Add to Favorite
0
dnlwkrt @dnlwkrt
Ingin berbagi cerita dengan kalian, mengenai: Menjalankan usaha sendiri. Selama kurang lebih 5 tahun gue ada di usaha keluarga, 3 tahun ikut bokap dan 2 tahun pegang sendiri. Banyak hal yg gue pelajari dan ingin gue berbagi pengalaman dgn kalian.
dnlwkrt @dnlwkrt
Kalo mau dihitung total berapa lama gue ikut di usaha keluarga, itu udah dari gue SMP. Setiap Sabtu dan Minggu gue pasti ke pasar untuk nemenin atau sekadar liat bokap gue jualan. Ikutan bangun jam 3 pagi, lalu nemenin bokap belanja ke distributor dan agen.
dnlwkrt @dnlwkrt
Ngeliatin cara bokap berinteraksi dengan pembelinya, cara bokap mempersiapkan barang dagangannya. Pokoknya semua kegiatan yang ada di lapak pasar keluarga gue.
dnlwkrt @dnlwkrt
Bahkan saat gue udah kuliah pun, setiap Sabtu dan Minggunya gue selalu ada di pasar, lapak keluarga gue berjualan. Kami berjualan setiap harinya. Mulai dari jam 6 pagi sampai 11 siang. Fyi. Total usaha keluarga gue ini sdh ada sejak tahun 1987.
dnlwkrt @dnlwkrt
Saat gue mulai kerja pun, Sabtu dan Minggu gue tetep bantu bokap berjualan. Kenapa? Ga capek emangnya? Capek. Tapi gue sadar, kalau suatu saat nanti, saat usia bokap udah lanjut dan ga mampu lagi, gue yang akan nerusin usaha beliau.
dnlwkrt @dnlwkrt
Gue memutuskan untuk berhenti bekerja. Keputusan yang berat sebetulnya. Gue yang masih menikmati bekerja di luar. Dilema waktu itu. Antara gue bekerja sendiri atau meneruskan usaha keluarga. Gue harus nentuin masa depan gue dan kelangsungan usaha keluarga gue.
dnlwkrt @dnlwkrt
Akhirnya gue memutuskan untuk resign dari kerjaan gue. Mulailah besok gue bekerja untuk bokap. Bantuin beliau secara full. Mulai dari nyetir mobil yang bergantian sama bokap, trus mulai belajar cara belanja barang dagangan, belajar cara berinteraksi dengan pelanggan
dnlwkrt @dnlwkrt
Belajar cara menghitung belajaan kastemer, belajar cara mengemas barang dagangan supaya menarik, belajar cara nawarin dagangan, belajar cara menangani kalau pelanggan komplain. Intinya belajar banyak hal yang engga gue dapetin di sekolah, justru gue dapat di pasar. Di pasar.
dnlwkrt @dnlwkrt
3 tahun gue fokus pelajarin semua itu. Dari A-Z. Dari 0 sampai tak terhingga. Sampai akhirnya bokap harus masuk rumah sakit dan beberapa jari kakinya harus diamputasi karena diabetes.
dnlwkrt @dnlwkrt
Di situ titik balik pertama gue. Banyak hal kekuatiran yang gue rasakan saat itu. Ketakutan apakah gue bisa ngelewatin ini atau engga.
dnlwkrt @dnlwkrt
Gue berharap itu cuma mimpi dan ga jadi kenyataan. Gue kehilangan setengah dari bokap yang jadi mentor gue di usaha keluarga. Bokap cuma bilang: "kamu pasti bisa. Inget yang udah papa ajarin. Bersikap baik dan jangan judes ke langganan."
dnlwkrt @dnlwkrt
Hari pertama gue pegang usaha keluarga sendiri, ditemenin sama 1 orang pegawai. Bikin gue grogi berat. Ga tau nih musti apa dulu yang dikerjaain. Bener-bener blank.
dnlwkrt @dnlwkrt
Perlahan-lahan mulai bisa tapi belum terbiasa. Ada aja gitu kesalahan2 kecil yang gue lakuin. Kaya misalnya ga pintar dlm nanganin pembeli yang komplain, trus salah kasih uang kembalian, trus juga salah hitung total belanjaan. Bisa kurang, kadang kelebihan
dnlwkrt @dnlwkrt
Kadang juga modal dagangan bisa kurang, trus nangis kenapa bisa begini hahahaha. Banyak kejadian2 yang bikin gue mau mundur dari usaha keluarga gue ini.
dnlwkrt @dnlwkrt
Tapi yang gue diingetin kembali, kalau usaha keluarga gue ini ga ada, mungkin keluarga gue ga bakalan bisa makan. Kasarnya seperti itu.
dnlwkrt @dnlwkrt
Jujur dulu gue sempet malu kalo ditanya sama orang tentang apa pekerjaan gue. Malu kalo gue ini adalah pedagang di pasar.
dnlwkrt @dnlwkrt
Tapi gue lagi-lagi disadarin sama diri gue sendiri kalau ini usaha keluarga yang harus gue banggakan ke orang lain. Dan ini jadi sumber penghasilan keluarga gue, yang dari tahun 1987 udah bokap dan nyokap rintis dgn banyak hal baik dan hal buruknya.
dnlwkrt @dnlwkrt
Trus apa yang gue pelajarin? Banyak. Ketika menjalankan usaha keluarga, harus banyak-banyak bersabar dan berkorban segala hal.
dnlwkrt @dnlwkrt
Harus buang jauh2 ego untuk bikin senang diri sendiri. Bikin senang orang tua dengan dagang yang baik dan benar. Bikin pelanggan bahagia dan senang, waktu mereka dapat barang dagangan yang bagus, dapat pelayanan yang baik dari gue
dnlwkrt @dnlwkrt
Cara menghargai pegawai, meski cuma 1 orang dengan tepat waktu membayar gajinya. Cara bersosialisasi dengan pedagang lainnya, bahkan dengan pedagang saingan.
dnlwkrt @dnlwkrt
Belajar untuk mengatur pola istirahat mengingat gue harus bangun pagi-pagi banget. Belajar untuk mengatur emosi kalau misalkan dagangan engga banyak yang terjual, sedangkan besoknya butuh modal yang lumayan banyak dari biasanya.
dnlwkrt @dnlwkrt
Ya itu dia. Banyak hal yang gue dapat dan gue pelajari selama gue jadi pedagang di pasar. Dan gue belajar untuk bersyukur utk semua hal itu. Bersyukur untuk engga malu lagi kalo pekerjaan gue adalah pedagang di pasar.
dnlwkrt @dnlwkrt
Gue ga pandai untuk kasih nasihat atau motivasi untuk orang lain. Gue cuma mau bilang Sekecil apapun usaha yang kamu lakukan, lakukan itu dengan bekerja keras, ikhlas dan doa. Jangan cepat menyerah di tengah jalan. Lakukan yg terbaik utk kamu dan keluarga. Selamat pagi :)
Load Remaining (7)
Login and hide ads.