1
Henry Manampiring @newsplatter
Mau share kenangan dari training negosiasi yang gw dapet 20 tahun lalu. Silakan mau diaplikasikan ke pacar, bisnis, atau politik (uhuk) - bisaaa.... [THREAD]
Henry Manampiring @newsplatter
Jadi waktu itu gw diikutkan Negotiation Skill training. Yang bawain orang Skotlandia yang bahasa Inggrisnya bikin gw emosi kayak William Wallace Braveheart karena gak ngerti aksennya. Anyway, gw lupa semua poinnya, kecuali satu. Krn diberikan dengan sebuah cerita dan souvenir!
Henry Manampiring @newsplatter
Sang trainer bercerita, alkisah, ada seorang pemburu di Alaska yg berburu moose (rusa besar). Sang pemburu berhasil membunuh seekor moose besar, dan ia hendak pulang dengan sled. Itu lho, kereta salju yang ditarik anjing2. Bangkai moose ditarik dengan kereta. pic.twitter.com/ur6GSVfGjJ
 Expand pic
Henry Manampiring @newsplatter
Dalam perjalanan, terdengar lolongan serigala. Dan benar saja, segerombolan serigala (wolfpack) mengejar dia, tertarik dengan bangkai moose yang dibawa si pemburu. Pikir si pemburu, biar cepet beres gw potong aja sedikit daging moose ini dan gw lempar ke belakang. pic.twitter.com/acgGf1lgnR
 Expand pic
Henry Manampiring @newsplatter
Bener juga. Begitu sepotong daging buruan dilempar ke belakang, wolfpack itu berhenti dan sibuk dengan si daging lemparan. Si pemburu tersenyum lega dan lanjut perjalanan. Sebuah pengorbanan kecil bisa membungkam kawanan serigala....
Henry Manampiring @newsplatter
Beberapa menit kemudian, terdengar lolongan lagi. Lho, wolfpacknya sudah ada di belakang si pemburu lagi! Mungkin belom kenyang....maka si pemburu memotong lagi sebagian daging moose, dilempar ke belakang. Dan kawanan wolfpack pun berhenti lagi....
Henry Manampiring @newsplatter
Bahkan sebelum si pemburu bisa benar2 lega....saat dia menoleh ke belakang, LAH WOLFPACKNYA UDAH NGEJER LAGI. Tampaknya mereka sudah membaca pola bahwa si pemburu akan selalu ngasih daging kalo dikejar, makanya jadi ketagihan. Dan si pemburu terpaksa memotong dan membagikan lagi
Henry Manampiring @newsplatter
Pembaca bisa menebak akhirnya.....ini terjadi berulang2, dan sampailah si pemburu ke rumahnya dengan hanya tulang2 moose. Hasil buruannya ludes sudah. Di akhir cerita, si trainer membagikan kepada semua peserta training boneka moose kecil yg kawaii sebagai pengingat. Pesannya:
Henry Manampiring @newsplatter
"Jangan naif berpikir kalo kompromi dan ngasih sedikit ke lawan negosiasi/musuh maka mereka akan puas dan berhenti. Sebaliknya, mereka akan terus meminta. Harus ada batasnya." Sayang boneka moose punya gw sudah hilang, tapi storytelling dan souvenir itu membekas di ingatan gw.
Henry Manampiring @newsplatter
Aplikasi ilmu di atas cukup luas, di luar negosiasi bisnis. Dari pacar yg menuntut "eskalasi sentuhan", bisaaaaa. Dari anak yang dimanja apapun yg diminta dikasih, bisaaaaa. Atau lawan politik yg terus menerus dikasih "biar tenang"? Silakan diaplikasikan sendiri yaaa. -END-
Yulita Amiranda @ylt_amiranda
@newsplatter Ini sama spt ngasih makanan ke kucing yg nungguin kita makan di warung pecel ayam 🙁
Edward Samuel @mynameisedo
@newsplatter Mau nambahin, ini karena efek dopamine. Itu salah satu hormon yang bikin happy. Muncul kalo ada satu perilaku yang kita lakukan dan kita dapetin reward. Bikin kita jadi termotivasi untuk dapetin lagi, lagi, dan lagi.
Cokro Sudarsono @DevelCode
@newsplatter Yhaakkk pilihan lain lagi... Si pemburu bisa battle mati mati an dengan Wolfpack. Pertaruhan yang luar biasa akan se ekor Moses or mouse
ifaturama @Fate_2_Rahman
@newsplatter Setidaknya si pemburu gak mati diterkam serigala 😅 semacam melepas beban agar terus maju.
Login and hide ads.