Add to Favorite
0
that tv boogeyman @Muthia911
Oh good God, FINALLY. Setelah ribuan headline dari berbagai angle memberitakan VA & AF, H+2 penggerebekan, baru diungkap nama si pemesan. Penetapan status saksinya sama, malunya tetap duluan yang perempuan. :) m.detik.com/news/berita-ja…
URL detiknews 3473 Rian, Pemakai Jasa Vanessa Angel Pengusaha Tambang di Lumajang Polisi akhirnya membeberkan latar belakang pria yang menyewa jasa prostitusi Vanessa Angel. Rian merupakan pengusaha yang memiliki pertambangan di Lumajang.

Sebelumnya, pihak penyidik sempat memeriksa Rian usai digerebek di salah satu hotel di Surabaya dengan Vanessa Angel. Namun pemeriksaan tersebut hanya berlangsung beberapa jam. Setelah itu, polisi melepas Rian karena statusnya hanya sebagai saksi.

"Karena tidak ada undang-undang yang menjerat. Sementara kita periksa sebagai saksi. Pasalnya yang kita terapkan muncikari, karena penyedianya kan muncikari," pungkasnya.

Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Setuju sih sama poinnya, setuju juga bahwa harusnya kalau mau dibikin malu, entah laki atau perempuan nya dibikin malu bersamaan, tapi kasus kayak gini jadinya dilematis gak sih? 🤔
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Ya poinnya bukan dulu-duluan dibikin malu. Tapi justru lindungi identitas keduanya, innocent until proven guilty, asas praduga tidak bersalah. Dalam KUHP, Mucikari yang bisa terjerat pidana, selebihnya hanya bisa dengan delik aduan dari yang dirugikan (e.g. istri si pemesan);
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Salah satu tujuan Jurnalistik kan mengikutsertakan warga dalam penyelenggaraan pemerintahan, become watchdogs; Itu mengapa, what’s the point of publishing the name anyway, kan tidak berpengaruh pada proses hukum yang ingin dipantau warga yang nonton/baca? (Kan ceweknya artis!) 😔
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Tapi kalau diikutin kasusnya, disini polisi menjeratnya bukan pakai pasal 284 KUHP (ttg zina/perselingkuhan), tapi pakainya pasal 45 UU ITE (ttg pendistribusian konten elektronik). Dan kalau mau pakai pasal 284, aduannya harus absolut. Harus dari istri yg "merasa" dirugikan.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Tapi coba pakai lensa ini: "Mungkin justru karna dia artis. (?)" Publishing the name mgkn ingin ngasih kesan kpd org (awam terutama) bahwa: "prostitusi online (dgn artis) itu exist lo. Jadi hati2." Jadi baik artis, suami, istri, dan siapapun yg ingin terlibat, mikir 2x dulu deh.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 (1) Poinnya sih, mungkin mencoba melihat kasus ini dari berbagai lensa. aku setuju dgn lensa mu bahwa disini kok perempuan nya di diskriminatif bgt ya, tapi coba liat pakai lensa penegak hukum dan efek yg ingin di timbulkan ke masyarakat.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 (2) Biar seimbang dan gak bias. Makanya solusi ku, biar gak diskriminatif, harusnya identitas keduanya dikasih tau bersamaan. Biar malunya bersamaan, biar di julid-in masyarakat se-Indo bersamaan. 😅 Setiap lensa yg dipakai untuk ngeliat kasus ini gak salah...
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 (3)... Tapi baiknya sih pakai banyak lensa yg di gunain, biar gak bias dan juga... Nambahin wawasan. 😅 Nice have a good convo with u btw, good morning and have a nice day.
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr ya kembali poinku, pakai delik aduan. Tapi begini, justru karena menggunakan UU ITE, ingat, bukan karena konten porno, tapi Mucikari yang dengan sengaja mempromosikan, distribusikan “informasi elektonik” menggunakan peranti elektronik. Siapa yang bisa dijerat pasal ini? Mucikari.
