0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengeluarkan haknya untuk mengurangi hukuman narapidana alias grasi. Kali ini, grasi diberikan kepada terpidana kasus pembunuhan, I Nyoman Susrama.

Susrama adalah otak di balik pembunuhan Anak Agung Gede Narendra Prabangsa, wartawan Jawa Pos Radar Bali. Grasi yang diberikan berupa keringanan hukum dari penjara seumur hidup menjadi pidana sementara.

URL kumparan Jokowi Beri Grasi kepada Susrama, Otak Pembunuhan Wartawan Radar Bali Susrama adalah terpidana kasus pembunuhan wartawan terkait pemberitaan proyek pembangunan sekolah.
D'OZ RADIO BALI @d_ozradiobali
#FLASHNEWS Presiden Jokowi memberikan grasi pada terpidana seumur hidup I Nyoman Susrama menjadi hukuman 20 tahun penjara. Susrama merupakan otak pembunuhan berencana terhadap wartawan Jawa Pos Radar Bali, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa, pada Februari 2009 #OZMATASAPI pic.twitter.com/yoLk2j0TmI
Expand pic
Ahmad Pathoni @apathoni
Jokowi Beri Grasi kepada Susrama, Otak Pembunuhan Wartawan Radar Bali m.kumparan.com/@kumparannews/…
Ahmad Pathoni @apathoni
Susrama bisa bebas dalam 10 tahun. Padahal itu pembunuhan berencana.
Pembela Islam @pembelaislamcom
Jokowi Harus Anulir Grasi Untuk Otak Pembunuh Wartawan Bali bit.ly/2CFJgY3 Grasi yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada I Nyoman Susrama disesalkan kalangan jurnalis. Pemberian grasi yang membebaskan Susrama dari hukuman seumur hidup, menjadi hukuman penjara selama…
A. Ainur Rohman @ainurohman

Sports Editor at Jawa Pos l Views my Own

A. Ainur Rohman @ainurohman
Februari 2009, wartawan Jawa Pos Radar Bali AA Narendra Prabangsa dibunuh dgn keji karena berita korupsi. Januari 2019, Presiden Jokowi memberikan grasi kpd otak pembunuhan Prabangsa, dr seumur hidup menjadi cuma 20 thn penjara. Sebuah langkah mundur yang menyakitkan! pic.twitter.com/l3draMlJnM
Expand pic
A. Ainur Rohman @ainurohman
Prabangsa dihabisi 9 orang pd 11 Februari 2009 di rumah otak pembunuhannya, Nyoman Susrama. Pembunuhan Prabangsa sangat keji. Tangannya diikat. Kepalanya remuk dihajar beramai2 dengan balok kayu. Dlm kondisi sekarat, tubuh Prabangsa dibuang di laut Padangbai.
A. Ainur Rohman @ainurohman
Prabangsa dibunuh dgn sadis krn berita dugaan korupsi senilai Rp 4 M di lingkungan Dinas Pendidikan Bangli. Susrama, adik Bupati Bangli waktu itu, tdk terima dgn artikel2 Prabangsa. Susrama adl kontraktor yg kerap menang tender di Bangli. Dia marah krn korupsinya dibongkar.
Ahmad Pathoni @apathoni
Susrama ini adik bupati Bangli waakte itu dan Susrama juga pengawas proyek Dinas Pendidikan Bangli. Dia bunuh wartawan karena nggak suka dengan pemberitaan korban.
A. Ainur Rohman @ainurohman
Pengungkapan pembunuhan Prabangsa ini berbelit-belit, memakan waktu smp 3 bulan. Isu2 keji sempat dimunculkan, misalnya Prabangsa terlibat perselingkuhan dll. Maklum, Susrama yg mjd dalang adl adik kandung Bupati Bangli. Jadi, keputusan grasi Presiden ini sangat menyakitkan. pic.twitter.com/WLZCYzxx2D
Expand pic
Expand pic
A. Ainur Rohman @ainurohman
Pernyataan AJI Denpasar terkait pemberian grasi kepada dalang pembunuhan Prabangsa.. RIP KEADILAN aji.or.id/read/press-rel…

AJI Denpasar bersama sejumlah advokat, dan aktivis yang dari awal ikut mengawal Polda Bali tahu benar bagaimana susahnya mengungkap kasus pembunuhan jurnalis yang terjadi pada Februari 2009 silam. Perlu waktu berbulan-bulan dan energi yang berlebih hingga kasusnya dapat diungkap oleh Polda Bali.

