0
TEMPO.CO @tempodotco
Timses Ungkap Keunggulan Kampanye Jokowi, Salah Satunya Jan Ethes goo.gl/xH1PL5
Hidayat Nur Wahid @hnurwahid
Ini Jan Ethes yg pernah sebut @jokowi, kakeknya, sbg “Artis” ya? Tapi bgmn kalau ini jadi legitimasi pelibatan anak2 dlm kampanye? Bgmn @bawaslu_RI masih bisa berlaku adil kah? twitter.com/tempodotco/sta…

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Tim Cakra 19, salah satu tim bayangan pemenangan calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi di pemilihan presiden 2019, Andi Widjajanto mengklaim bahwa kubu paslon 01 ini sudah unggul dalam pertarungan di sosial media dari paslon 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Cucu pertama Jokowi, Jan Ethes, kata Andi, menjadi salah satu magnet kuat yang kerap menuai simpati di media sosial.

"Kami punya Jan Ethes yang benar-benar mereka (kubu Prabowo) enggak punya," ujar Andi Widjajanto di bilangan Gelora, Jakarta pada Jumat malam, 25 Januari 2019.

Andi menyebut, ada dua kekuatan tim yang bermain di media sosial, yakni mampu bermain politik serius, tapi juga mampu main politik 'receh'. "Kami bisa main serius dengan data-data, tapi kami juga bisa memviralkan Jan Ethes," ujar Andi.

Di media sosial, Andi menuturkan timnya juga lebih banyak bermain dengan grafis dan konten-konten kreatif. "Kami unggul yang mereka enggak punya, contohnya kartun Pak Jokowi main bum bum car dengan Jan Ethes, itu viral di mana-mana," ujar Andi.

Konten-konten kreatif itu di antaranya dibuat oleh Yoga Adhitrisna dan Hari Prast, dkk. Mereka ini merupakan tokoh muda kreatif yang bergelut di dunia advertising. Hari dan Yoga, juga telah membantu Jokowi sejak pemilihan presiden 2014. Mereka menggambar beberapa karikatur Jokowi ala Tintin yang hobi blusukan.

Tintin merupakan tokoh komik karya karikaturis Belgia bernama Herge. Tampilan Tintin yang sederhana dibuat mirip tokoh Jokowi yang biasa tampil dengan baju putih lengan panjang digulung lengannya, celana panjang hitam, dan sepatu kets. Kartun itu lekat dengan sosok Jokowi sampai saat ini.

Kepada Tempo, Yoga mengaku bahwa timnya membantu Jokowi sebagai bentuk dukungan relawan. "Kami juga menerima banyak sumbangan konten dari luar, hanya saja kami yang menjaga continue konten-konten ini," ujar di Jakarta, Jumat malam, 25 Januari 2019.

Pada debat perdana pilpres pada 17 Januari 2019, Yoga, dan kawan-kawannya juga banyak membuat konten yang sampai saat ini menjadi viral di medsos. Beberapa di antaranya adalah ucapan Jokowi yang menyebut "Saya Memimpin Tak Punya Beban Masa Lalu" dan ucapan Ma'ruf Amin yang menyebut "Terorisme Itu Bukan Jihad". Konten-konten itu menyebar dalam sekejap, saat debat masih berlangsung.

"Jadi cara kerja kami, mempelajari tema debat dulu, kami siapkan konten. Lalu, setiap ada omongan, langsung dikeluarin (ke medsos)," ujar Yoga.

Konten-konten itu kemudian juga diunggah ke website karyaadalahdoa.id. Karya kreatif yang ada di web tersebut, kata Yoga, bebas digunakan siapa pun untuk kepentingan kampanye Jokowi-Ma'ruf. "Jadi, kami bebaskan siapa saja memakai dan menyebarluaskan, asal untuk kepentingan kampanye," ujar dia.

URL Tempo 8182 Timses Ungkap Keunggulan Kampanye Jokowi, Salah Satunya Jan Ethes Ketua Tim Cakra 19, Andi Widjajanto, mengatakan Jan Ethes menjadi salah satu magnet kuat yang kerap menuai simpati di medsos.
friday @Afrida_Sibarani
@hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Yg nyalon itu Jokowi, tapi kog anda nyerang cucu nya? Batita pulak. Kog hati jahat amat sih??? Oh God.... speechless gue. Ada to manusia macam anda? 😑😑😑
#Rien🇮🇩 @RinjaniJB
@hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Lho.. bapak serius nih mau main-main sama Jan Ethes ? Jan Wthes kan ga ikut kampanye, pak ! Anda tuh semestinya di level kakeknya Jan Ethes, pak.. Ga malu mendown grade diri sendiri ke level usia pre school ? *ga heran klw polpiknya cuma seperti anak TK. twitter.com/hnurwahid/stat…
kemal.arsjad @kemalarsjad
@hnurwahid @mantabetoel @jokowi @bawaslu_RI Dasar PKS doyan nya fitnah. Kalian yg mencuci Otak anak kecil dengan paham Khilafah. Apapun yg di lakukan Jokowi salah, meskipun hal yg sama dilakukan PKS. Buat PKS semua halal.. termasuk korupsi karena dianggap barang rampasan utk perjuangan. PRET pic.twitter.com/ApxJoD7jm2
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
OrangAwam @alextom71
@UjangBacok @zarazettirazr @hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Bagaimana pendapat Presiden PKS?????? dengan foto2 ini ?....ayo laporkan segera 😁😁😁😁
RDp @rickydp19
@zarazettirazr @hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Anda posting aturan hukumnya, tp ga melihat konteks yg dilakukan.. Kampanye kah itu? acaranya bukan acara parpol. cuma acara entertainment semata yg kebetulan Presiden & keluarga sbg tamunya lain hal sperti acara yg memang ditujukan utk kampanye sperti ini yg kena aturan tsb👇 pic.twitter.com/z86lutThto
Expand pic
Expand pic
LINA P ANANDYA @LinaPAnandya
@hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Tadz, ini anda dengan Ibu di Puskesmas dan daerah Tanah Tinggi jaman pilgub DKI ya. pic.twitter.com/Zmp9gxBMw9
Expand pic
Expand pic
LINA P ANANDYA @LinaPAnandya
@weiteitei @hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Itu bukan cucunya. Itu di Puskesmas. Kalau tidak salah di daerah Tanah Tinggi, jaman pilgub DKI 2012.
Vlad! @_W_T_T_
@anandyalina @hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Lha yha itu mbak.... Gara2 kalah set gak punya cucu, kok terus nyerangnya pake itu.... Strategi anak kecil... Selalu Merengek. Kemarin gak ada yg nangis2, suruh kader pura2 nangis. Ikut nyukur rambut biar viral... Kalau nyuruh pilih Prabowo, lha mbok sajikan yg realistis.
muchlis a rofik @muchlis_ar
Karena sampean masalahin si Ethes, jadi nyebar lah foto2 pelibatan anak2 di berbagai kampanye partai sampean mas @hnurwahid. Dan yg menyakitkan dari fakta ini: sampean dkk hanya iri sama popularitas ethes. Dan itu krn sampean gak kreatif blas. Benci krn bodo. pic.twitter.com/IcMqwz0zQh
Expand pic
Rommy Rsy @akurommy
@kemalarsjad @hnurwahid @jokowi @bawaslu_RI Butuh berapa banyak foto dan link berita kalau PKS sering sekali libatkan anak-anak dalam kampanye dan kegiatan-kegiatan politik lainnya? pic.twitter.com/RmrlpG7BIj
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rommy Rsy @akurommy
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.