Rekam Jejak Wisnu Wardhana, Mantan Ketua DPRD Surabaya yang Pernah Makzulkan Risma Hingga Terjerat Kasus Korupsi

Wisnu Wardhana terjerat kasus korupsi pelepasan dua aset berupa tanah dan bangunan milik BUMD PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim di Tulungagung dan Kediri pada 2013
Korupsi risma persebaya PWU wisniiu wardhana PT Panca Wira Usaha politician
3579 View 0 comments
Add to Favorite
0

Lama tak terdengar, nama Wisnu Wardhana kembali ramai dibicarakan. Ini menyusul penangkapan Wisnu oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya Rabu (9/1/2019) pagi tadi.

Story Video Detik-detik Penangkapan Mantan Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana, Sempat Melawan .. Eks Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana menabrak motor tim dari kejaksaan saat akan ditangkap di Jalan Lebak Jaya Kenjeran, Surabay 955 pv
Twittezen @twittezen_
Twittizen Sahred: Sempat Bersitegang, Kejaksaan Eksekusi Terpidana Korupsi Wisnu Wardhana dlvr.it/QwGQmr pic.twitter.com/SMu6R66VU4
 Expand pic
Radio Suara Surabaya @e100ss
Setelah dItangkap Kejari Surabaya di JL Kenjeran Surabaya, Rabu (9/1) jam 05.50, Wisnu Wardhana dibawa ke Lapas Porong untuk menjalani hukuman penjara sesuai putusan Mahkamah Agung (odp-pr) facebook.com/e100ss/videos/…
bitter sweet symphony @agaverus
@rasjawa koruptor ya? pdhal dpt momentum tuh buat tembak ditempat.
Fahmi Ali @fahmi_ali13
@kumparan Kerugian 11 miliyar, vonis 3 tahun penjara dan denda 200 juta. Dibagi bagi ya kayanya. 11 miliyar buat bangun warkop dapet banyak bro. @KPK_RI

Wisnu terjerat kasus korupsi pelepasan dua aset berupa tanah dan bangunan milik BUMD PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim di Tulungagung dan Kediri pada 2013. Saat itu Wisnu Wardhana menjabat sebagai Manajer Aset. Dan saat itu PT PWU dipimpin Dahlan Iskan. Kasus korupsi PT PWU ini adalah rentetan kasus yang sempat memenjarakan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

URL TIMES Indonesia 21 Ini Kasus yang Menjerat Mantan Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana | TIMES Indonesia ​​​​​​​Kejari Surabaya akhirnya menangkap mantan ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana yang terjerat kasus korupsi. Penangkapan Wisnu Wardhana di Jalan Raya

Berikut rangkuman perjalanan status hukum Wisnu Wardhana yang berakhir dengan penangkapan dramatis pagi ini, Rabu (9/1/2019):

18 Juli 2016
Wisnu Wardhana, mantan Ketua DPRD Kota Surabaya memenuhi panggilan penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, dalam perkara dugaan korupsi PT Panca Wira Usaha (PWU).

6 Oktober 2016
Status Wisnu Wardhana meningkat menjadi tersangka. Dia menolak menandatangani berita acara penahanan.

7 April 2017
Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya menjatuhkan vonis 3 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 2 bulan penjara kepada Wisnu Wardhana dalam perkara pelepasan aset PT Panca Wira Usaha BUMD Provinsi Jawa Timur. Vonis itu lebih ringan 2 tahun dibanding tuntutan jaksa. Selain hukuman penjara, Wisnu diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp1,5 miliar.

Wisnu terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara pelepasan aset PT Panca Wira Usaha di Kediri dan Tulunggagung pada tahun 2003. Mantan politisi Demokrat itu ikut bersekongkol dalam pelepasan aset saat menjabat sebagai Manajer Biro Aset di PT PWU. Pelepasan aset itu menyebabkan kerugian negara sebesar Rp11 miliar.

Perbuatan Wisnu Wardhana dianggap melanggar Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tindak pidana korupsi Jo 55 ayat 1 KUH Pidana.

Tak terima dengan putusan itu, Wisnu Wardhana menyatakan banding. Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi Surabaya kemudian mengubah vonis WW menjadi 1 tahun penjara. Atas vonis tersebut, Kejari Surabaya lantas mengajukan kasasi.

24 September 2018
Mahkamah Agung melalui putusan MA No.1085 K/Pid.sus/2018, menjatuhkan vonis 6 tahun penjara untuk eks ketua DPRD SUrabaya, Wisnu Wardhana, yang terseret kasus korupsi aset PT Panca Wira Usaha. Dia divonis pidana penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp200 juta subsider 6 bulan dan uang pengganti sebesar Rp 1.566.150.733 subsider 3 tahun penjara.

