Tetap dengan Pendapat Lamanya, Pemenang Nobel Dicabut Gelar Kehormatannya

Ilmuwan peraih Hadiah Nobel yang kini berusia 90 tahun, James Watson, dicabut seluruh gelar kehormatan ilmiah-nya oleh lembaga penelitian terkemuka Amerika Serikat
viralnow Watson international james berita serikat NOBEL amerika
0
dwi rahayu @dwirahayu7313
Tetap dengan Pendapat Lamanya, Pemenang Nobel Dicabut Gelar Kehormatannya koransulindo.com/tetap-dengan-p… pic.twitter.com/klKM5L81hU
 Expand pic

Koran Sulindo – Ilmuwan peraih Hadiah Nobel yang kini berusia 90 tahun, James Watson, dicabut seluruh gelar kehormatan ilmiah-nya oleh lembaga penelitian terkemuka Amerika Serikat, Laboratorium Cold Spring Harbor (CSHL), Jumat lalu (11/1). Padahal, ahli genetika tersohor itu telah mengabdikan dirinya pada lembaga tersebut hampir setengah abad.

Masalahnya, Watson tetap berkukuh menolak menarik kesimpulannya soal pengaruh ras dan genetik pada IQ seseorang, dengan contoh kasus manusia di Benua Afrika. Pandangannya itu juga pernah diutarakan pada tahun 2007 dan ia sempat diskors dari laboratorium yang berkantor di New York tersebut. Ketika itu, ia mengatakan, masa depan di benua Afrika secara inheren suram.

“Semua kebijakan sosial kita didasarkan pada fakta bahwa kecerdasan mereka sama dengan kita – sedangkan semua pengujian mengatakan tidak begitu,” katanya, seperti dimuat majalah Times ketika itu.

Namun, karena pendapatnya tersebut memicu kontroversi dan kecaman, Watson pun meminta maaf, sehingga gelar kehormatannya di CSHL masih berhak ia sandang. Ternyata, setelah lebih dari 10 tahun, pandangannya tersebut tidak benar-benar berubah.

Baca Selengkapnya : http://koransulindo.com/tetap-dengan-pendapat-lamanya-pemenang-nobel-dicabut-gelar-kehormatannya/

Login and hide ads.