2
RPK @renggapkrisna

maap kalo aku pake ava artis korea

https://t.co/XAltpMuRSp
RPK @renggapkrisna
"Yaelah, band lokal aja mahal banget sih rate-nya!" Gue mau bikin thread tentang mengapa sebuah band atau musisi (lokal) layak dihargai sebesar itu. Tapi nanti ya, nyusun kalimat yang enak dulu. Tertarik gak? Kalo nggak ya gak jadi. 😋
RPK @renggapkrisna
Oke gaesss! Mari kita mulai thread-nya. FYI, di sini gue cuma share aja ya, gak bermaksud menggurui atau sok tau. Gue sharing di sini berdasarkan pengalaman kerja aja. Bismillah. Mulai. ~ a thread ~
RPK @renggapkrisna
Gue gak usah bahas band dari awal gimana mereka dulunya sampe jadi seperti sekarang ya, udah banyak yang tau prosesnya. Gue mau bahas kenapa band kesayangan kita itu emang layak dihargai segitu.
Story Bukan Yang Pertama Kali, Ini Rekaman Konser Sheila On 7 Dihentikan Polisi Karena Melebih.. Ternyata konser Sheila On 7 juga pernah dihentikan tahun 2014 2129 pv 29
RPK @renggapkrisna
Kalo nyebut sebuah band, yang kita tau mereka itu siapa aja? Vokalis. Gitaris. Bassis. Drummer. Udah? Cuma 4 orang? Kok bayar 4 orang doang mahal sih? Kata siapa cuma buat 4 orang?
RPK @renggapkrisna
Di balik sebuah band, selain mas-mas yang ngeband di panggung itu, sebenernya ada banyak orang yang bekerja sebelum dan sesudah mereka manggung. Tugas mereka adalah memberikan suguhan pertunjukan yang terbaik buat kita. Siapa aja?
RPK @renggapkrisna
1. Business Manager. Tugasnya adalah meng-handle semua urusan bisnis band. Dari cari gigs, nego harga sampe deal, mikirin gimana caranya promosiin band sampe dikenal orang dan banyak permintaan manggung.
RPK @renggapkrisna
2. Road Manager. Tugasnya berhubungan dengan promotor/EO/panitia. Memastikan jadwal berangkat/pulang, transportasi, akomodasi, konsumsi band/crew/team, jadwal soundcheck & manggung, lokasi venue, presscon, kesiapan teknis panggung, meet & greet, banyaaaak!
RPK @renggapkrisna
3. Crew/Technician. Tiap personil punya crew/tech masing2. Tugasnya menyiapkan equipment si personil, mulai loading, pasang2, soundcheck, memastikan semuanya aman pas manggung, beresin, sampe loading out venue. Jadi kalo jumlah personil band ada 4 orang, ya crewnya 4 orang.
RPK @renggapkrisna
4. Soundman. Nah ini dia kerjanya di FoH, tugasnya ngolah sound biar enak didenger di kuping penonton. Biar gak bikin kuping sakit. Dia udah apal banget karakter sound yang diinginkan tiap personil.
RPK @renggapkrisna
5. Visual/lighting. Gak semua band punya ini, tapi ada beberapa band udah hire seseorang khusus buat urusan ini. Tugasnya adalah memanjakan mata kita pas mereka manggung. Pernah liat ada video/animasi keren yang berhubungan dengan lagu disetel di LED/screen pas mereka manggung?
RPK @renggapkrisna
Jadi selain denger lagu, kita juga bisa liat visual keren berupa video/animasi dan lighting yang mendukung lagu yang dimainkan. Lagu yang dimainkan jadi semakin WAAAAAAAAH!!!
RPK @renggapkrisna
6. Photographer. Coba liat di sosmed mereka, kita yang gak nonton aja bisa kayak ngerasain ikutan ada di antara mereka hanya dengan liat poto2nya. Mulai dari berangkat, sound check, manggung, sampe mereka pulang, semua moment bisa kita lihat.
RPK @renggapkrisna
Selain beberapa orang di atas, ada beberapa band yang bahkan sampe hire orang untuk ngurusin wardrobe/kostum, ngurusin merchandise, sampe bagian keuangan.
RPK @renggapkrisna
Mereka juga butuh biaya untuk sewa studio latihan, dan sewa mobil box + sopirnya buat angkut peralatan band mereka yang banyak itu. Belum lagi buat bayar kelebihan bagasi pesawat.
RPK @renggapkrisna
Nah coba diitung2 ulang deh pengeluaran mereka buat bayar apa aja: - Personil - Crew - Bapak manager - Bapak road man - Abang2 sound - Mas2 visual/lighting - Kang poto - Bagian kostum - Bagian merchandise - Bagian keuangan - Sewa studio - Sewa mobil box + sopir - Bagasi pesawat
RPK @renggapkrisna
Selain itu mereka juga menyisihkan sebagian untuk "uang kas" yang berguna untuk membeli atau membuat keperluan yang mendukung. Misalnya untuk keperluan produksi album dan video clip, dll.
RPK @renggapkrisna
Jadi ya sekali lagi kalo liat band jangan dilihat dari jumlah personilnya ada berapa (misalnya 4 orang) terus rate mereka berapa ya duitnya cuma dibagi buat berempat itu aja. Banyak pengeluarannyaaaaaaa!
RPK @renggapkrisna
Daaaaan selain pengeluaran di atas, semakin "besar" nama band mereka, semakin tinggi juga rate-nya. Bisa dilihat dari skill, jam terbang, prestasi, atau apalah itu yang bisa membuat nama mereka besar.
RPK @renggapkrisna
Oke, itu untuk sebuah band. Lalu gimana untuk seorang musisi solo?
RPK @renggapkrisna
Sama aja kok. Pernah lihat Glenn Fredly atau Tompi manggung? Dia manggung gak sendiri. Dia diiringi oleh beberapa player, contohnya Echa Sumantri, Andre Dinuth, dan beberapa player yang udah punya nama besar, dibayar juga dong.
RPK @renggapkrisna
Selain para player pendukung, ya orang2nya sama juga kayak band di atas. jadi penyanyi solo sebenernya gak sendirian juga.
RPK @renggapkrisna
Kira2 begitulah gambarannya. Kalo ada yang salah2 mohon maaf. Kalo ada kekurangan, atau temen2 ada yang punya pengalaman lebih boleh ditambahin juga sekalian sharing di sini. Kalo mau bantu ritwit atau like juga boleh kok :)
RPK @renggapkrisna
Oh iya, jangan lupa untuk selalu membeli CD/album asli, jangan bajakan atau download, beli merchandise-nya juga yang asli dong, karena itu suatu bentuk dukungan kita kepada band kesayangan. Assalamu'alaikum!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.