1
#masthorif @emthorif
Tolong Pak Polisi, tindak massa yang berbuat semena-mena ini. Masjid @jogokariyan diserang. @PoldaJogja pic.twitter.com/Z2Vmpxhv1U
Youngworker @okikerv
Menurut info yg beredar, kemarin minggu tgl 27 Januari sekelompok oknum melempari masjid jogokariyan, warga pun membalas dan mengusir oknum tersebut, takut menjadi berita yg hoax monggo info dilengkapi @JogjaUpdate pic.twitter.com/czlUGjO9aK
Hilmi Firdausi @Hilmi28
Saya dengar, kawasan Masjid @jogokariyan diserang orang2 dari Partai tertentu. Wallahi, saya & pastinya tmn2 lain tdk ridho Masjid hebat ini diperlakukan buruk2 oleh para pengecut itu. Mhn pihak Kepolisian mengusut tuntas.
mika_hakim @mikahakim3
@Hilmi28 @jogokariyan Kami sebagai jamaah masjid jogokaryan. Akan melawan partai yg telah berlaku buruk terhadap rmh ibadah kami.
Rinal @rinal_tr
@Hilmi28 @jogokariyan Partai mana ni? Sebut aja PDIP tadz yg benci sama masjid dan umat islam. Sesuai bgt dgn lambangnya, mulutnya putih kalo ngomong dusta terlihat manis, baik, padahal badannya hitam dan matanya merah penuh amarah, kebencian, hatinya jahat, dan berbuat kerusakan. Cocok banget kan?
kiyoshi16 @HendrasmaraWow
@Hilmi28 @jogokariyan Iya betul... Masjid Jogokaryan di usik moncong putih..., dilempari batu.
kamen @KaryonoSurahmat
@okikerv @hariadhi @JogjaUpdate Menurutku musti lapor ke aparat keamanan biar diusut tuntas
sabilussalam @sabilussalam1
@TimurkotA apa benar masjid di timpukin ? boleh tau penyebab nya apa ya
GPK TIMUR KOTA JOGJAKARTA @TimurkotAJogja
@sabilussalam1 Hari ini pdi diy jateng ada acara dijogja.,, Penyebab masuk lokasi perkampungan masjid Jogokaryan geber2 motor, dan disitu juga ada warga dan jamaah masjid. Bentrok dan masjid kena imbasnya.

Keributan Pemuda Masjid Jogokariyan Jogjakarta dengan massa usai deklarasi Capres

Pada tanggal 27 Januari 2019 sekitar pukul 16.00 WIB di Jl. DI Panjaitan Mantrijeron Kota Yogyakarta menuju ke selatan sampai di pertigaan Jogokaryan telah terjadi keributan antara Pemuda Masjid Jogokaryan dengan massa yang habis melaksanakan kegiatan Deklarasi dukungan Paslon 01 di Mandala Krida.

  1. Adapun kronologi kejadian sbb :

a. Pada pukul 16.05 WIB massa melintas depan Masjid Jogokaryan dan merusak Bendera, Spanduk Hizbulloh serta membleyer-bleyer Sepeda Motor di Masjid Jogokaryan.

b. Selanjutnya Pemuda Masjid Jogokaryan keluar dan menghadang dan mengejar massa dan terjadilah cekcok mulut, dan pada saat itu sempat terjadi ketegangan diantara kedua belah pihak.

c. Selanjutnya Babinsa Koramil 09/MJ (Serka Suyatno) dan Babinkamtibmas Polsek Mantrijeron melaksanakan pengamanan diantara kedua belah pihak dan melerai massa yang akan bentrok.

d. Pada pukul 17.15 WIB kedua belah pihak difasilitasi oleh Bawaslu, Polsek Mantrijeron dan Koramil 09/MJ melaksanakan mediasi di Pendopo Kecamatan Mantrijeron, adapun mediasi di hadiri sbb :