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Apa efek yang ingin ditimbulkan, memang? Efek jera? Apa kalau hanya menyebut bahwa dia artis tidak cukup? Apa harus pointing names sehingga malunya ditanggung ybs yang secara consent boleh memilih tujuan/pekerjaan hidupnya, dan melakukannya lagi-lagi secara consent?
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Soal kejahatan siber, iya. Tapi soal prostitusi, we can just agree to disagree. Walaupun salah secara norma, proses prostitusi tidak bisa dikriminalisasi karna itu hak. Sama halnya VA tidak perlu minta maaf, krn dia tidak merugikan siapa2, itu hak dia memilih jalan pekerjaan itu.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Tapi masalah dgn delik aduan adalah: hanya Istri yg sah, yg dapat melaporkan kalau dirasa "merugikan". Kalau misal: (siapa tau loo ya) istrinya gak merasa dirugikan, gimana? Siapa tau istrinya tipe yg: "asalkan dikirimin uang dan bisa belanja tiap bulan, gue gak masalah."
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Makanya, ini juga aku bingung. Kok mbak VA ditangkep, padahal kalau di Twitter, banyak penyedia jasa kayak gitu aman2 aja. Dan masalah prostitusi online, ini kan udah bukan hal yg tabu di masyarakat yg melek internet. Asal punya uang, saat ini juga kalau mau, bisa langsung main.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Makanya, menurutku sih: "Apa mbak VA dijadiin scapegoat ya?" Kayak teori yg bilang: "coba deh kita potong puncaknya, siapa tau batang pohon dibawahnya mati." Mungkin kesan yg ingin dikasih: "Duh, artis aja ketangkep loo, apalagi gue yg cuman panggilan ke hotel." (Misalnya)
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Ya aku juga setuju, prostitusi sebaiknya gak diskriminatif, wong dia bayar pajak kok. Tapi balik lagi, (dan ini narasi yg aku agak males sih) bahwa kita negara dgn adat ketimuran, mayoritas islam dan bla bla bla. Kayak: gak bisa apa ya sesekali bahasnya dari sudut pandang lain.😑
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Balik lagi perihal 'dilematis'. Kita-kita juga yang bikin, berlindung dibawah hegemoni “kita=adat ketimuran”, sehingga abai akan hak bernegara. Kalau guna ekspos identitas hanya u/ efek jera&dijulidin, jelas ga adil. Mereka bukan koruptor, kecuali bayar jasanya pake uang negara.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Let me hear your opinion about this case. So.. What is your suggestions? Thanks for good convo (or can I say it as a healthy debate?) I love the way your brain work.
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Dalam SOP, jurnalis dilarang sebut nama mereka smp dijadikan Tsk. Innocent until proven guilty. But, this case in particular, nama VA dirilis langsung oleh yg berwenang, di hari penangkapan. Ini yang kemudian membuat jurnalis abai dengan Kode Etik Jurnalistik (pasal 5) (cont'd)
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Logika: "Gapapa dong disebut, kan pihak berwenang sudah rilis" <-- yang demikian tidak salah juga. Kode etik mau tidak mau ya dilangkahi. Suggestion: Ga mau menyudutkan siapapun, tapi jelas pemahaman perlindungan identitas penting digigit scr komprehensif oleh semua kalangan.
Severus Snape @aliannorrr
@Muthia911 Memang dalam SOP jurnalistik, ada batas waktu gak sampai kapan kita boleh meng-anonymous kan seseorang? Karna seingetku, gak ada deh berita yg gak ketemu pelaku (atau scapegoat) nya. Padahal bagi media sekarang, pendapatan dari clickbait itu gak kecil lo. 🤔
that tv boogeyman @Muthia911
@aliannorrr Kan konteksnya peningkatan status ybs.. Bukan pengembangan kasus lalu ketemu Tsk baru. Pada hakikatnya, selamanya dia harus anonim, jika statusnya bukan Tsk. Bedakan "Penangkapan VA & R, status: saksi, setelah penyidikan 1x24 jam: dibebaskan tapi wajib lapor." <-- Jadi, Tsk ga?
Load Remaining (2)
Login and hide ads.