Tawa Kebahagiaan di Candi Borobudur

Ini liburan akhir tahun ala Emak² Rempong yang susah mendapatkan jadwal libur. Meski liburannya singkat, tapi seru dan deg²an. Lho?!
PesonaCeritaAkhir2018Awal2019 women FAMILY KIDS
ummibindya @ummibindya
TAWA KEBAHAGIAAN DI CANDI BOROBUDUR . Gak pernah sekalipun aku bercerita di twitter. Tapi ini momen langka dan gak boleh hilang dari ingatan. Jadi, aku mau share pengalaman berlibur bersama keluarga di Candi Borobudur akhir tahun kemarin #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Sebenarnya liburan kemarin tuh gak direncanakan. Terjadi begitu saja. Awalnya kakakku berencana mau nengokin anaknya di Jogja, sekalian ngejemput. Pas banget Abang juga lagi tugas di Kota Gudeg itu #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Aku pun nanya ke Abang, "Tahun kemarin kita Tahun Baruan di Jogja, tapi gak bareng Kakak Bin. Kira² akhir tahun ini bisa gak ya liburan ke Jogja lagi?" Seperti biasa Abang cuma ngebales, "Insya Allah bisa kalau memang ada rezekinya." #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Aku diam seribu bahasa. Sebagai seorang ibu, keinginanku untuk berlibur bersama kedua putriku begitu besar. Namun aku menyadari kondisi keuangan keluarga kami pas-pasan. Aku hanya bisa berdoa ... #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Hingga kemudian kabar bahagia itu datang. "Alhamdulillah Abi dapat rezeki di Jogja," kata Abang mengabari, "Setelah ini, Abang juga dapat tugas ke Jakarta dan insya Allah ada rezekinya juga." Aku pun langsung menunduk syukur #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Dan kabar kebahagiaan itu datang juga dari kakakku bahwa @KAI121 sedang ada promo akhir tahun, asal membeli tiketnya pakai KAI Access. Aku segera mengabarkannya pada Abang #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Singkat cerita, setelah aku memberikan jadwal liburku dan anak-anak, Abang memutuskan untuk segera membeli tiket kereta api Bandung-Jogja PP sebelum kehabisan. Dan ... berhasil! #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Meski kemudian aku memukul kepala sendiri karena liburannya cuma dua malam saja di Jogja. Wajar saja karena paket promo KAI waktunya terbatas. Kalau lebih dari dua malam biaya transportasi jadi membengkak #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Bayangin aja, berangkat dari Bandung sore, sampai di Jogja tengah malam. Istirahat sebentar sampai pagi dan hari pertama bisa jalan². Hari kedua terbatas sampai jam 9 malam karena jam 11nya sudah harus naik KA kembali ke Bandung #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Baiklah, itu urusan nanti. Rencana awal ternyata berubah. Abang mendapat tugas tambahan di Jakarta, artinya dia bakal 'stay' lebih lama dan mepet banget dengan jadwal pemberangkatan ke Jogja dari Bandung. Wuih! #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Kami pun berdiskusi, dan berkesimpulan ... Abang akan berangkat langsung dari Jakarta ke Jogja. Sedangkan aku harus berangkat sendiri dari Bandung membawa 4 anak-anak #Glek #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Oya, selain kedua putriku (Kakak Bin dan Adik Anin), aku juga ketitipan 2 anak adikku sendiri (Arkis & Arvi). Mereka berempat memang sudah kompak. Kakak Bin dan Arkis kebetulan satu pesantren, sedangkan Adik Anin dan Arvi temen cees #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Aku galau ... karena gak terbiasa pergi jauh sendiri. Biasanya selalu ditemenin Abang. Dulu pernah ke Jakarta sendiri. Berani, karena cuma sendiri. Yang kedua waktu ke Bogor, bawa 2 anak. Terpaksa berani! Jadi ... aku tuh sebenarnya penakuuut 😢 #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Pada akhirnya, seperti biasa, Abang menguatkanku. "Insya Allah Ummi bisa. Lagian ini kan naik kereta, dijamin aman sepanjang perjalanan. Ada 1 bangku kosong punya Abi, jadi lebih lega. Sampai di Jogja, langsung pesen taksi online." Aku mengangguk #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Bismillah. Aku menguatkan diri. Pada hari H, hujan deras melanda Bandung. Rumah sudah kebanjiran, anak² susah diaturnya. Meski diawali emosi, aku berhasil sampai St. Kiaracondong tepat waktu. Alhamdulillah #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Pukul 7 malam, Abang mengirim pesan, "Kereta Abang baru berangkat, Ummi dah sampai mana?" Aku menjawab sudah sampai Garut. Aku pun langsung curhat soal keberangkatan tadi. Aku menangis dalam hati #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Abang kembali menguatkan, "Ummi hebat. Ini Abi sambil kerja di kereta. Lagi ngetik satu artikel lagi sekalian buat lomba. Siapa tahu menang." Aku mengamini. Badan sudah letih. Anak² juga makin berkurang aktivitasnya. Satu persatu mulai lelap #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Hatiku masih deg-degan saat aku dan anak² sdh sampai di Jogja. Tengah malam, tepatnya jam 1. Abang rencananya sampai jam 3. Segera kupesan taksi online. Lega rasanya saat taksi tsb muncul di hadapan. Aku ingin segera tidur lagi di rumah Mamah Alit #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Ya, tujuan awal untuk menginap sementara adalah di rumah Mamah Alit, yang lokasinya tdk jauh dari Malioboro. Suami Mamah Alit (Om Suwandi) adalah kemenakan almarhum Bapak. Beliau sdh seperti keluarga sendiri. Om Suwandi wafat setahun setelah Bapak #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Tanganku bergerak², seperti ada yang menggoyangkan. Saat kubuka mata, terlihat Abang tersenyum manis. Abang sudah sampai. Aku menggeliat. Pintu rumah sudah dibuka oleh Mamah Alit. Di sampingku, anak² masih tertidur pulas #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Abang langsung mandi. Katanya, "Abi tadi jalan kaki dari stasiun ke sini, sekalian olahraga." Dasar. Cuaca Jogja memang agak panas, jika dibandingkan dengan Bandung. Setelah Abang mandi, aku ikut mandi setelah diselang Mamah Alit #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Jogja kembali terang dan Mamah Alit sudah menyediakan sarapan. Anak² masih tidur meski tadi sudah dibangunkan untuk shalat Subuh. Biasalah. Aku dan Abang pun berusaha keras agar mereka semua bangun dan langsung mandi #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Rencana pertama adalah ke Candi Borobudur dan untuk menuju ke sana sudah memesan mobil sewaan. Kalau berangkat agak siang, tentu gak bakal nyaman karena bakal panas pisan. Meski diawali drama pagi anak² akhirnya jam 8 kami sudah meluncur di jalan #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Anak² bersuka cita selama di mobil. Jarak dari pusat kota Jogja ke Magelang sekira lebih dari 1 jam. Kami pun sempat membeli perbekalan di minimarket, terutama minuman. Cuaca sudah terasa panas, anak² bakal gampang kehausan #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
ummibindya @ummibindya
Akhirnya ... kami pun sampai di Candi Borobudur. Destinasi impian kami semua. Abang saja katanya belum pernah. Aku pernah, tapi duluuu banget saat masih kecil. Sudah lupa. Anak² apalagi, belum pernah sama sekali #PesonaCeritaAkhir2018Awal2019
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!