1

Berawal dari

Jack Separo Gendeng @sudjiwotedjo
Prof @na_dirs , dapatkah ayat Kitab Suci dibatalkan oleh hadits?
Nadirsyah Hosen @na_dirs
@sudjiwotedjo Saya jawab serius yah. Ada konsep Nasakh (penghapusan). Para ulama beda pendapat apakah al-Qur’an bisa dinasakh oleh Hadits. Yg bilang bisa, membuat syarat: harus hadits mutawatir; dan hadits tsb jg diperkuat oleh ayat Qur’an lainnya. Saya sertakan skrinsut kitab Jam’ul Jawami’ pic.twitter.com/OMMje07ecR
Expand pic
#jalanku @thoriqatuna
@na_dirs @sudjiwotedjo Tambahan dri al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam pic.twitter.com/NfRx8sjfO3
Expand pic
Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
@thoriqatuna @sudjiwotedjo Ini kitab al-ihkam nya Ibn Hazm yah. Bukan karya al-Amidi. Abu Muhammad pada teks itu merujuk kepada أبو محمد علي بن احمد بن سعيد بن حزم
Muhammad Asrori AS @Islam_progresif
@na_dirs @sudjiwotedjo Klo dlm dirasah Ushul fiqih, yg beda itu cuma Syafi'i, klo madzhab lain spt Hanafi dll melegalkan secara mutlak, Krn mksd dlm ayat ما ننسخ من آيةأوننسها نأت بخيرمنها Menurut selain Syafi'i itu adl خير dlm arti substansi hukumnya bkn sanadnya spt kata Syafi'i Lanjut Gus @na_dirs
Nadirsyah Hosen @na_dirs
@Islam_progresif @sudjiwotedjo Sebelumnya saya kutip kitab Jam’ul Jawami’, skr kita merujuk ke kitab Ushul al-Fiqh yg lebih ‘berat’ lagi, yaitu Nihayah as-Sul karya Imam al-Isnawi. Simak argumentasi Imam Syafi’i yg berbeda dg jumhur ulama, yg sdh njenengan singgung tadi. Para santri NU semoga ikut menyimak 🙏 pic.twitter.com/FHBifrCBRz
Expand pic
Expand pic
Muhammad Asrori AS @Islam_progresif
@na_dirs @sudjiwotedjo Menarik utk didiskusikan ibarot njenengan yg saya tandai itu, & saya rasa perbedaan mendasar antara Syafi'i dgn yg lain terletak dlm hal tsb, Krn selain Syafi'i bilang bahwa : قطعي dlm ورود tdk tentu قطعي dlm دلالة. pic.twitter.com/A5wxnRIqrm
Expand pic
Muhammad Asrori AS @Islam_progresif
@na_dirs @sudjiwotedjo Maka yg ظني الثبوت menurut mereka masih bisa menasakh yg قطعي الثبوت jikalau memenuhi syarat-syarat dlm nasakh, spt التراخي dll.🙏🙏🙏 Lanjut Gus @na_dirs ....
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Yang ini jawaban lebih serius lagi: Bisakah cinta Rama dibatalkan oleh cinta Rahwana? Tolong beritahu Sinta, Mbah @sudjiwotedjo 😊 twitter.com/sudjiwotedjo/s…

