Kronologi & Terkuak Syafri Adnan Baharudin Sbg Pejabat BPJS TK Diduga Perkosa Pegawainya, Petisi Penjarakan Ditujukan ke Presiden Muncul

Drama tragis yang berlangsung sejak April 2016 tersebut sempat diadukan ke Dewan Pengawas BPJS TK Namun mengendap
bpjsketenagakerjaan Indonesia feminis pejabat BPJS pelaku perkosaan Syafri Adnan Baharudin
6440 View 0 comments
4

Staf perempuan di Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (TK) mengaku telah diperkosa oleh salah satu anggota Dewan Pengawas berinisial SAB. Selama dua tahun terakhir, wanita berusia 27 tahun itu 4 kali dipaksa berhubungan seksual oleh SAB.

Adib Hidayat @AdibHidayat
Siapakah oknum ini? ____ Kronologi Dugaan Perkosaan Wanita oleh Anggota Dewan Pengawas BPJS TK kumparan.com/fadjar-hadi/kr…
URL kumparan 175 Kronologi Dugaan Perkosaan Wanita oleh Anggota Dewan Pengawas BPJS TK Wanita ini mengaku sudah 4 kali dipaksa berhubungan seksual.

"Dia berulang kali mengutarakan cintanya dan kehendaknya untuk menikahi saya. Dia berulang kali mengatakan ia hendak memperoleh anak dari saya. Dia ingin menjadi imam untuk saya. Dia sering menggunakan berbagai ungkapan yang tidak pantas diutarakan dalam hubungan profesional atasan dan bawahan," kata dia dalam konferensi pers di Kantor SMRC, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/12). Jumpa pers ini juga dihadiri oleh Ade Armando sebagai pendamping advokasi.

Wanita tersebut sudah pernah melaporkan kejadian ini kepada salah satu anggota Dewan Pengawas BPJS. Namun laporannya tidak mendapatkan hasil, bahkan ia terus mendapatkan pelecehan oleh SAB.

"Meskipun dia berjanji akan melindungi saya, namun ternyata perlindungan tersebut tidak pernah diberikan sehingga saya terus menjadi korban pelecehan dan pemaksaan seksual," ucap dia.

Kronologi:

April 2016
Korban pertama kali bekerja sebagai tenaga kontrak asisten ahli Dewan Pengawas BPJS TK. Dia masuk setelah adanya lowongan dalam Dewan Pengawas BPJS TK.

23 September 2016
Dia disetubuhi secara paksa untuk yang pertama kalinya oleh SAB saat berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Saat itu, ia sedang mendampingi SAB dalam rangka kunjungan kerja di luar kota.
Setelah mendapatkan tindakan asusila itu, dia langsung melaporkan kejadian itu pada seorang anggota Dewan Pengawas BPJS. Saat itu orang yang dilaporinya berjanji akan melindunginya, namun perlindungan tersebut tidak pernah diberikan sehingga ia terus menjadi korban pelecehan seksual.

9 November 2016
Untuk kedua kalinya dia disetubuhi secara paksa oleh SAB. Kali ini, lokasi kejadian itu terjadi di kota Makassar, Sulawesi Selatan, dalam rangka kunjungan luar kota. SAB juga disebutkan sering mengirimkan pesan-pesan melalui aplikasi Whatsapp berisi rayuan yang tidak etis dan ajakan kepadanya untuk melakukan hubungan seks.
April 2017
Setelah dia memohon berulang kali kepada SAB untuk menghentikan kekerasan seksual yang sering dilakukan kepadanya, SAB berjanji tidak akan melakukannya lagi. Dia menilai semua tindakan seks yang selama ini dirasakannya telah menyakiti kesehatan fisik dan psikologinya.

