0
Zara @zarazettirazr
Ya Allah presidenku @prabowo udah berapa jam pidato ngga pake baca teks, gaya bahasa runut lancar dan menggugah RASA PERSATUAN 🤗🤗🤗 aku bangga #IndonesiaMenang pic.twitter.com/joSRBsHrnf
Expand pic
URL akurat.co Pidato Prabowo, Ienas: Saya Langsung Tahu Kalau Beliau Gunakan Teleprompter Di Indonesia, tokoh yang paling diingat Ienas Tsuroiya menggunakan alat tersebut..
dian widiyanarko @duniadian
Oke karena banyak yang tidak tahu, gw twit ulang aja deh soal #Teleprompter. Bagi yang belum tahu, teleprompter itu dua kaca di depan tokoh yang lagi pidato itu lo. Itu adalah alat bantu baca bagi orang yang sedang pidato. pic.twitter.com/UaF4uybWoA
Expand pic
dian widiyanarko @duniadian
Bisa dibilang contekan atau kerpekan (bahasa Jawa) yang canggih, pengganti teks pidato. Sehingga orang yang sedang pidato tampak seperti pidato tanpa teks. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Kaca itu memantulkan layar monitor di bawahnya. Di belakang panggung ada kru teleprompter yang menggerakkan teks seirama dengan tempo pidato sang tokoh. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Di negara maju, seperti Amerika, teleprompter sudah hal yang jamak dan lama dipake para tokoh untuk pidato atau public speakingnya. Presiden Amerika selalu pidato dengan ini. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Juga tokoh lainnya. Keynote Pendiri Apple Steve Jobs yang terkenal itu pun pake prompter. Walau tidak seperti propter pidato di podium, karena Jobs harus mondar-mandir di atas panggung. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Di Indonesia sendiri masih jarang tokoh yang memakai teleprompter. Yang sering pakai sih selama ini Pak @AburizalBakrie. Bu Megawati juga sering terlihat pakai, tapi terlihat masih kaku atau belum jago, karena sering hanya melihat ke satu sisi. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Bahkan presiden kita pun masih belum terbiasa. Dulu zaman Pak SBY, sempat memakai, dikenalkan oleh timnya Andi Mallarangeng, tapi tidak bertahan lama. Akhirnya kembali ke kerpekan kertas. Pak Jokowi juga memakai contekan kertas atau teks. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Pidato dengan teleprompter memang tidak gampang. Karena harus beradaptasi baca teks di kaca atau monitor di depan yang berjalan, juga perlu gantian ke kiri dan ke kanan. Kalau mantan pembaca berita mungkin gak kesulitan. Kalau biasa baca kerpekan kan repot. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Selain itu harus kompak dengan kru prompter yang menggerakkan teks. Kalau gak kompak, dijamin ketinggalan atau kecepetan dan bubarlah pidatonya. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Belum lagi kalau ada masalah teknis. Misalnya alatnya rusak. Macet. Atau monitor tiba-tiba blank. Untuk antisipasi ini sih biasanya disediakan teks juga di podium. Tapi susah juga nyambunginnya atau beralihnya. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Bagi petugas teleprompter juga sama, kalau tokohnya rajin improvisasi mereka juga harus paham dan bisa mengikuti untuk menyambungkan ke halaman yang pas. Sebelum pidato mereka juga harus sigap mengubah teks kalau tiba-tiba ada revisi dan semacamnya. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Intinya kliknya dua pihak ini juga susah. Makanya susah juga menemukan tim teleprompter yang cocok. Ini mungkin juga alasan mereka yang tidak atau belum memakai. Walau tidak mudah, tapi pidato pake teleprompter ini bagus. Pidato akan lebih terstruktur. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Mereka yang biasa pidato ngelantur ke mana-mana juga akan bisa dihindari dengan ini. Selain itu yang melihat atau mendengar juga enak, karena si tokoh terlihat pidato dengan melihat ke audience, bukan selalu nunduk kalau baca pake contekan kertas. #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Bunusnya akan dapat pujian: “wah hebat yang pidato berjam-jam tanpa teks” hehe #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Oh iya teleprompter ini juga memudahkan wartawan atau tim socmed. Gak perlu ngerekam atau ketik ulang teks, tinggal minta file atau softcopy pidato ke tim prompter beres hehehe #teleprompter
dian widiyanarko @duniadian
Jadi, yang muji-muji bilang pidato @prabowo hebat berjam jam tanpa teks, keliru. Keliru juga yang meledek hanya karena prabowo pake #teleprompter karena itu juga tidak mudah dan tidak semua orang becus. Sampai di sini prety dan cebi paham? 😄

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.