Lalu

Abak @FaazAbak
@sudjiwotedjo @na_dirs Pasti di jawab modal skrinsuut... kualitas mu dirs
FHidayatPemimpinhrsJujur @hidayatferi19
@na_dirs @sudjiwotedjo Ga akan dijawab jelas mbah. Paling scrinsut buku lg. Beda profesor betul dan kebetulan profesor, dari menyederhanakan jawaban, dr literatur yg rumit. Bukan malah nambah rumit kita pas baca jawaban... Mending di pertajam. Ayat mana yg dibatalkan hadits ? Biar jelas..
Abdullah Syafii @tukang_bakpao
@hidayatferi19 @na_dirs @sudjiwotedjo Loh kamu bisa baca kitab gundul nggak? Kalo ndak bisa baca kitab gundul ya gak usah sok meremehkan gtu. Wong yang dekat aja belum,udah minta yang jauh heuheu
penikmat tahu telor @reykdjavik
@tukang_bakpao @hidayatferi19 @na_dirs @sudjiwotedjo Capek diskusi orang yg minta disuapin mulu. Udah dikasih referensi masih nuduh yg enggak2. Prof nadirs terbiasa ngasih referensi jadi ga asal bunyi.
FHidayatPemimpinhrsJujur @hidayatferi19
@jnckrs @tukang_bakpao @na_dirs @sudjiwotedjo Lho, sy ga diskusi. Saya minta penjelasan. Minta kuliah. Tp ya jangan malah ruwet. Diskusi ya ga level lah, lawan profesor. Tapi bikin penjelasan. Penjelasan. Bukan balik nanya.. paham ?
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Presiden Jancukers @sudjiwotedjo mau MENGGIRING saya dg pertanyaannya. Lha saya emoh kasih jawaban spt yg dia inginkan. Ta’ sodori skrinsut kitab ushul fiqh babon khas pesantren. Eh, rakyat jancukers yg sdh siap MENGGORENG jawaban saya kecele, dan ngomel gak bisa baca kitabnya😄 pic.twitter.com/yfCgbr4qp3
Expand pic
Expand pic
Jack Separo Gendeng @sudjiwotedjo
Heuheu..lha wong Sampeyan njawab pertanyaanku dgn Ramayana aku ud oke kok. Aku ndak minta jawaban lebih. Terus, nggak tahu akun siapa yg kemudian minta jawaban lebih, Prof. Kalau soal skrinsyut yg Sampeyan lampirkan ini - dan sejenisnya - rasanya bukan model2 bahasa #Jancukers twitter.com/na_dirs/status…
Rachman Hidayat @RachmanWoo
@na_dirs @sudjiwotedjo Justru skrinsut itu tanda bahwa kita bicara pake data yg otoritatif, bukan asal jawab.. Aneh justru saat diskusikan materi yg komplex bahkan ampe panjang perdebatannya di kalangan para ulama dijawab hanya pake 1-2 tweet tanpa referensi.
Vvvvv @Nandadevashakti
@na_dirs @sudjiwotedjo Rakyat di negeri jancuker kan beda² latar belakangnya tdk semua keluaran pesantren.. Coba Prof. Nadir menjawab pertanyaan Mbah Tedjo dgn bahasa yg lebih sederhana supaya dapat dimengerti oleh semua orang. Jawaban skrinsutan spt itu terkesan hanya ego yg menyombongkan keilmuannya.
Zuu @zubairi_advokat
@devashaktinanda @na_dirs @sudjiwotedjo Nanti kalo nggak pake sumber dikira hoax dan jawab ngawur
Vvvvv @Nandadevashakti
@zubairi_ @na_dirs @sudjiwotedjo Ya sumber juga harus disertai dgn penjelasan ... Ibarat ada yg bertanya Bro musik apa yg paling lo senangi?... Orang yg ditanya itu langsung mengeluarkan kertas yg berisi sederet not balok ... 🎼🎵🎶🎶🎶🎵🎵 Padahal kan tinggal sebutin saja jenis musik yg ditanyakan itu.
sopian rachmad h @sopianr
@na_dirs @devashaktinanda @zubairi_ @sudjiwotedjo Para pembenci gus @na_dirs ini beruntung banget lo, mereka caci beliau dibalas oleh beliau dengan ilmu yg sangat jarang kita dapatkan ditempat lain. Bahkan tak jarang beliau tambahkan bonus doa. Sayangnya mereka tdk dapat mengambil keuntungan dari keberuntungan tersebut. 😊🙏
Ora iso Muni R @MonyosM3
@na_dirs @sudjiwotedjo Udah dikasih jawaban malah protes,udah untung yg ditanya mau jawab. Yg protes bukan yg tanya 😁😁😁 Dikasih gratisan masih protes apalagi bayar Penak sing maido
M.yusufikhwan @Myusuf_joozz
@na_dirs @sudjiwotedjo Mad @FaazAbak bener kwalitas prof Nadirs memang luas cakrawala literasi&referensinya ,gk ky kita2 yg kwalitasnya males baca tp sok Ngerti... #Toosss
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.