  1. Camat Mantrijeron
  2. Kapolsek Mantrijeron
  3. Danramil 09/MJ
  4. Bawaslu
  5. Panwas Kec. MJ
  6. Ustadz M. Fanni Rahman (Ketua Takmir Masjid Jogokaryan
  7. Junianto (Ketua DPC PDIP Kec. Mantrijeron/Caleg DPRD Kota Yka dari PDIP wilayah Mantrijeron)
  8. Bpk. Darrohman (Ketua FJI DIY)

e. Pukul 18.00 WIB Mediasi istirahat dan akan dilanjutan setelah Magrib.

f. Pukul 18.45 WIB Mediasi selanjutnya dilaksanakan di ruang Camat Mantrijeron, adapun penyampaian sbb :

  1. Bapak Camat Mantrijeron :

a) Saya minta urusan atau masalah yang terjadi tadi sore selesaikan di sini, kita sama-sama anak bangsa dan warga masyarakat.
b) Semoga nanti dalam mediasi tidak ada ketegangan diantara kedua belah pihak, sehingga suasana segera aman, terkendali di luar/Masyarakat.

  1. Kapolsek Mantrijeron :

a) Kita musyawarah di ruangan Bpk Camat Mantrijeron ini untuk melaksanakan penyelesaian masalah yang terjadi tadi sore.
b) Mudah-mudahan kita dapat keputusan yang terbaik.
c) Niat kita menyelesaikan permasalahan, Kita akan menjadi mediasi yang netral dan tidak akan berpihak kesalah satu.
d) Tujuan kita beretikad, wilayah di Mantrijeron harus menjadi rukun dan lebih baik bermasyarakat kedepannya.

  1. Danramil 09/MJ :

a) Saya berharap permasalahan ini selesai malam ini juga sesuai apa yang akan di sepakati bersama kedua belah pihak.
b) Masalah ini jangan sampai berkembang ke masyarakat khususnya wilayah Kota Yogyakarta.
c) Kami dari pihak aparat menjembatani kedua belah pihak untuk bermediasi mencari titik terang menyelesaikan permasalahan ini dengan damai.

  1. Ustadz M. Fanni Rahman :

a) Mumpung berita ini belum melebar kemana-mana, karena saat ini isu Masjid Jogokaryan yang di lempar batu oleh salah satu pihak simpatisan PDIP (Sdr Kelinci) segera minta maaf ke Masjid Jogokaryan Mantrijeron.
b) Tolong Bpk. Junianto kami minta untuk menjembatani antara Kelinci dan Jama'ah Masjid Jogokaryan.

  1. Bpk. Junianto :

a) Saya sebagai yang di tuakan di DPC PDIP Mantrijeron apabila ada suatu hal yang salah diantara temen kita dari Jamaah Masjid Jogokaryan, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
b) Kita berharap kedepan semua antar warga bisa bersilaturahmi dengan baik, kita bisa meredam masing-masing, perbedaan pandangan boleh tapi tujuan kita sama. Semua ini menjadi pembelajaran bagi kita kebelakangnya.
c) Sekali lagi saya minta maaf apabila temen saya ada yang salah, dan akan saya temukan besok antara Sdr. Kelinci dan pihak Jamaah Masjid Jogokaryan untuk meminta maaf.
d) Sdr. Kelinci akan saya hadirkan secepatnya bertemu dengan Jama'ah Masjid Jogokaryan.

  1. Setelah diadakan mediasi selanjutnya dilaksanakan konsep perdamaian antara kedua belah pihak dan membuat Surat Pernyataan.

  2. Pukul 19.35 WIB kegiatan mediasi selesai dalam keadaan aman dan lancar.

Catatan :
Mediasi kedua belah pihak di dapat keputusan saling menjaga kondusifitas wilayah Mantrijeron bersama-sama.

