0
Politwika Creative @PoliTwika
[A THREAD] #Prediksi2019 Menjelang pergantian tahun, paling asik ngomongin ramalan atau prediksi nih. Tapi, mimin gak akan bahas tentang ramalan bintang, shio, atau jodoh kalian di 2019. Itu mah tugasnya @roykiyoshi. pic.twitter.com/L2lposgztD
Politwika Creative @PoliTwika
Nah, yang mimin mau paparkan di thread kali ini adalah #prediksi2019 di dalam dunia media sosial Indonesia. Hasil prediksi ini didasarkan pada analisis trend selama di 2018 dan pemantaun pola perilaku tindak tanduk menyeruduk para netizen.
Politwika Creative @PoliTwika
Tanpa tedeng aling-aling lagi, berikut #Prediksi2019 tentang trend di media sosial ala #PoliTwika. pic.twitter.com/X87MHhPlU4
Politwika Creative @PoliTwika
1. Isu Politik akan Merajai Media Sosial 2019 adalah tahun politik, terlebih akan dihela Pemilu serempak, yaitu pemilihan Presiden dan Legislatif. Panasnya pesaingan udah terasa dari sekarang, terutama di medsos. Terlihat kedua kubu sering saling serang. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Meski pemilu dilaksanakan pada 17 April, kontestasinya pasti akan lebih lama dari bulan April. Seperti pada Pilpres 2014, ada gugatan dari pihak kalah dan sidang panjang penetapan hasil pemilu. Jadi, kira-kira sampai September isu politik akan terus dibicarakan. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Sebenarnya membicarakan politik di media sosial tuh sah-sah aja. Hal tersebut bagus dan sehat untuk iklim perpolitikan dan demokrasi di Indonesia. Hanya saja, sering kita temui serangan yang dilontaran berbau SARA (Suku, Agama, RAs). #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Tingkat baper dan sensitivitas netizen pun akan semakin naik. Jangan heran kalau banyak pihak kelak yang akan saling lapor karena suatu postingan. Nah, sebagai netijen yang budiman, menghadapi segala isu politik, ada baiknya kita jangan terpancing ribut agar dapat ... pic.twitter.com/HBA3vc2fJ1
Expand pic
Politwika Creative @PoliTwika
2. HOAX semakin banyak dan menjadi masalah utama di Media Sosial? Siapa yang sudah muak sama hoax? Sama, mimin juga. Tapi jika melihat bahwa hoax masih menjadi senjata politik untuk menjatuhkan lawan, maka pada tahun 2019 kelak hoax masih akan banyak beredar. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Mimin bilang gitu bukan tanpa alasan, sudah banyak bukti bahwa hoax memang sengaja digunakan untuk menjatuhkan lawan. Tapi mimin gak akan beberkan bukti masing-masing. Mimin rasa, kalian semua pasti pernah melihat atau membacanya sendiri bukan? #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Nah, menghadapi hal itu, YANG PENTING BANGET KALIAN HARUS LAKUKAN adalah: - Kritis dalam membaca berita! - Bijak untuk menyebar berita! - Waras dalam membuat konten! Meski sulit jangan penah patah semangat untuk #lawanHOAX dan tetap ... pic.twitter.com/SxPSzcq87r
Expand pic
Politwika Creative @PoliTwika
3. Konten Video akan menjadi Trend Video? Kenapa bukan konten gambar biasa? Apakah orang Indonesia sudah semakin banyak kuota? Jadi, seperti yang dilansir dari @socialmedia2day jumlah konsumsi masyarakat terhadap konten-konten video semakin meningkat. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Bahkan, hasil penelitian menunjukkan konsumsi konten video tersebut mencapai 80%, terutama pada video yang disiarkan secara langsung, baik di youtube, instagam, maupun yang lainnya. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Berdasarkan pantauan tersebut diperkirakan konten video akan mendominasi media sosial. Ini sih, masukan/prediksi penting buat para pekerja kreatif di media sosial. Biar terus putar otak buat bikin video konten menarik, kekinian, bermutu, dan bukan hoax! #Prediksi2019 pic.twitter.com/8aThtaGrar
Politwika Creative @PoliTwika
3. Berkembang Para Micro-Influencer Apa tuh? Hm... jadi gini, kita tahukan sekarang banyak tuh bermunculan influencer. Terkadang mereka membuat kita berpikir ini siapa ya? kok followersnya banyak? Terus kok temen-temen pada tahu dia siapa? #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Atau sebaliknya ada influencer yang kamu follow, pengikutnya banyak, tapi kok temen-temen sepermainan gak ada yang kenal dan follow dia? Nah, itulah yang dimaksud dengan micro-influencer, jadi idola tidak lagi satu dan terpusat dan itu-itu doang. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Kita pasti sulit kalau membicarakan satu idola yang menurut kita terbaik di media sosial. Setiap pengguna punya kecenderungan menyukai secara mikro, misal iya kalau di twitter suka sama si A, kalau di Youtube si B, di Instagram si C. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Lalu apa pengaruh dari fenomena micro-influencer ini? Kalau bekerja di bidang kreatif, pasti penting untuk memerhatikan jaringan micro-influencer ini. Karena mereka menjadi ujung tombak untuk memahami trend terkini dan menjadi tokoh yang berpengaruh di Internet. #Prediksi2019 pic.twitter.com/DYTWI7t3c8
Politwika Creative @PoliTwika
5. MEDIAL SOSIAL YANG AKAN BERJAYA, adalah .... Sejujunya ini prediksi yang susah-susah gampang, karena pergolakan di media sosial kadang terbaca, kadang tidak. Misalnya kita pada contoh selama 2018, melalui grafik ini ya. #Prediksi2019 pic.twitter.com/jluQI4D6oS
Expand pic
Politwika Creative @PoliTwika
Sejak dirilis pada awal 2018, belum ada lagi hasil survey terbaru. Dari data tersebut terlihat bahwa Youtube menduduki urutan pertama. Namun, sepanjang 2018, dapat kita rasakan pengguna IG semakin pesat, terutama karena fitur baru yang selalu mereka kembangkan. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Selain itu, pada pertengahan tahun 2018, di Indonesia terjangkit demam Tiktok (media sosial berbasis video). Iklan Tiktok gencar dilakukan, bahkan sampai membayar selebritas terkenal di Indonesia. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Secara mengejutkan pada 10 Desember 2018, Googe+ tutup. Padahal sebelumnya berada diurutan ke-4. Nah, fenomena-fenomena tersebut pasti memengaruhi pola media sosial di Indonesia. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Melalui semua fenomena tersebut pula, dapat disimpulkan bahwa progres Media sosial yang mampu menawarkan kebaharuanlah yang akan jadi terdepan. Nah, kalau udah gitukan mimin bingung kalau ditanya siapa yang akan merajai dunia media sosial. #Prediksi2019
Politwika Creative @PoliTwika
Tapi... menurut mimin, berdasarkan hasil semedi di gunung pancar, media sosial yang akan merajai 2019 adalah @TwitterID. Gak percaya? Kita pantau terus ya pergolakan selama 2019 atau data-data yang dirilis terkait jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Let we see!!! pic.twitter.com/86NHi2nvsn
Politwika Creative @PoliTwika
Nah, itulah 5 #Prediksi2019 dalam dunia media sosial ala mimin #PoliTwika. Prediksi tersebut past bisa keliru, tapi kalau bener ya bagus toh. Ini juga bakal jadi Thread terakhir di tahun ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa tahun depaaan!!! 🥳

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.