Created on App

Boleh Juga Nih, Thread Resep Mudah Buat Ayam Rich eese Yang Kriuk dan Berbumbu by @Sebasadtianstan

Pakai ayam fillet, tepung bumbu jadi dan bubuk cabai
7
Asa @hascelnut

✨✨ Ayam Goreng ala Rich eese ✨✨ iya, aku pisah namanya biar gak menyalahi merk dagang. thread ini dibuat oleh Asa, yang gak bisa masak; jadi, pasti resepnya mudah. pic.twitter.com/EfarmLZRzh

28/06/2018 13:21:01 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

eh, sebelumnya, foto di tweet tadi sudah kena efek vsco ya. makanya merah gak wajar gitu; tujuannya, estetika. kan itu cover. ini foto aslinya, sedep gak tuh. pic.twitter.com/uW6tFUHwfJ

28/06/2018 13:22:41 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

Yaudah, kita langsung mulai ya. Pertama, kita mulai dari ayam goreng tepung ✨✨ bahan-bahan ✨✨ (Ayam Goreng) - Ayam fillet - Tepung Super Crispy Kobe - Tepung terigu - Telur - Kaldu ayam bubuk (Royco/Masako), Lada bubuk (Ladaku): untuk ungkep, alias marinate. - Minyak goreng pic.twitter.com/UXxRaJCi2a

28/06/2018 13:33:21 WIB
Expand pic
Asa @hascelnut

Sekarang, kalau udah siap semua bahannya, kita lanjut ke proses. Maaf, ya, bahasa Asa gak cakep gitu. Ini kali pertama Asa masak, hehe.

28/06/2018 13:34:55 WIB
Asa @hascelnut

Jadi, ayam fillet ini bisa kita beli di supermarket, atau tukang sayur dekat rumah. (kalau Asa, mama yang fillet) Ayam fillet ini kalian marinate dulu, ya, biar gurih enak. ✨✨ cara ✨✨ tabur satu bungkus Royco ayam dan satu bungkus Ladaku ke ayam fillet yang kalian siapkan.

28/06/2018 13:36:54 WIB
Asa @hascelnut

sebenernya takaran bumbu marinara ini bisa kalian sesuaikan, sih, tergantung jumlah ayam kalian. Tapi pastiin cukup buat dilumuri ke semua daging ayamnya, ya. Nah, kalau udah dilumuri, masukin ke kulkas dulu. Satu jam, deh, minimal. Nanti penampakannya mirip sama foto ini. pic.twitter.com/O0yJzJaeAW

28/06/2018 13:38:57 WIB
Expand pic
Asa @hascelnut

Nah, sekalian nunggu bumbunya meresap ke ayam fillet, kalian siapkan balurannya. ✨✨ bahannya gampang! ✨✨ (baluran basah): telur + air kenapa dicampur air? biar hemat, hehe. lagian, kalau telur doang, suka amis menurutku.

28/06/2018 13:41:13 WIB
Asa @hascelnut

(baluran kering): Kobe kentucky super crispy + tepung terigu biasa, takaran tepung kobe dan terigunya satu banding satu ya. Kenapa campur? soalnya kalau pakai kobe doang, terlalu asin menurutku.

28/06/2018 13:43:57 WIB
Asa @hascelnut

kalau kalian gak ketemu tepung kobe, terigu biasa aja juga boleh, tapi kasih royco dikit biar ada rasa bumbu sedikit. Tapi nanti kurang garing kriuk-kriuk hasil ayamnya. Ini penampakan baluran basah nya ya, air dan telur dikocok bareng. airnya jangan terlalu banyak. pic.twitter.com/EV0m75okII

28/06/2018 13:47:22 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

✨✨ Cara Memasak Ayam Goreng ✨✨ Sekarang yang paling penting: - celup ayam ke baluran basah, sampai rata semua - terus, pindahkan ke baluran kering nya, pastiin semua tepungnya merata kalau kalian mau tepungnya tebal, ulangi step ini dua kali, oke? pic.twitter.com/7Vg0GMcNQx

28/06/2018 13:50:21 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

kalau udah siap, sekarang kita goreng ayamnya. Ingat, ya, pakai API KECIL aja. biar matang sampai daging-dagingnya. Pastikan minyaknya banyak juga, biar ayamnya terendam semua. Walaupun pakai api kecil, gorengnya gak terlalu lama kok👌 pic.twitter.com/25iyUMmHuE

