Add to Favorite
0

Cerita tentang musyawarah copet se-Jawa ini dikutip dari situs SejarahRI.com.


Tak ada catatan tentang apa-apa saja hasil musyawarah unik tersebut. Namun, tampaknya copet-copet itu mencoba untuk menciptakan cara-cara baru dalam dunia percopetan dan berusaha agar pembagian daerah tetap dipatuhi, mengingat akhir-akhir itu banyak terjadi pencopetan yang dilakukan pencopet dari kota lain yang beroperasi di daerah yang bukan wilayah operasinya.

Meskipun musyawarah itu dilaksanakan diam-diam dan sukses tanpa diketahui pihak berwajib hingga selesai, namun kabarnya kemudian sampai juga ke telinga pihak berwajib sehingga mereka mengingatkan agar masyarakat mengingatkan kewaspadaan untuk menghadapi aksi-aksi copet dalam tahun 1977.

Dan, musyawarah itu tampaknya benar-benar efektif dan berhasil. Tercatat bahwa di tahun itu, aksi pencopetan memang menggila. Bahkan hingga sekelas Menteri Pertahanan dan Keamanan โ€˜pun sampai harus turun tangan ikut memerangi gerakan para copet ini. Kolom-kolom media โ€˜pun disesaki oleh aksi-aksi copet yang oleh mereka disebut โ€œbanditโ€. Oleh karena itu, pada 24 Mei 1977 disebutkan Menhankam/Pangab Jenderal M Panggabean โ€˜pun menaruh perhatian terhadap meningkatnya aksi pencopetan di Ibu Kota Jakarta saat itu dengan mengeluarkan instruksi mengenai perlunya terus-menerus melakukan telaah strategis, memperkirakan gangguan-gangguan yang timbul, serta langkah-langkah untuk menghadapinya.

URL Sejarah RI 98 Sejarah Musyawarah Copet Indonesia dan Amerika 1977 0 Shares Share on Facebook Share on Twitter
Wahyu Ibrahim @machista_x
@andinadwifatma @pandji Film ini terinspirasi berita di atas x ato jangan2 mrk yg membiayai ? ๐Ÿ˜ pic.twitter.com/vX7Q6HFX8V
 Expand pic
inas. @inasdzakiyaa
@andinadwifatma Ini ngga sekalian mubes buat evaluasi ad/art?
Rahmat Perkasa @R_Perkasa
@inasdzakiyaa @andinadwifatma Definisi, asas, tujuan, tempat, sifat, dan cara mencopet yang tdak melanggar aturan ๐Ÿ˜œ
NathanMars [Not selling STEEM] @NathanMars7
@andinadwifatma @iqbaladan You should post this with Steemit and there are many wonderful people of ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ are already with #STEEM Blockchain
beb @saysasmalia
@andinadwifatma Ini yg ngumpulin pasti bidang kaderisasi. Pasti!
trobert hasibuan @roberthasianku
@andinadwifatma Teringat copet ketangkap di pasar senen, gaya2 bhs nya org batak, tau2 ktp nya org sunda hahahaaa.
Login and hide ads.