0
Habib Think @habibthink

I tweet therefore I am | habibthink@gmail.com | IG: HabibThink | Fanpage: Habib Think |

Habib Think @habibthink
Sadis ya, orang sakit aja masih diteror dengan pernyataan seperti ini. m.cnnindonesia.com/nasional/20190…

URL nasional 23977 Prabowo Sebut Selang Cuci Darah Dipakai 40 Orang, RSCM Bantah Dalam pidato akhir tahunnya, Prabowo Subianto menyinggung soal layanan kesehatan yang diberikan negara pada warganya. Salah satunya soal layanan rumah sakit.

Hal itu dikatakannya dalam Ceramah Kebangsaan Akhir Tahun Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor, yang diunggah di di laman Facebook-nya, Minggu (30/12).

"Saya dapat laporan di RSCM ada alat pencuci ginjal, harusnya itu punya saluran-saluran dari plastik, dari karet, dari alat-alat dipakai satu orang satu kali. Saya dengar di RSCM hari ini dipakai 40 orang," kata Prabowo, disambut suara terkejut sejumlah peserta yang hadir.

"Orang sakit ginjal harus hidup dari pencucian darah. Bisa dapat macam-macam [penyakit jika selang dipakai banyak orang]. Hepatitis A, B, C, malaria, HIV. Bayangkan. Ini menurut saya, negara kita ini gagal melayani rakyat," ujarnya.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengklaim permasalahan keuangan di BPJS Kesehatan juga membuat pemberian gaji para tenaga medis tertunggak beberapa bulan.

"Rumah sakit sudah tidak dibayar berbulan-bulan. BPJS sudah utang. Tokoh-tokoh dokter di beberapa tempat tidak dibayar gaji enam bulan, dokter dan paramedis," kata Prabowo.

Sebelumnya, klaim serupa pernah disampaikan oleh Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo, saat berkunjug ke kantor CNN Indonesia TV, Kamis (20/12).

Ia menyebut masalah defisit anggaran di BPJS Kesehatan memaksa sejumlah rumah sakit umum daerah untuk mengurangi kualitas layanannya kepada pasien.

Di antaranya, memakai selang cuci ginjal berulang kali oleh beberapa orang, alat kesehatan kualitas rendah dan bukan orisinal alias KW. Di samping itu, pembayaran BPJS Kesehatan kepada rumah sakit menunggak selama enam bulan, pemberian gaji kepada dokter menunggak hingga tiga bulan.

"Pasien cuci darah alat dipakai sekali, disposable. Di Indonesia sudah lama dipakai tiga kali, tujuh kali, belakangan [dipakai] 40 kali," ujarnya.

Terkait hal ini, Direktur Medik dan Keperawatan RSCM Sumariyono membantah pihaknya menggunakan satu selang cuci darah untuk beberapa orang.

Menurutnya, RSCM menerapkan dua jenis penggunaan alat kesehatan, yakni sekali pakai (single use) dan pemakaian berulang (reuse). Untuk selang cuci darah sendiri, RSCM menurut Sumariyono memang sempat menggunakannya untuk beberapa kali pemakaian namun hanya untuk pasien yang sama.

"Kami sejak 2012 sudah menggunakan single use, satu kali untuk satu pasien," ucap Sumariyono.

Kalau untuk mesin cuci darah atau dialiser menurutnya memang digunakan untuk berulang kali dan banyak pasien.

"Mesin digunakan banyak pasien. Mesin untuk menggerakkan [darah dalam proses hemodialisis] saja," ucapnya.

Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti juga menepis tudingan bahwa masalah anggaran di BPJS Kesehatan berdampak pada pemberian gaji bagi tenaga medis. Pihaknya sudah mengatur efisiensi anggaran lewat Kendali Mutu Kendali Biaya (KNKB). Alhasil, pihak RS bisa menyisihkan dana untuk gaji ataupun remunerasi pegawai.

IZRAIL WANT TO KNOW YOUR LOCATION @azril_me
@habibthink ini fitnah k semua rumah sakit yg punya layanan cuci darah. hrs dituntut. org jd was2. apalagi nnti bs2 ada yg nyalahin RS akibat cuci darah semisal pasien mati dg tuduhan selang rame2.
the grumpy nia @korbanmacetjkt
@habibthink kesel gw bib, bapak gw cuci darah selalu pake selang baru kok. dan itu pake bpjs ya.
bella @bellanw_
@bessenia_ @habibthink Papahku juga gini. Emang baru kok aku selalu liat dari awal pasang sampe ending nya
Abdul sholeh @abdul_shol3h
@habibthink Percayalah.. selama musim kampanye prabowo akan terus mengeluarkan pernyataan2 konyol demi menaikan elektabilitasnya.
KK @WantiZoe
@habibthink Nakutin org sakit, dipikir yg sakit dan yg ngerawat itu ga stress apa ya.... Jalan2 gih pak ke RS, biar merasakan saudara2 kita yg menderita..bukannya menghibur malah nakutin.. 😈😈😈
Habib Think @habibthink
Kalau gue bilang ini jahat banget sih.
Tailgunner @YogaAdrianyoga6
@habibthink Prabowo gak kompeten utk ikut capres..seharusnya dari awal KPU itu menolak prabowo
TAKADA OTAKE 4.0 @mister_oceans
@habibthink ada benernya jg nih! @fadlizon @Gerindra @prabowo mulai memikirkan kedepannya nih.. bakalan berat! pic.twitter.com/hiI27URIvw
Expand pic
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
@habibthink Kasihan sama orang yg percaya, ini sih jahat bgt... Dari awal pidatonya selalu fitnah..
R I a n I @rinichan02
@bellaNW_ @bessenia_ @habibthink Almarhum mama juga selalu pakai selang baru, bahkan utk cuci darah ke 2, 3 dst sampai beliau meninggal...
Deddy N Permadhy ☕ @dpermadhy
@PurboAsmoro15 @abdul_shol3h @habibthink Itu emang strategi nya...sdh direncanakan. Strategi Firehose ...mirip cara trump
#KarenaKitaIndonesia @kssagala
@habibthink Agar nama baik dan menghilangkan ketakutan para warga yg hendak berobat, ad baiknya @rscm_official menuntut secara hukum @prabowo agar org tdk sembarangan menyebarkan fitnah & warga tdk takut u/ berobat..
Purbo_Asmoro @PurboAsmoro15
@dpermadhy @abdul_shol3h @habibthink Syangnya,kekonyolan itu merata mlai dri capres,timses dan pndukung mreka...
Sarwono @sarwonobs
@habibthink Mungkin bagi orang yg mengidap penyakit megalomania sangt enteng mengatakannya. gresnews.com/berita/politik…
jaenal jae @ganteng_makziml
@PurboAsmoro15 @dpermadhy @abdul_shol3h @habibthink sayangnya di indonesia ini banyak juga orang bodoh yg percaya dengan statmen ngawurnya itu😭
Mom of one @novly0203
@mister_oceans @habibthink @fadlizon @Gerindra @prabowo justru ngga lah.. malah jauh lebih ringan.. wong cuma tinggal menikmati dan melanjutkan..
the grumpy nia @korbanmacetjkt
@PersRini @bellaNW_ @habibthink iya kan. nyebar hoax seenak jidat dikira orang2 yg ngeliat langsung proses HD kayak gimana bakalan diem aja apa.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.