Mohon semua tenang menjaga kondusifitas karena pihak masjid jogokariyan juga sudah colling down dan menyerahkan pengamanan kepada aparat, semoga kejadian ini tidak terulang di kemudian hari

Republika.co.id @republikaonline

Akun Resmi Republika Online I Info Buku Republika? Cek @bukurepublika

http://t.co/ADAQhC6ItF
URL Republika Online 6556 Penjelasan Masjid Jogokariyan Soal Ricuh dengan Massa PDIP | Republika Online Kedua pihak sepakat menyelesaikan secara...
babenya fauzan @papahnya_dedek
@republikaonline @nephilaxmus Jogokariyan tu masjid yang sangat disegani di jogja oleh seluruh tokoh-tokoh di jogja. Tuahnya besar karena merupakan masjid yang jadi contoh serta tolak ukur masjid2 di Jogja. Gue jamin efeknya bakal instan untuk menurunkan elektabilitas partai maupun sanksi bagi oknumnya.
Babeh Na'im @jojoe_gaza
@republikaonline Tidakan dan ucapan yg salah akan mengkokohkan eksistensi yg buruk., ini akan selalu diingat dlm sejarah sampai kapanpun., karena intimidasi dan cara buruk lainnya., digunakan dijaman dulu.,
detikcom @detikcom

Official Twitter of https://t.co/oOBkZ1EQMA. redaksi@detik.com | promosi@detik.com | Android: https://t.co/uBAYnisH9r iPhone: https://t.co/36uDqdyxKN

https://t.co/oOBkZ1EQMA
detikcom @detikcom
Acara 'Deklarasi Jogja Dukung Jokowi' yang digelar Aliansi Masyarakat Yogyakarta di Yogyakarta diwarnai aksi bentrok antar oknum yang diduga simpatisan parpol. news.detik.com/jawatengah/440…

Yogyakarta - Acara 'Deklarasi Jogja Dukung Jokowi' yang digelar Aliansi Masyarakat Yogyakarta di Yogyakarta diwarnai aksi bentrok antar oknum yang diduga simpatisan parpol. Kepala Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) DIY, Bambang Praswanto, membenarkan insiden tersebut.

"Memang saya dapat laporan di beberapa tempat (terjadi bentrok), tidak hanya Ngampilan tapi ada di Jogokaryan, ada di Umbulharjo, ada di tempat-tempat lain," jelas Bambang saat dihubungi detikcom, Minggu (27/1/2019).

"Jadi perlu saya tegaskan bahwa ini bukan acara tim kampanye, yang kedua bukan acara PDI Perjuangan. Ini acaranya laskar-laskar yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Yogyakarta. Saya sudah bilang sama polisi," lanjut Ketua DPD PDIP DIY ini.

URL detiknews 1354 Keributan Warnai Acara Deklarasi Dukung Jokowi di Yogya Acara 'Deklarasi Jogja Dukung Jokowi' yang digelar Aliansi Masyarakat Yogyakarta di Yogyakarta diwarnai aksi bentrok antar oknum yang diduga simpatisan parpol.
#diambukanpilihan @bonaventura161
@detikcom Klo anda orang jogja pasti tau.. Bukan soal politik.. Soal perut..
Gudeg @bayu_prastowo
@detikcom Merah atau Hijau sudah dari dulu udah gak kaget dari jaman nya bapak ku masih dijogja Jadi kalo ada pawai merah atau hijau agak menghindar.
G A W @geba085424
@muhdwikisatrio Padahal sering yha di jogja grang greng grang greng, dan ga cuma partai itu aja, memanfaatkan momen yha, bagus sa suka sa suka
Raja Susatio @rajak7susatio
@geba085424 @muhdwikisatrio hahahaha, dari dulu mah jogja gitu mulu. semua partai gitu
mynameisend @endrakun2
@detikcom Kampung halaman ku TAK SERAMAH DULU malu aku tuh klo gini caranya... mana keramah tamahan Jogja? Jngan smpai ilang hnya krn POLITIK beda rasa 🙂

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.