Pemberian grasi dari seumur hidup menjadi 20 tahun ini bisa melemahkan penegakan kemerdekaan pers, karena setelah 20 tahun akan menerima remisi dan bukan tidak mungkin nantinya akan menerima pembebasan bersyarat. Karena itu AJI Denpasar sangat menyayangkan dan menyesalkan pemberian grasi tersebut.

Meski presiden memiliki kewenangan untuk memberikan grasi sesuai diatur UU. No. 22 Tahun 2002 dan Perubahanya UU. No. 5 Tahun 2010 namun seharusnya ada catatan maupun koreksi baik dari Kemenkumham RI dan tim ahli hukum presiden sebelum grasi itu diberikan.

Untuk itu AJI Denpasar menuntut agar pemberian grasi kepada otak pembunuhan AA Gde Bagus Narendra Prabangsa untuk dicabut atau dianulir.

URL Aliansi Jurnalis Independen AJI Denpasar Sesalkan Pemberian Grasi Terhadap Otak Pembunuh Wartawan Aliansi Jurnalis Independen - Press Release Aliansi Jurnalis Independen Indonesia
Angel🙏Alice @Sudiadi_W
@Dandhy_Laksono Alangkah biadabnya Susrama membunuh AA Prabangsa wartawan radar bali karena mengungkap korupsi yg trjadi di Bangli, mayatnya dibuang ke laut, dan yg spt ini dikasi grasi, secara politik Susrama adalah kader PDIP
Ida Bagus Reject @ajussuardana
@ainurohman @JRX_SID DAMN! Saya mengikuti setiap detail kasus ini di 2009 semenjak Alm. Prabangsa di kabarkan hilang dan sedang dalam pencarian oleh keluarga sampai akhirnya ditemukan tewas. Dan sekarang pembunuhnya diberikan grasi oleh Presiden????? F A K.
Syam™ #MIFAN @SamsulH347
@ainurohman Kenapa bisa sampai grasi nih orang. apakah pak presiden tidak mengetahui kasus yg dapat grasi? Hanya cuma tanda tangan ?
Kampus_Inspirasi @Kampus_Merdeka
@ainurohman Sangat Memprihatinkan, Merobek Rasa Keadilan. Pelaku Kriminal Murni yg Sangat Keji, Dapat GRASI. MAKIN tidak jelas kemana keadilan akan dibawa? Sebelumnya, Penjahat Century Dapat Remisi 77 Bulan. Bgmn Pak @mohmahfudmd
Balwerk @Balwerk
@ainurohman Gila dah kecewa dari ABB sekarang malah ketambahan ini.
Nanda @ndaherdi
@imanlagi Ini seriusan Pak Jokowi lagi kenapa sih ? 2 minggu ini udah ngeluarin 2 gorengan kontroversial
Akun Receh @DemasGavriel
@apathoni Gmn menurut komentar @mohmahfudmd mohon pencerahan dr segi hukum nya pak,
me @see_y08
@apathoni @wartapoLitik Walaupun presiden mmg punya hak utk memberi grasi, tp mbok ya grasinya itu diberikan pd org yg tepat.. Ini kasus pembunuhan berencana kan? Artinya mmg org itu berniat menghilangkan nyawa org lain.. Kurang jahat apalagi perbuatannya? Masa dikasi grasi?

Comment

🌑 @_icrs_ 23/01/2019 14:01:55 WIB
Serius dy dpt grasi jg? Jokowi memang hebat
Login and hide ads.