28/06/2018 13:52:18 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

kurang lebih 5-7 menit, ayam udah warna emas kecoklatan, berarti sudah matang. (intinya udah gak pucat) kalian angkat, tiriskan. Kurang lebih penampakannya kaya begini! pic.twitter.com/LNRVLZfvd9

28/06/2018 13:54:40 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

OKAY BABES YOUR FRIED CHICKEN IS READY

28/06/2018 13:55:41 WIB
Asa @hascelnut

Nah, kan ayamnya sudah siap, ya? Kalian taruh meja makan dulu biar agak adem. Sekarang kita lanjut ke tahap berikutnya; Saus pedas ala Rich eese.🌶️🌶️🌶️

28/06/2018 13:56:47 WIB
Asa @hascelnut

✨✨ bahan-bahan saus ✨✨ - Saus sambal (kalau mau pakai saus tomat juga boleh, tapi menurutku terlalu asam dan kurang pedes) - Saus tiram - !!!!paling penting!!!! bubuk cabe (aku pakai Aida, soalnya dia halus banget, gak kaya Boncabe) ini foto kenampakannya. pic.twitter.com/gwnvjZ98M1

28/06/2018 14:01:40 WIB
Expand pic
Expand pic
Asa @hascelnut

aku mau bahas dulu sedikit. kalian bisa lihat, aku gak pakai tepung maizena buat mengentalkan saus, soalnya saus ini kentalnya karena bubuk cabe Aida itu sendiri. iya, makanya pedesnya nampol banget deh🌶️👌

28/06/2018 14:03:38 WIB
Asa @hascelnut

Astaga, sampai lupa. ✨✨ Bahan buat saus juga ✨✨ HAHAHAHA - bawang bombai - bawang putih - biar sedap, harus tambah garam, lada, gula. Bawang bombai diiris ya. dan bawang putihnya kita geprek, terus cincang halus. pic.twitter.com/GuXRHKAgI5

28/06/2018 14:06:33 WIB
Expand pic
Asa @hascelnut

karena aku suka bawang bombai, aku pakainya lumayan banyak. kalau kalian gak suka, pakai sedikit aja.

28/06/2018 14:07:25 WIB
Asa @hascelnut

✨✨ Cara Membuat Saus ✨✨ - pertama, panaskan minyak untuk menumis bawang-bawang Minyaknya agak banyak ya, sampai semua bawang bombai dan bawang putih terendam Kita tumis dengan minyak sedang, sampai bawang bombai nya mateng. (tunggu sampai bawang bombai warna coklat) pic.twitter.com/bmLkd5NqD1

28/06/2018 14:09:32 WIB
Expand pic
Asa @hascelnut

nah kalau udah matang bawang bombai nya, kompor kita MATIKAN.

28/06/2018 14:10:38 WIB
Asa @hascelnut

selagi kompor mati, kita tambahkan sisa bahan sausnya. Pertama, tambah saus. Jumlah nya sesuai selera, menurutku jumlah saus sambal/tomat ini sangat menentukan jumlah akhir Saus Rich eese kita.

28/06/2018 14:12:15 WIB
Asa @hascelnut

jadi, saranku, kalau mau bumbu Rich eese nya banyak, saus sambal/tomat nya yang kalian banyakin. Habis itu, masukkan saus tiram. Jangan terlalu banyak, nanti asiiiinnn. Peebandingannya sih kalau aku (Saus sambal/tomat 4 : 1 Saus tiram).

28/06/2018 14:13:59 WIB
Asa @hascelnut

Aduk terus ya itu campuran sausnya di penggorengan. INGAT, KOMPOR MASIH TIDAK MENYALA.

28/06/2018 14:14:33 WIB
Asa @hascelnut

Selanjutnya, kita tambahin bumbu paling penting kita: Bubuk Cabe🌶️🌶️🌶️🌶️ Ini sesuai selera kalian. kalau aku, pakai 10 sendok makan HEHEHE. Nah, ini langsung kental banget sausnya kalau sudah dimasukin bubuk cabe; Pasti kalian kaget.

28/06/2018 14:16:02 WIB
Asa @hascelnut

Aduk sampai rata ya, tambahin bubuk cabe nya sedikit sedikit aja biar gak menggumpal. Nah kalau sudah kecampur, kalian cicipi. kalau ada rasa yang kurang, di sini lah kalian tambahkan 3 bahan istimewa: garam, gula, lada. Ini penampakan sausnya, cantik.🌶️🌶️✨ pic.twitter.com/gUPCQ75gEQ

28/06/2018 14:18:27 WIB
Expand pic
Load Remaining (7)