6
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Setelah pabrik pembuat teh Sariwangi bangkrut, kini menyusul produsen Taro Snack yg terancam pailit. Taro bilang nggak sanggup lagi bayar utangnya yg total ratusan miliar. Wadoh. Bisnis itu memang kadang brutal dan tak kenal belas kasihan. pic.twitter.com/V121EbQuLb
 Expand pic
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
What went wrong dengan Taro - sebuah merk snack yg cukup melegenda di kalangan anak2 dan kaum remaja?
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Kasus pailitnya Taro ini karena bisnis lainnya yakni jualan beras oplos dilarang pemerintah. Dulu kan rame tuh. Jualan beras premium yg ternyata cuma oplosan. Profitnya gila2an. Setelah ketahuan, bisnisnya nggak boleh diteruskan. Mati deh. Pemiliknya satu induk dg Taro.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Bisnis Taro hanya sumbang 25% dari pendapatan. Mayoritas income didapat dari jual beras hoax alias beras premium tapi ternyata oplosan doang. Setelah bisnis beras oplosannya mati, ya hancur pendapatannya. Tp mrka telanjur sdh hutang ratusan milyar buat ekspansi. Tewas deh.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Jadi Taro Snack ini jatuh bukan karena nggak laku. Brand image masih bagus. Jualannya lancar. Mrka jatuh krn induknya gagal bayar hutang gara2 kena kasus beras oplosan.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Yg paling bahaya dari bisnis itu adalah spt ini : agresif melakukan hutang buat biayai ekspansi bisnis. Tp mendadak jalan bisnisnya tak sesuai harapan. Hutangnya jadi macet. Gagal bayar. Sama krediturnya pasti akan di-pailitkan. Aset2 disita. Termasuk rumah pribadi. Scary.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Kalau perusahaan terjebak hutang masif dan seret bayar, maka biasanya akan ajukan debt restructuring. Istilahnya keren. Artinya sih : gali lubang tutup lubang. Cari utangan baru buat nutupin utang lama yg macet. Contohnya Garuda Indonesia dan Grup Bakrie.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Taro Snack jg upayakan debt restructuring. Minta penjadwalan ulang. Atau lagi cari utang baru buat nutup utang lama. Para kreditor atau yg kasih pinjaman sdh gak sabar. Wong sdh lama nunggak kok. Para kreditor ini misuh2 : debt restructuring gundulmu alus....
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Pelajarannya : kalau mau bisnis, upayakan jangan gunakan uang dari hutang. Apalagi pake hutang KTA tanpa agunan dg bunga selangit. Tidak barokah dan berbahaya. Juga kalo bisa jangan utang sama teman atau sodara. Acapkali soal utang ini bisa merusak persahabatan dan silaturahmi.
Haii end🐣 @endahwyn
@Strategi_Bisnis Kemaren pas cari tugas mata kuliah tentang pailit ada nih artikelnya m.detik.com/finance/bursa-…
Random Wisdom @randomwisdom_id
@Strategi_Bisnis Analisa udah bener, kesimpulan salah. Yang salah itu pengelolaan uang, kok hutang (sumber uang) yang disalahin? Kalau salah ngelola uang, walaupun sumbernya dari hasil jual tanah sawah sendiri pun bangkrut juga.
Widiayanti @wita_yozarr
@KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Hahahahhaa. Mantul Pak. Akun ini emang lucu. Dari warisan aja bisa bangkrut. Sumpah lucu banget kl ngaku ahli strategi bisni tapi alergi hutang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Chel @soberingg
@wita_yozarr @KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Kalo mba/mas nya lebih ngerti tolong bikin akun demikian dong, jujur saya tertarik sm akun strategi gini. Terlepas dr itu banyak sekali komen negatif nya, saya jd bingung sebenernya yg bener siapa.
Widiayanti @wita_yozarr
@soberingg @KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Saya gak negatif. Cuma kritis dalam hal sering loncat kesimpulan. Dulu2 sih kayaknya nggak. Apa mungkin ganti admin. Misal yg ini kl ahli strategi bisnis, utang bukan sesuatu yang ditakuti. Kl mau tau kenapa mereka pailit, bisa baca di portal berita yang lebih valid.
The Unschool Kartika @kartikask
@wita_yozarr @soberingg @KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Iya setau gw utang emg wajar bgt dr sebuah perusahaan krn kalo ga ngutang (apalagi ke bank yg bs kasih pinjeman gede) ya usahanya gabisa expand. Toh harga jual produk Taro (misalnya) pasti udh termasuk biaya bayar utangnya itu
OldGru @Mertosari
@kartikask @wita_yozarr @soberingg @KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Malah setahu saya pengusaha mengandalkan utang. Hasil bersihnya dijadikan aset. Ntar dr aset dipakai ngutang lagi..
Β’ @cunrious
@Strategi_Bisnis aku udah bantu jihad harta kemaren beli taro 1 bungkus gede di indoapril
BahruddinMuh #BEJO # @BahruddinMuh
@Mertosari @kartikask @wita_yozarr @soberingg @KembaraFaqir @Strategi_Bisnis Ini sih mirip2 sama yg komplen kok negara utang terus. Klo emg real bussinessman ya emg gk lepas dr utang. Perusahaan mna segede apapun, sekaya apapun ownernya, pasti utang! Tp klo yg ngmng utang dr seorang karyawan biasa, ya emg mindsetnya: utang = salah!
Login and hide ads.