0
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Kalau sampai si HS lepas dari hukum karena tidak ada bukti, gua sebagai laki-laki harus belajar lempar pisau. Jadi kalau anak perempuan gua nantinya diperkosa, langsung aja gua lempar pisau kepala pemerkosanya. pic.twitter.com/nrfiYlkeZZ
 Expand pic
URL IDN Times 72 Kasus Pemerkosaan Mahasiswi UGM Terancam Dihentikan Pelaku belum juga ditetapkan jadi tersangka, ada apa?

Menurut Yulianto, Polda DIY menerima laporan dari Arif Nurcahyo atas nama Universitas Gadjah Mada terkait kasus dugaan pemerkosaan tersebut pada 9 Desember 2018.

Saat ini, proses hukum kasus tersebut telah ditingkatkan ke tahap penyidikan dengan memeriksa sejumlah saksi termasuk HS yang dipanggil pada 17 Desember 2018 sebagai saksi terlapor. Yuli tidak dapat memperkirakan lama waktu penyidikan itu.

"Sudah dipanggil bukan diinterogasi, berati (HS) masih sebagai saksi," kata Yuli.
Meski telah dilaporkan oleh pihak UGM, menurut dia, apabila pada akhirnya tidak terbukti ada pelanggaran hukum yang dilakukan HS maka kasus tersebut akan dihentikan (SP3).

"Nanti kalau memang sama penyidik itu 'legal standing' tidak ada, ya bisa di SP3-kan, kalau memang tidak bisa dibuktikan," kata Yulianto.

Sementara, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihak UGM secara institusional belum pernah membuat laporan kepada kepolisian terkait kasus itu. Iva juga belum mengetahui adanya laporan dari Arif Nurcahyo tersebut.

"Saya tidak tahu kalau secara individu, tapi sepengetahuan saya secara institusional dari UGM tidak pernah membuat laporan. Dulu UGM hanya melakukan pengaduan, kalau pelaporan belum pernah," kata Iva.

VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Waktu gua kecil, ada seorang wanita dan keluarganya datang ke kantor mama gua, dia korban perkosaan. Kalian tahu kan mama gua pengacara. Waktu itu mama gua yang kasih pendampingan hukum. Suatu ketika, mama gua pulang langsung masuk kamar. Dia nangis.
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Dia bilang: "Chillo, mama kasih tahu ya. Kalau wanita bilang tidak itu artinya tidak." Setelah gua agak besar, gua baru tahu mama gua waktu itu nangis karena kasus clientnya dihentikan dengan alasan tidak ada bukti.
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Yang bikin mama gua sakit hati adalah pengacara si tersangka pemerkosa waktu itu adalah seorang wanita juga.
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Mama gua ketemu pengacara si pemerkosa waktu itu, Mama gua bilang: "Kalau nanti di masa depan, anak perempuanmu diperkosa dan kasusnya dihentikan kepolisian, ingat apa yang telah kau lakukan hari ini."
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Gini guys, mama gua sebagai orang hukum tahu kalau terpidana pun yang telah divonis pengadilan tetap punya hak yang harus dibela. Mama gua mengerti kalaupun si pengacara tadi membela pemerkosa, itu adalah bagian dari pemenuhan hak-hak tersangka pemerkosa.
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Tapi mama gua juga bilang kalau setiap manusia juga punya hati nurani. Masa iya harus tutup mata hati nurani hanya supaya track record sebagai pengacara jarang gagal dalam membela klien?
VAN HAARLEM, Chillo @crazysmartasian
Ingat ya para pemerkosa, pembalasan memang hak Tuhan. Tapi membawa kalian kepada Tuhan, itu hak gua.
R15z4 @r1sza
@crazysmartasian ketika hukum mulai bisa di negosiasikan tanpa nalar, tanpa hati ...maka ia akan menjadi alat untuk menyenangkan sebahagian pihak tanpa melihat benar atau salahnya.
Marini Eka Putri @marrrini
@crazysmartasian I love your mom 😭 I wanna be like her when I grow up.
r o s e || 👦💜 @jungkxxkjeon
@crazysmartasian @bagibagirejeki Gue harap semua cowok bisa berpikiran kayak lo. Orang kayak kamu yang membuatku yakin kalau kemanusiaan belum sepenuhnya musnah
Putri Anggraeni Mega @Panggraenim
@crazysmartasian @a_nissssss Nangis ketika baca ini :'( Yang korban malah terlihat lebih menjijikan dan selalu disalahkan :'( Sedangkan pelaku nya? Berkeliaran bebas tanpa ngerasa berdosa sedikit pun :'(
Putri Anggraeni Mega @Panggraenim
@fatyanoona @crazysmartasian @a_nissssss Nah bener :'( miris banget ya padahal di luar negeri korban pelecehan atau pemerkosaan itu selalu di lindungi
kesialan abadi @fatyanoona
@Panggraenim @crazysmartasian @a_nissssss Disini korban kebanyakan justru malah kek di pojokkan ya ga sih :( terkesan pa apa salah yang cewe :(
Putri Anggraeni Mega @Panggraenim
@fatyanoona @crazysmartasian @a_nissssss Iya iya bener banget satu pikiran:( Wahai netizen sudah 2019 semoga lebih cerdas lagi terhadap kasus pelecehan/pemerkosaan ya
kesialan abadi @fatyanoona
@Panggraenim @crazysmartasian @a_nissssss aamiin aamiin :( lebih bisa ndengerin penjelasan dari pihak korban :(
MT @malatajna28
@fatyanoona @Panggraenim @crazysmartasian @a_nissssss Bener banget, Mbak. "Salah ceweknya..." "Salah baju ceweknya..." Entah kenapa pemikiran kayak gini melekat banget di banyak otak orang Indonesia. Bahkan perempuan sekalipun.
kesialan abadi @fatyanoona
@Panggraenim @malatajna28 @crazysmartasian @a_nissssss kayak alot banget gitu kalo kasus kek gini yg alesannya kurang bukti lah kesalahan cewek lah apa lah :"
Load Remaining (34)
Login and hide ads.