4 Januari 2019
Sunarta Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) menyatakan tengah mencari Wisnu Wardhana. Pihaknya juga telah melacak keberadaan Wisnu Wardhana. Kendati demikian, Kejati belum menetapkan mantan Ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014 itu berstatus buronan.

Kejati mengimbau Wisnu Wardhana agar segera menyerahkan diri. Putusan kasasi dianggap telah incracht (berkekuatan hukum tetap).

9 Januari 2019
Wisnu Wardhana ditangkap petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya sekitar pukul 06.00 WIB di Jalan Raya Kenjeran, tepat di depan pintu gang Lebak Permai II, Surabaya. Proses penangkapan diwarnai aksi kejar-kejaran. Mobil Daihatsu Sigra yang ditumpangi Wisnu juga menabrak dan melindas sepeda motor milik petugas. Saat ditangkap, Wisnu tengah bersama putranya.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Wisnu dieksekusi ke Lapas Porong untuk menjalani pidana 6 tahun sesuai putusan Mahkamah Agung.

URL http://suarasurabaya.net Perjalanan Wisnu Wardhana, Sempat Menolak Ditahan Malah Ditangkap di Tengah Jalan Kasus hukum pelepasan aset pemerintah oleh PT. Panca Wira Usaha BUMD Provinsi Jawa Timur bergulir sejak tahun 2016 lalu.

Siapakah Wisnu Wardhaba? Wisnu Wardhana diketahui merupakan Mantan Ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014.

Gen 103.1 Fm @gen1031fm
#InfoGen1031Fm Wisnu Wardhana (mantan Ketua DPRD periode 2009 - 2014), terpidana kasus penjualan aset PT Panca Wira Usaha yang menjadi buronan sekitar 2 minggu oleh Kejari Surabaya sudah dimasukkan ke Lapas Porong sekitar pukul 08.30.
syahrizal @SyahrizalReza20
@HoofdbureauID @muhtauf09 Mantan ketua dprd surabaya wisnu wardhana ditangkap karena kasus korupsi pic.twitter.com/DWoteKql2v
 Expand pic

Sosok Wisnu memang familiar bagi warga Surabaya. Selain karena pernah menjabat ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014, mantan pejabat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jatim ini juga pernah berseteru hebat dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Tahun 2011 silam, Wisnu pernah menggalang hak angket di DPRD Kota Surabaya untuk memakzulkan Tri Rismaharini. Pemakzulan ini bahkan telah dilayangkan ke Menteri Dalam Negeri yang kala itu dijabat Gemawan Fauzi. Namun, upaya itu gagal. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai dasar pemakzulan Risma tidak kuat.

Budi Hartono @budih83
@MataNajwa salah satu yg terkorup adlh wisnu wardhana. Mantan anggota dprd sby yg berusaha melengserkan bu risma tp akhirnya dia yg lengser
antokarief @antokarief
Wisnu Wardhana, ketua DPRD Sby yg dulu berusaha meng-impeach walikota Risma, akhirnya dipecat dari partai.
Nico Leopold @nicoleopold
Fraksi Demokrat DPRD Sby sebenarnya menolak pemberhentian Risma sbg Walikota.Tapi oleh Ketuanya,Wisnu Wardhana dibelokan,menjadi menyetujui

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat memberhentikan Wisnu Wardhana dari keanggotaan partai sekaligus mencopotnya dari jabatan Ketua DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur. Wisnu dipecat karena dinilai tidak aktif dan tidak loyal terhadap partai.

DPP Demokrat juga mencopot Wisnu dari jabatan Ketua DPRD Kota Surabaya. Selain Wisnu, Ketua Badan Kehormatan DPRD Surabaya Agus Santoso juga diberhentikan. Wisnu diberhentikan karena dinilai telah melenceng dari garis partai. Selain tidak aktif, dia juga pernah berupaya memakzulkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta mengikuti acara partai lain.

URL www.surabayapagi.com Dipecat, Wisnu Wardhana Melawan SURABAYA - Ketua DPRD Surabaya yang juga ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya Wisnu Wardhana diusulkan dipecat dari keanggotaannya sebagai kader partai Demokrat. Keputusan ini diambil dalam rapat pleno DPD Partai Demokrat Jawa Timur kemarin ( 04/02).
A. Rizqi Ruvantama @ARuvantama
Lawannya bu Risma preman macam Wisnu Wardhana,mau gamau emang takdirnya dipukul mundur #SaveBuRisma

Kendati demikian, tetap saja Wisnu mendapat tempat baru. Keluar dari Demokrat, Wisnu pindah ke Partai Hanura. Di partai besutan Wiranto ini, Wisnu bahkan menduduki posisi sebagai ketua DPC Hanura Surabaya.

Load Remaining (11)
Login and hide ads.