7
πŸ¦‰ @kungfupajamas

Cryptozoologist in Parallel Universe

πŸ¦‰ @kungfupajamas
Sejujurnya slogan minum 8 gelas per hari atau 2 L per hari itu cara mempermudah yang cukup salah.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Kebutuhan cairan masing-masing individu itu berbeda-beda tergantung dengan berat badan, cuaca, dan aktivitas fisik / olahraga.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Penghitungan cairan maintenance dihitung berdasarkan rumus berat badan. Misal berat badan 70kg Untuk 10kg pertama dikali 4ml: 40ml Untuk 10kg kedua dikali 2ml: 20ml Untuk 10kg ketiga dan seterusnya dikali 1ml: berarti 70-20= 50x1: 50ml Total 110ml/jam atau 2640ml/24 jam
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Kebutuhan cairan ini juga perlu ada penambahan jika cuaca panas dan terdapat aktivitas fisik berat.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Cara paling mudah untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak adalah dengan melihat warna urin. pic.twitter.com/W2lbxPRetR
Expand pic
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Jadi bisa dikatakan tidak semua orang kebutuhan harian cairan cukup dengan minum air putih 2L.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Hitung sendiri kebutuhan cairan per jam dan usahakan setiap jam kebutuhanmu sudah terpenuhi. Sebagai perbandingan air mineral kemasan ukuran kecil adalah 330ml, tanggung 600ml, dan besar 1500ml. Ukuran berbeda beda tergantung merk.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Bukan berarti juga ketika kita minum air putih melebihi batas kebutuhan cairan itu baik terutama dalam waktu yang singkat. Karena air akan mendilusikan elektrolit yang ada di darah dalam hal ini Natrium sehingga kadar Natrium bisa menjadi rendah.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Kondisi natrium rendah ini yang dikatakan berbahaya, ada beberapa kasus kematian yang dilaporkan akibat konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak di waktu singkat.
πŸ¦‰ @kungfupajamas
Jangan sampai dehidrasi dan jangan sampai minum air putih berlebih dalam waktu singkat! Hitung kembali ya kebutuhan cairan masing-masing! PS: Unduh aplikasi untuk pengingat minum air putih lumayan membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.