Reformasi Pajak @Prabowo - @Sandiuno

Lima strategi Reformasi Pajak Prabowo - Sandi nantinya akan meningkatkan tax ratio menjadi 16% di 2024 tanpa membebani rakyat dan dunia usaha dengan pajak yang tinggi
ratio indonesia adil makmur pilpres2019 Sandiaga Uno pajak pilkada prabowo pilpres gerindra reformasi pajak
0
Partai Gerindra @Gerindra
1. Selamat sore tweeps, mengamati perbincangan yg terjadi sejak debat pertama capres dan cawapres lalu, ternyata masih banyak yang belum memahami mengenai program menaikkan rasio pajak 16% yang dicanangkan pak @prabowo.
Partai Gerindra @Gerindra
2. Setidaknya sekarang ada kemajuan dari kubu sebelah bahwa sekarang pembicaraan atau kritik yang dilakukan ada di tataran program dan gagasan, bukan hoax, fitnah, menyerang pribadi, dan hal-hal yang tidak membawa keuntungan bagi bangsa dan negara.
Partai Gerindra @Gerindra
3. Sebelum lanjut, sebagai landasan pemikiran kita harus sama-sama memahami kondisi perpajakan Indonesia saat ini. Kami ingin mulai dengan pertanyaan sudahkah pajak berkeadilan? Jawabannya kita hitung dengan indikator, apakah tingkat pajak saat ini sudah optimal dalam 3 faktor.
Partai Gerindra @Gerindra
4. Apakah tingkat pajak saat ini sudah optimal meningkatkan kesejahteraan rakyat? Apakah tingkat pajak saat ini mendorong pertumbuhan ekonomi? Apakan tingkat pajak saat ini berhasil mengurangi kesenjangan? Ini yang akan kita jawab bersama-sama. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
5. Kita mulai dari apakah tingkat pajak saat ini sudah optimal dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengurangi kesenjangan? Secara singkat kita tahu daya beli rakyat tertekan dan menurun, dimana-mana banyak orang mengeluhkan harga-harga naik. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
6. Rasio pajak Indonesia menurun meskipun ada program tax amnesty jokowi. #ReformasiPajakPrabowoSandi pic.twitter.com/1DkwdMBmJ9
Expand pic
Partai Gerindra @Gerindra
7. Kemudian, salah satu fungsi pajak sebagai pemerataan distribusi kekayaan bagi rakyat juga belum berhasil mengurangi kesenjangan maupun meratakan distribusi kekayaan negara kita.
Partai Gerindra @Gerindra
8. Harta 4 orang terkaya di Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta rakyat terbawah. Bahkan Indonesia disebut sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang paling tidak merata.
Partai Gerindra @Gerindra
9. Hal itu juga sekaligus menjawab pertanyaan apakah pajak saat ini optimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam 4 tahun terakhir pemerintahan jokowi pertumbuhan ekonomi kita tidak pernah mencapai target dan cenderung stagnan mentok di kisaran 5% serta tidak berkembang.
Partai Gerindra @Gerindra
10. Sebagai tambahan mengenai kondisi pajak saat ini, program tax amnesty yang digagas jokowi membuktikan pernyataan pak @prabowo bahwa kekayaan negara kita bocor dan tidak tinggal di dalam negeri. pic.twitter.com/XW9meGVGQJ
Expand pic
Partai Gerindra @Gerindra
11. Meskipun kita juga tahu hasil tax amnesty tidak sesuai target dan mengecewakan berbagai pihak termasuk partai pendukung Pemerintah sendiri.
Partai Gerindra @Gerindra
13. Kegagalan Tax Amnesty jokowi bisa dilihat dari tiga aspek yaitu dari aspek tingkat partisipasi wajib pajak, angka repatriasi, dan kontribusi terhadap penerimaan negara.
Partai Gerindra @Gerindra
14. Dari sisi angka repatriasi luar negeri jumlahnya sangat minim, padahal ini adlh target utama dari program tax amnesty. Komitmen repatriasi hanya mencapai Rp 147 triliun atau hanya 14,7% dari target Rp1.000 triliun serta sekitar 3% dari total harta yg dilaporkan Rp4.884,2 T.
Partai Gerindra @Gerindra
15. Aspek yang ketiga dari sisi kontribusi terhadap penerimaan negara hanya sebesar Rp. 115,9 triliun dari target Rp. 165 triliun.
Partai Gerindra @Gerindra
16. Inilah kondisi dan realita yang ada dari kondisi perpajakan Indonesia. Dengan kondisi-kondisi tersebut @Prabowo dan @Sandiuno merancang program #ReformasiPajakPrabowoSandi yang salah satunya menaikkan rasio pajak hingga 16% .
Partai Gerindra @Gerindra
17. Dengan tantangan kondisi perpajakan dan ekonomi saat ini yang belum mencerminkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia maka diperlukan reformasi struktural sehingga Indonesia tidak terus terjebak dalam middle income trap atau perangkap penghasilan menengah.
Partai Gerindra @Gerindra
18. Oleh karena itu, sekali lagi kami ingin menegaskan bahwa menaikkan rasio pajak 16% tidak sama dengan menaikkan tarif pajak. Bahkan jika @Prabowo @Sandiuno memimpin, tarif pajak pribadi dan badan akan diturunkan. Bagaimana pelaksanaannya akan kami uraikan di kultwit ini.
Partai Gerindra @Gerindra
19. Tentu Pak @Prabowo dan Bang @Sandiuno tidak menempatkan program pemotongan tarif pajak sebagai kebijakan yg soliter atau berdiri sendiri (seperti serangan dan tuduhan yg dilancarkan pihak sebelah) melainkan menjadi bagian dari program reformasi perpajakan yang komprehensif.
Partai Gerindra @Gerindra
20. Prinsip dasar program Pak @prabowo dan Bang @sandiuno dalam perpajakan adalah mewujudkan Pajak Berkeadilan melalui reformasi perpajakan. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
21. Dalam reformasi perpajakan ini setidaknya ada 5 strategi utama yang akan dijalankan untuk membenahi sistem perpajakan Indonesia sebagai pijakan Indonesia untuk menjadi High Income Country di 2030. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
22. Strategi yang pertama dari #ReformasiPajakPrabowoSandi adalah memisahkan Dirjen Pajak dari @KemenkeuRI dan membentuk sebuah lembaga baru sebagai otoritas yang mengelola sistem perpajakan dan penerimaan negara.
Partai Gerindra @Gerindra
23. Hal ini bertujuan agar lembaga tersebut lebih fokus mengatur urusannya dan juga memperkuat tranparansi proses pengawasan. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
24. Pemisahan otoritas pajak dari @KemenkeuRI juga ditujukan untuk memperbaiki manajemen dan profesionalismenya sehingga target reformasi pajak bisa lebih cepat tercapai. #ReformasiPajakPrabowoSandi
Partai Gerindra @Gerindra
25. Selain itu dengan dibentuknya lembaga baru, kinerjanya juga dapat lebih efisien baik dari pengelolaan SDM, penggunaan anggaran, peningkatan layanan perpajakan, perbaikan basis data dan pencatatan Wajib Pajak sehingga muncul peningkatan transparansi yg disebut sebelumnya.
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.