11
. @ainturbuzines
Bahaya nyimpen struk atm, belanjaan di dompet!!! -sebuah utas.
. @ainturbuzines
Awalnya aku juga gatau kalo nyimpen struk ATM, belanjaan di dompet ataupun di tempat tertentu buat di koleksi itu ternyata bahaya buat kesehatan.
. @ainturbuzines
Cerita awal aku tau kalo itu bahaya dari dosenku pas dia ngajar di kelasku, awaklnya dia ngejelasin macem2 printer dan tiba2 beliau tanya "Siapa dari kalian yang suka nyimpen struk belanjaan, struk atm di dompet buat di koleksi?" Dan temenku banyak tuh yang angkat tangan.
. @ainturbuzines
Dan dosenku bilang kalo nyimpen struk atm atau belanjaan yang kita sering simpen buat koleksi itu bahaya. Temen-temenku juga banyak yang gatau kenapa bahaya, kan sama-sama kertas. Ternyata kertas yang dipake buat mesin atm, struk belanjaan dan sejenisnya itu dari thermar paper.
. @ainturbuzines
Hasil penelitian menunjukan kalo sebagian thermal paper mengandung bahan kimia yang membahayakan bagi tubuh, karena bisa memicu terjadinya kanker.
. @ainturbuzines
Banyak dari bank , swalayan dan mall make thermal paper ini, dia ini ga pake tinta. Gakebayang kan kalo atm tiap harinya yang ngeluarin struk transaksi yang di print pake tinta. Bakalan ngeluarin banyak biaya dan ga efisien banget. Maka dari itu digunakan thermal paper ini.
. @ainturbuzines
thermal paper sendiri adalah kertas yang diresapi dengan bahan kimia dan bakalan berubah warna kalo udh kena panas. Itu kenapa kalian kalo udah nyimpen kertas itu terlalu lama di dompet tulisannya lama-lama bisa ilang gitu aja kan? Nah itu karena efek panas itu sendiri.
. @ainturbuzines
Dosen aku ga ngejelasin detail penelitian tentang bahayanya thermal paper ini gimana jadi aku coba cari-cari sendiri. Dan hasilnya yayasan konsumen di Taiwan melakukan pengujian sama beberapa thermal paper yang biasa digunakan.
. @ainturbuzines
Sampel tersebut diambil dari 7 merk kertas faksimili yang dijual di toko-toko, 20 sampel struk dari ATM, kantor pos, pusat perbelanjaan dan mal yang ada di Taiwan.
. @ainturbuzines
Hasilnya, sekitar 6 persen sampel thermal paper yang diuji mengandung BPA. 18 dari 28 sampel yang diuji mengandung zat kimia tsb dengan kadar antara 10 hingga 50 ppm (parts per million).
. @ainturbuzines
Selain dikenal sebagai zat kimia yang bisa mengacaukan hormon, BPA juga dikaitkan dengan penyakit kanker, obesitas dan pubertas dini. Serem kan :( buruan buang tuh struk jangan dikoleksi :(
. @ainturbuzines
Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika Serikat (US Environmental Protection Agency) juga pernah menguji kandungan BPA dalam thermal paper, khususnya struk ATM.
. @ainturbuzines
Pengujian menunjukkan, 2,5 mikrogram  BPA akan terpapar dari struk ATM ke tangan manusia jika struk tersebut dipegang selama  sekitar 10 detik. Paparan ini akan meningkat hingga 1,5 kali jika struk ini diremas-remas oleh tangan.
. @ainturbuzines
Negara-negara di dunia sendiri mulai menyadari akan acaman BPA terhadap kesehatan. Kanada melarang penggunaan BPA dalam botol susu pada 2008, sedangkan Uni Eropa juga nentuin batas legalnya BPA buat kontainer plastik sebesar 30 ppb.
. @ainturbuzines
Otoritas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) sendiri pada tahun 2008 menyatakan bahwa BPA adalah zat yang aman. Tapi FDA juga mengkhawatiran rekesehatan yang ditimbulkan zat berbahan polikarbonat yang banyak dipakai dalam kemasan plastik itu.
. @ainturbuzines
Dalam pernyataannya, FDA pernah mengatakan BPA berpotensi membahayakan otak, menyebabkan gangguan perilaku, serta menimbulkan efek serius pada kelenjar prostat janin, bayi dan anak-anak.
. @ainturbuzines
Aku kaget banget sih pas baru tau ini, padahal dulu aku suka banget koleksi struk-struk belanjaan di dompet sampe tulisannya udah ilang semua. Ternyata sebahaya itu, dan btw fungsi di setiap ATM selalu ada tempat sampah di samping mesin itu karena emang struk transaksi -
. @ainturbuzines
Itu harus segera kamu buang bukan dibawa pulang terus dikoleksi :( Semoga thread ini bisa bermanfaat ya, soalnya serem banget sih dampaknya. Ayo udah mulai sekarang kalo mau ambil uang ataupun transaksi di ATM dll lebih baik buktinya difoto aja, kertasnya dibuang -
. @ainturbuzines
Mending memori full dah daripada kesehatan kamu jadi taruhannya. Btw aku itu lengkapnya nyari di artikel. Jadi kalo ada yang lebih tau tentang ini dan aku ada salah tolong dikoreksi ya. Terimakasih💛
. @ainturbuzines
Bagi yang tanya kalo kertas nonton gimana. Kata dosenku yang bahaya tu kalo kertas yang disimpen lama tulisannya bisa ilang semua gitu. Selama kertas nonton biskop kamu aman2 aja itu bukan pake kertas thermal. Aku nih ada tiket nonton di movimax dan aku rasa dia ngeprintnya -
. @ainturbuzines
Pake tinta soalnya so far gaada yg berbeda. Tapi beda pas aku liat kertas nonton di bioskop satunya. Udh ilang abis bener dah tulisannya. pic.twitter.com/EcjqQRUvqg
Expand pic
. @ainturbuzines
Kalo aku salah tolong plis banget dikoreksi aku cuma pengen berbagi sama apa yang udh aku tau dari dosenku. Pas tau bahayanya kek egois banget kalo aku ga share sama kalian. Cuma kalo emang ada yang salah tentang apa yang aku tuliskan dan kalian lebih tau lengkapnya gimana
. @ainturbuzines
Pls drop in these thread i'll be so thankful for that. 💛 Kalaupun nanti ada pertanyaan yang akupun juga ga terlalu paham aku usahain tanya sama dosenku. Cuma hehe dosenku sangat cuek di chat jadi ku usahakan ketemu langsung aja. Yha malah curhat. Yauda deh gitu aja.
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.