Add to Favorite
0
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Halah! Yg bikin survey jelas pro Jokowi. Masih loe bahas juga. Kurang kerjaan? :p twitter.com/habibthink/sta…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kubu jokowi ini sekarang kena dilemma. Mau masang selisih yang jauh di survey" pesanan mereka takut orang ngga dateng ke TPS. Mau ngasih tahu yg sebenernya bahwa selisihnya udah tipis, takut dipakek pihak Prabowo. Dilemma. :p
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo loe percaya ama sumber gue, yg terakhir itu Jokowi cuma menang dengan selisih 5%an. Dua"nya di atas 40%. Ini bakalan close call. Makanya tiga bulan ini mesti kerja keras. Pendukung Jokowi suruh ribut di TL aja. :p
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Pikir aja dengan jernih. Kubu Ahok memang bikin blunder. Tapi mungkin ngga, blunder itu bikin kalah 16% dari yang katanya menang 5%? Berbalik 10% an dalam waktu 1-2 minggu? Ya ngga lah. Waktu release menang 5% itu ya udah kalah. Yg sekarang juga gitu :p.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Bahwa orang" dengan hasil survey ngawur itu masih dapet job, artinya ada kerjaan mereka yang ngga ngawur. Hasil benerannya. Soal publikasi ke publik kan mereka ngga bisa disalahin. Wong hasil survey itu memang jadi bahan kampanye. :)
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Gini lho, swing voters itu fenomena Amerika. Pemilih yang tidak berafiliasi pada partai (Demokrat atau Republikan). Karena secara natural afiliasi politik akan menentukan kandidat yang akan dipilih.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Beda antara Indonesia dan Amerika, pemilih di sana itu mendaftarkan diri. Kalo ngga daftar ya ngga bisa vote. Saat daftar itu mereka bisa join suatu partai. Waktu survey, pertanyaan join partai juga diajukan. Jadi swing votes itu bisa diitung dengan jelas.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Di kita yg umum digunakan itu undecided voters. Yg belum memutuskan. Di survei nya @BurhanMuhtadi angkanya 11% an (termasuk yg rahasia). Bukan 25%.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Jadi si @burhanudinmuhtadi bilang 25% swing voters itu basisnya apa? Tebak manggis? Saya menduga dia kasih pertanyaan seberapa mungkin berubah pilihan. Ya liatin dong yg banyak bakal berubah itu dari 01 atau 02. Dan dia kan bisa ngitung nett nya.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo ini dibuka, bakal pusing lagi dia. Kalo dikasih tahu yg bakal berubah itu banyak dari pemilih jokowi, gue ngakak. Kalo yg banyak bakal berubah itu pemilih Prabowo, statement selisih 20% itu belum aman jadi kontradiktif. Pusing. :p.
Login and hide ads.