3
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Ditelepon oleh salah satu bank negara, katanya pengajuan peminjaman modal kerja saya ditolak. Alasannya karena saya caleg. Nggak mau dijelasin lebih lengkap aja, karena saya caleg gerindra dari kubu oposisi?
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Alasan yang nggak masuk akal dan nggak profesional. Karena: Nilai aset yang dijaminkan lebih besar daripada nilai pinjaman. Perusahaan sehat, krdibilitas baik, dan sudah punya potensi pekerjaan terstruktur sepanjang 2019 ke depan.
jessica @jesswjk
@glopaputungan_ Wqwqwq baper nih yeee pahami dulu mungkin cara kerja credit analyst
Robbi Achmad Taufik @sang_bango
@glopaputungan_ @jetsilvers Manajemen Resiko, Takut dipakai kampanye, trus gagal. Ibu mau bayar darimana? Kan gitu Bu .
J, Abdiansyah. @wratharchitect
@glopaputungan_ Caleg di masa politik, 0 kemungkinan approve pinjaman. Apalagi kalo sampeyan jadi anggota legislatif, anda akan termasuk nasabah high risk dan PEP (political exposed person), untuk bisa menyetujui pembiayaan anda, sangat sulit.
J, Abdiansyah. @wratharchitect
@glopaputungan_ Menurut saya anda baiknya tidak perlu mengaitkan dengan politik. Itu murni prosedural. Semoga membantu.
🐺 @roostamaji
@glopaputungan_ karena ketika mbak nya mendaftarkan diri sebagai caleg mbak nya masuk kategori PEP, dan di tahun politik seperti ini pengajuan untuk PEP memang di batasi, coba pakai nama suami atau saudara .
Rulie Maulana @ruliemaulana
@roostamaji @glopaputungan_ Menarik tentang Politically Exposed Person... Apa saat baru caleg pun sudah otomatis masuk kategori PEP? pic.twitter.com/LXEqw9J5SV
 Expand pic
Anak Hilang @kebetulanbatak
@ruliemaulana @roostamaji @glopaputungan_ Pegawai pemerintah juga termasuk nasabah beresiko tinggi ya? Baru Tau... Kirain lebih Aman dibanding yg kerja di swasta.
🐺 @roostamaji
@kebetulanbatak @ruliemaulana @glopaputungan_ nggak semua pegawai pemerintahan juga mas, hanya pada instansi tertentu yg berhubungan dengan hukum/politik/militer dan stakeholder. tetap bisa mengajukan , cuman nanti pengajuan sampai level komite pusat, wilayah belum berwenang memutuskan .
Mark OP @mark_op
@glopaputungan_ Setauku di perbankan ada kategori khusus yang disebut politically exposed person (CMIIW), yang meliputi a.l. pejabat publik seperti Gubernur dst., anggota parlemen, dll. Bukan berarti krn caleg dr parpol oposisi yg bikin pengajuan ditolak. Ada kajian risiko di baliknya.
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Nope. Saya tanya apakah aturan itu turun dari BI, ternyata bukan. itu kebijakan internal. Belum tentu berlaku pada bank lain. Dan, berhubung saya pun berlatar belakang keluarga bankir, jadi sedikitnya paham. Penasaran aja, apa dasar aturan internal itu. Apa kekhawatirannya. twitter.com/mark_op/status…
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Kalau ada kajian risiko, yang spt apa? Gagal bayar? Padahal perusahaan punya track record baik dan aset agunan nilainya di atas angka pinjaman. Hihihihi~ twitter.com/mark_op/status…
Sri Wijayanti @ayamont
@glopaputungan_ Karena tidak menutup kemungkinan dana pinjaman dapat digunakan sebagai dana politik. Dimana tujuan pinjaman adalah modal kerja. Dana yang sudah dicairkan ke debitur akan sulit dikontrol pemakaiannya oleh pihak bank. Maka dari itu, pihak bank mengambil keputusan konservatif 🙏
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Itu yang saya sampaikan dan pertanyakan kepada pihak bank. Mungkin masih ada stigma bahwa dana politik itu gelap. Padahal, caleg DPR RI gerindra setiap 2 bulan dicek transparansi keuangannya. Diwajibkan buka rekening di satu bank pemerintah yg ditunjuk spy mudah diawasi. twitter.com/ayamont/status…
Sri Wijayanti @ayamont
@glopaputungan_ Dari pihak bank gk lihat partai mbak. Selama ada kemungkinan berhubungan dengan "politik", maka bank berusaha mengambil keputusan konservatif 🙏 Mungkin bisa cek ketentuan OJK atau Bank Indonesia. Ada beberapa kategori nasabah yang dianggap high risk.
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Ya.. mungkin saya memang harus bertemu dengan pihak bank yang kompeten, supaya bisa mendapat penjelasan yang terang. twitter.com/ayamont/status…
Opiq @UdjangOpik
@glopaputungan_ Ya terus knp udah buat narasi dulu sebelum dpt penjelasan yg terangnya Mbak Glo? Upload di medsos lagi. Seakan-akan terdzolimi gara2 oposisi 😓 Ayolah, Mbak bisa lebih cerdas dari ini 👍 Tunjukkan pendukung Pak Prabowo masih banyak yg baik2 dan cerdas, setidaknya di Twitter ini.
IG gloripaputungan_ @glopaputungan_
Yaudah gapapa kalo saya nggak cerdas. Kalo nggak upload di medsos biasanya nggak bisa jadi bahan diskusi. Santai saja, nggak usah juga merasa terserang. twitter.com/UdjangOpik/sta…
Opiq @UdjangOpik
@glopaputungan_ Klo saya sih gak merasa diserang 😁. Cuma sayang aja mainnya kurang cantik. Misalkan untuk bhan diskusi, baiknya dbackup dlu sama data2, alasan yg jelas dr pihak bank dll. Klo dsimpulkan mmang krn oposisi, kan lebih enak tuh “nyerangnya” 👍
Bung Oky @memori_senja
@glopaputungan_ Kategori yang dihindari Bank adalah Caleg untuk pembiayaan. Bukan soal oposisi atau tidak, tp Bank berhak berasumsi bahwa dana pembiayaan akan dialihkan untuk kampanye, sekalipun ada jaminan, namun yg diutamakan adalah pengembalian tanpa melewati parate eksekusi jaminan.
Bung Oky @memori_senja
@glopaputungan_ Ya memang gak akan dijelaskan lebih detail, karena terkait soal etika bisnis perbankan. Bank adalah jasa keuangan yg profit oriented, terlepas lu turunan Alien, kalau memenuhi aspek 5C ya gak masalah.
Bung Oky @memori_senja
@glopaputungan_ Karena Bank dalam melakukan pembiayaan dana yg diputar sebagian besar dr DPK yg bersifat liabilitas, jd dr situ pembiayaan gk bsa serta merta ngawur diberikan. Saya rasa kamu tau hanya saja ingin framing.
Load Remaining (40)
Login and hide ads.