1.644 trilyun = 3.272 trilyun. Bukan cuman 16T!!!
Yudha Racana @Quch
Karena barusan saya dibilang tolol karena nambahin utang yang udah dibayar, saya kasih step-by-step nya ya.
Yudha Racana @Quch
1. Utang di era SBY: 2.609T 2. Utang dibayar di era Jokowi: 1.628T 3. Sisa utang kalo era Jokowi nggak nambah utang: 2.609T - 1.628T = 981 T 4. Outstanding utang di era Jokowi: 4.523T. Nah, kalo di era Jokowi cuman nambah 16T, harusnya outstanding utang cuman 981T + 16T = 997T.
Yudha Racana @Quch
Tapi ternyata utang di era Jokowi besarnya 4.523T. Artinya, era Jokowi menambahkan utang sebesar 4.523T - 981T = 3.272T. Jumlahnya sama kan dengan rumus mudah yang saya kasih di atas? ;)
Yudha Racana @Quch
Poin saya: Nggak usah ngomongin utang kita rendah/tinggi kalo belum bisa konsep dasar akuntansi. Utang negara biasanya akan tumbuh secara absolut seiring dengan pertumbuhan GDP. Utang perusahaan biasanya akan tumbuh seiring dengan besarnya aset.
#2019PresidenBaruAntiPKI @M212Rahmat
@ulinyusron @jokowi Warisan Utang @SBYudhoyono adalah 2.700 T; Sekarang di masa @jokowi kok jadi hampir 5.000 T; akal sehat aja brow, persetan dengan cicilan tiap tahun, yang jelas kalau hutang makin meNUMPUK itu masalah! finance.detik.com/berita-ekonomi…
DR. Ignas Iryanto, M.Eng.Sc. @IryantoIgnas
@Quch Yudha anda ada pointnya..memang akuntansi bukan bidang saya. Saya barusan mencoba menghitung dgn prinsip matematika dasar saja, saya temukan kekeliruan dari artikel yg saya ambil. Saya coba asumsikan utang era sby nol, utang oleh Jokowi 1.656 T. Namun rasio ke pdbmasih aman khan.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kebohongan seperti ini masih terus didistribusikan oleh tim kampanye 01. Siapa yg menebar hoax sesungguhnya? Twit ini lewat lagi di TL saya oleh RT an @nengherba anggota TKN. 👇 twitter.com/ulinyusron/sta…
Muhammad Said Didu @saididu
Orang tersebut penyebar hoax. Utang thn 2014 Rp 2.609 trilyun atau $ 219,9 milyar dan utang thn 2018 Rp 4.418 trilyun atau $ 311,8 milyar atau penambahan sktr Rp 1.809 trilyun. Dari mana angka Rp 16 trilyu itu ? twitter.com/affandiasry/st…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Sementara anggota BPN, @panca66 mencoba untuk mencegah menyebarnya hoax, anggota TKN @nengherba justru mendistribusikan kebohongan. Jelas sampai di sini? twitter.com/panca66/status…
// Jax @JackVardan
Beneran DR? Coba mana data dan hitung-hitungan utang pertahun dengan sumber data BPS atau minimal data DepKeu? Penyebar hoax ada hukumannya kan, ya? twitter.com/IryantoIgnas/s…
// Jax @JackVardan
Serius saya tanya pada DR @IryantoIgnas bisa kasih sumber data dari BPS dan persentase dari DepKeu termasuk besaran Yield, perkara utang era Jokowi hanya 16T? Kebetulan banyak ekonom yang mau lihat. Bisa paparkan sekaligus ajari saya?
Load Remaining (46)
Login and hide ads.