1
Benny Prawira @bennysiauw89

@IntoTheLightID founder & head coordinator Suicidologist & youth mental health advocate Investigating stigma and social determinants of suicide and CMDs

Benny Prawira @bennysiauw89
Pagi ini, saya diwawancara mengenai kasus kematian bunuh diri seorang pengguna Twitter. Dia mengeluarkan tanda peringatan bunuh diri dan banyak respons seperti ceramah, makian, asumsi caper dan banyak hal negatif lainnya meski tidak sedikit juga dukungan diberikan kepadanya.
Benny Prawira @bennysiauw89
Beberapa hari kemudian, sudah ada kabar mengenai kematian dari temannya diliput oleh berita. Sekadar pengingat untuk para netizen yang budiman, bahwa ini juga kejadian kedua yang kurang lebih serupa.
Benny Prawira @bennysiauw89
Seingat saya, tahun 2017, kita juga sudah ada kejadian live Facebook, lalu dibilang caper, ditantang untuk mati, bahkan dipertanyakan kematiannya saat almarhum sudah terlihat meninggal dalam rekamannya.
Benny Prawira @bennysiauw89
Lalu sekarang di twitter ada cuitan, malah diceramahi ini itu, dimaki ini itu, dan berakhir dengan berita kematian juga.
Benny Prawira @bennysiauw89
Entah sudah berapa banyak ceramahan, penghakiman dan makian kita kirimkan ke orang yang memiliki pemikiran bunuh diri dan diupload ke medsos. Alih-alih melihatnya sebagai tanda peringatan, reaksi netizen seperti biasa tidak banyak berubah.
Benny Prawira @bennysiauw89
Kebanyakan malah menceramahi dan memaki, padahal sudah terbukti cara tersebut gagal menyelamatkan mereka bahkan justru mendorong mereka untuk semakin mau mati.
Benny Prawira @bennysiauw89
Seharusnya masyarakat kita mulai sadar bahwa jempol mereka juga dapat membawa maut ketika berada dalam kondisi hidup mati seperti ini. Jadi yah, kalau tidak tau cara menanganinya, lebih baik diam, daripada malah berpartisipasi dalam mendorong kematian orang lain.
Benny Prawira @bennysiauw89
Apa iya sebagai sesama manusia, sudah tidak berperikemanusiaan sama sekali, sehingga ketika melihat luka yang mendalam di diri seseorang yang mendorongnya hingga kematian ini dianggap sebagai hal yang biasa saja?
Benny Prawira @bennysiauw89
Untuk netizen yang budiman dan suka bawa-bawa ceramah mengenai iman ke orang yang suicidal, apa udah gak takut dosa yah turut berkontribusi dalam kematian orang lain?
Benny Prawira @bennysiauw89
Kalo ada yang mau bales/lanjut komentar : "Ah orang depresi beneran mana update status di medsos" "Tapi emang banyak koq yang caper dengan cara nunjukin mau mati mulu"
Benny Prawira @bennysiauw89
1. Orang depresi dan suicidal memiliki cara ekspresi rasa sakit emosional yang beda-beda. Kepribadian orang beda, ada yang lebih ekspresif dalam mengeluh, ada yang sukanya hindari keluhan. Ada yang ekspresif di medsos, ada yang gak.
Benny Prawira @bennysiauw89
2. Tidak ada indikator diagnosis mengenai depresi,"jika menunjukkan gejala/keluhan di media sosial, maka bukan depresi" atau "ketidakmampuan untuk menyampaikan keluhan/gejala di media sosial" untuk diagnosis depresi.
Benny Prawira @bennysiauw89
Kriteria diagnosis depresi dibilang valid atau tidak, bukan atas penilaian orang non-profesional seperti netizen (yang sotoynya ampun-ampunan) atas satu-dua postingan media sosial yg suicidal.
Benny Prawira @bennysiauw89
3. Orang dengan pemikiran bunuh diri yang ekspresikan pemikiran bunuh diri di medsos itu dapat dianggap sebagai warning signs. Lebih baik overestimate dan salah, daripada underestimate dan ternyata bener bahwa dia dalam kondisi painful.
Benny Prawira @bennysiauw89
Masalahnya bkn tingkat akurasi dari estimasi, tp sikap dari orang yang underestimate seringkali lempar asumsi terlebih dahulu, daripada mengecek ulang asumsinya dgn reaching out dan bertanya dlm tiap kasus individu yg beda2 kecenderungan ekspresi n keparahan depresi/suicidalnya.
Benny Prawira @bennysiauw89
4. Tidak semua orang punya uang ke psikolog. Akses ke profesional kesehatan jiwa tuh banyak pertimbangannya, tidak sekedar lihat ada gejala dan ada uang lalu langsung pergi ke profesional kesehatan jiwa.
Benny Prawira @bennysiauw89
Ada proses yang tiap individu beda, tugas kita mendorong secara suportif supaya bisa ke psikolog dan ini seringkali proses yang panjang dan melelahkan, tapi jauh lebih baik daripada menggunakan cara punitif dan dismissive ma kondisinya sebagai caper aja.
Benny Prawira @bennysiauw89
5. Netizen bisa meng-unfollow aja kalau risih/lelah melihat orang yg suicidal di medsos daripada dikatain caper. Menghina mereka sebagai caper belaka, justru membuat orang enggan cari bantuan karena bentar2 dianggap caper. Kalo butuh bahan julid dan drama, cari yg lain aja deh!
Benny Prawira @bennysiauw89
6. Yah, kalau dia ngeluh suicidal mulu, bisa jadi karena proses pemulihan atas masalah dalam hidupnya belum terjadi dengan baik (misal : lingkungannya masih toxic aja meski dah jalanin psikoterapi dan minum obat psikofarmaka).
Benny Prawira @bennysiauw89
Tugas kamu yah dampingin (atau diamin aja deh kalo gak ngerti caranya dampingin). Lagipula emang kalo dia ngeluh suicidal lalu gak melakukannya berarti bagus donk.
Benny Prawira @bennysiauw89
Emang kemungkinan orang yang suicidal ideation itu gak langsung ke attempt koq karena banyak faktor lagi yang berkontribusi/menghalangi proses dari ideation ke attempt. Selama dia masih hidup dan masih bisa ngeluh ke kamu yah bagus.
Benny Prawira @bennysiauw89
Berarti kamu dipercaya untuk dengerin, berarti dia masih berjuang untuk hidup. Apa iya kamu pengen liat dia beneran coba mati bunuh diri juga?
Benny Prawira @bennysiauw89
Nih yah, tanda peringatan, cara hadapinnya dan sumber bantuan mana saja yang bisa dikontak kalo dibutuhkan. Saya ambil dari berbagai sumber, segera akses dan nanya ke sana kalau butuh bantuan untuk nanganin kondisi temen atau kondisimu sendiri. Dibaca lalu dilakukan. pic.twitter.com/BpWhGaJASK
Expand pic
Expand pic
Expand pic
TOTO @kardwus
@bennysiauw89 Makasih banget mas, semua yg pengen saya sampein dah disampein semua sama mas di utas ini, saya ga berani sampein sendiri karna masih berusaha buat ngehilangin ide itu, takutnya orang malah nganggap caper atau cari pembenaran dan alasan
Load Remaining (66)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.