4
Habibur Rahman @se18po
2019? Yuk, Jadi penghafal Al-Quran. . . . Ini sebuah Thread, untuk menjadi penghafal Al-Quran. InsyaAllah
Habibur Rahman @se18po
Saya minta tolong jangan lanjutin Thread ini jika kalian sendang di kamar mandi. Terima kasih
Habibur Rahman @se18po
بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 1) Waktu. Jika kalian masih sekolah atau bekerja, ini bukan masalah untuk menjadi penghafal Al-Quran. Saya punya rekomendasi waktu yang ter-afdol untuk hafalan.
Habibur Rahman @se18po
ambil waktu untuk menghafal Al-Quran di waktu tahajud, ini paling best untuk menghafal lanjut lagi hafalan kita sampai sholat subuh, atau mungkin kita mulai menghafal di waktu Ashar.
Habibur Rahman @se18po
to be honest, saya juga belum maksimalkan hafalan di waktu yang saya sebutkan di atas. Tapi insyaAllah saya akan memakdaan diri saya untuk di waktu best itu
Habibur Rahman @se18po
oia kelupaaan, sebelum nya kita harus punya guru juga yak untuk mengoreksi hafalan kita. bener salah makhraj nya atau hal lainnya.
Habibur Rahman @se18po
2) murnikan niat. Jangan sampai niat kita menjadi penghafal Al-Quran untuk pamer atau sebaginya yah, naudzubillah.
Habibur Rahman @se18po
4) Target. Target di bentuk untuk memaksimalkan ikthiar kita. Saya target bulan ini hafal juz 30 semoga Allah mempermudahnya dalam penghafalan. Aamiin, target ini di bentuk senyaman kalian nyah sebulan hafal dua juz atau gimana.
Habibur Rahman @se18po
Okayy, kita akan lanjut ke metode nya. Semoga Allah memudahkan kita dalam menghafal Al-Quran dan mengamalkan nya. Aamiin
Habibur Rahman @se18po
Saya ambil contoh yah, kuta mau menghafalkan surah Al-Waqiah. Kita mulai dari, ayat pertama sebanyak 10x lanjut ayat kedua 10x lanjut lagi ayat ketiga 10x, Jadi perayat itu kita ulang 10x
Habibur Rahman @se18po
Sudah mengulang udah ayat ke lima di surah Al-Waqiah coba di praktekan baca dari ayat 1-5 kalo bisa di rekam yah, pas selesai rekamanannya diputer dicek bener tidak panjang pendeknya makhraj nya dll.
Habibur Rahman @se18po
Udah diulang 10x tapi tetap ga hafal hafal juga kadang suka lupa di ayat 15 (pertengahan surah/juz) kalo begini tambahkan lagi mengulangnya yang tadi nya 10x coba deh 15x atau 20x.
Habibur Rahman @se18po
Kalo kata guruku kalo kita sudah coba tapi masih susah mungkin Allah sedang mengugurkan dosa kita.
Habibur Rahman @se18po
Metode ini memang cape, jika sudah terasa cape istirahat makan atau minum jika sudah lanjut lagi, kata guruku kalo sudah ngantuk tidur saja, dan kata guruku hafalan Al-Quran itu lupanya cepet bagaikan unta yang pergi (cepat)
Habibur Rahman @se18po
Untuk menjaga agar tidsk kelupaan mungkin kita bisa mendengarkan murotal (juz/surah) yang kita hafalkan. Ini juga bisa metode hafalan kita dengan cara mendengar
Habibur Rahman @se18po
Sholat dhuzur hela lur, lanjut nanti ya hehe. InysaAllah selanjutnya saya kasih tau metode gimana sih hafalan yang bisa tau ini ayat keberapa, di surah apa, posisi ayatnya dimana dan sebagainya.
@shincIair
@se18po maaf mau nambahin, kalo bisa bagian Al Quran sama niatnya di spesifikkan soalnya juga penting, kayak : Niat itu ada niat tersendiri doanya buat baca Al-Qur'an, atau nggak ya niat lain juga gapapa. Buat Al Qur'an, usahain sepanjang waktu ngafalnya pake al quran yang sama
@shincIair
@se18po jadi mushaf/lembarnya itu bisa sama. soalnya berpengaruh juga sama hafalan nanti, kalo nggak sama pun atau udah jelek usahakan nanti beli alquran yang sama atau sama tafsirnya misalnya syahmil > tetep syahmil. abis itu pake alquran yang ukurannya sedang, nggak terlalu kcil/bsr
@shincIair
@se18po dan kalo bisa pake al quran tajwid yang berwarna itu, kalo bisa sebelum menghafal juga tajwid udah mantep dan diluar kepala sih, kalo nggak ya susah juga.
Olip. @dex_olive_
@se18po Makasi tipsnya yaa. Jujur aku jatuh bangun jdi penghapal, hehe. Entah krna masih banyak dosa dan belum menutup aurat sempurna, jadi masih serba sulit, hehe. Even aku udah konsul ke beberapa hafidzah dan ngikutin cara mereka, trus nyobain dan nyerah. Cara kamu boleh juga deh.
dinsdagtwaalf @Amalialvgn
@se18po Asli bener bgt hafalan Qur’an cepet bgt lupanya, kata ustadzku dulu “lebih sulit menjaganya dibanding menghafalnya” and it’s trueeee.. kejadian sama diri sendiri! :(
hmmm @upilsapi
@se18po Paling berat jadi penghafal alquran tuh menjaga hafalannya. Serius itu berat bgt.kadang aku suka takut kalo hafalan lupa semua.
★lost star★ @hydrogreen
@se18po ngejaganya itu susahnya masyaAllahh. dan pasti adaaa aja ujiannya buat calon hafidz&hafidzah...
Login and hide ads.