3 Desember 2017
Sempat berjanji akan menghentikan pelecehan seksual, SAB kembali meniduri korban secara paksa untuk yang ketiga kalinya. Kali ini, korban ditiduri oleh SAB saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung.
Dia mengaku, selalu berusaha menghindari ajakan SAB untuk melakukan hubungan seks. Namun, karena berbagai macam modus dan ancaman SAB, ia selalu pasrah ditiduri oleh SAB.
Selain itu, dia mengaku takut dengan SAB yang merupakan seorang tokoh yang sangat dominan, dihormati, bahkan ditakuti di lingkungan BPJS TK. Dia takut SAB akan melakukan kekerasan fisik atau menghancurkan hidupnya.

16 Juli 2018
SAB kembali meninduri dia secara paksa untuk yang keempat kalinya. Kali ini, kejadian itu dilakukan di Jakarta.
Setelah disetubuhi oleh SAB untuk yang keempat kalinya, dia belum pernah melaporkan kejadian itu sama sekali kepada pihak kepolisian. Sebab, ia takut kehilangan pekerjaannya karena selama ini pekerjaan di Dewan Pengawas BPJS TK merupakan sumber penghasilan yang diandalkannya.
Dia juga belum pernah menceritakan kejadian yang menimpanya kepada pihak keluarga, pacar, dan kerabatnya karena malu. Bahkan, dia dan pacarnya sudah berencana menikah.

1 November 2018
SAB kembali mengajak korban untuk datang ke apartemennya di Jakarta. Ia tahu, ajakan itu tidak lain untuk mengajaknya melakukan hubungan intim, namun karena sudah jengah dengan ajakan SAB, dia mulai memberanikan diri untuk menolak ajakan itu.

2 November 2018
Dia merasa berada dalam titik terendah dalam hidupnya. Ia melakukan percobaan bunuh diri. Namun, saat itu ada salah satu teman kerjanya yang menyelamatkan dia. Sang teman memberikan penjelasan kepada dia bahwa bunuh diri tidak akan menyelesaikan masalah.
Mendengar pernyataan itu, semangat hidup korban mulai tumbuh. Dia memutuskan untuk bertahan hidup dan bertekad untuk menjauhi SAB.

26 November 2018
Korban membaca salah satu postingan instagram dosen di kampus tempatnya studi S2, yakni Ade Armando. Ade saat itu membuat postingan tentang pemerkosaan yang terjadi karena perempuan lemah. Karena itu, untuk melawan pemerkosaan perempuan harus kuat.
Dia kemudian terinsipirasi dan semakin yakin untuk melawan seluruh tindakan asusila yang selama ini dilakukan oleh SAB. Pada awal Desember dia menghubungi Ade Armando yang kemudian bersedia untuk menjadi pendamping advokasinya.

26 November 2018
Menurut pengakuan korban, SAB memarahinya dan hampir melakukan kekerasan fisik dengan alasan ia tidak bekerja secara profesional. Ia menduga SAB marah karena permintaannya untuk tidur bersama tidak pernah dipenuhinya lagi.
Korban kemudian mulai membeberkan seluruh perilaku bejat SAB dengan menyebarkan screenshoot chat-chat WA yang selama ini dikirimkan oleh SAB kepadanya. Tak ayal kejadian itu membuat hampir seluruh pekerja di kantor BPJS TK geger.

1 Desember 2018
Dia menghadap Ketua Dewan Pengawas BPJS untuk menjelaskan dan mengadukan pelecehan seksual yang selama ini ia alami. Namun Dewan Pengawas, menurut korban, malah membela SAB.

4 Desember 2018
Setelah Dewan Pengawas BPJS melakukan rapat internal, mereka memutuskan untuk mengeluarkan surat perjanjian bersama yang isinya adalah mem-PHK korban sejak akhir Desember. Dia menolak surat tersebut dan memutuskan untuk terus melawan SAB.

Dan'S.dst @e_Dans_dst
@ZheeOmega INILAH TUJUH ANGGOTA DEWAN PENGAWAS BPJS KETENAGAKERJAAN HAYOOO MANA YANG PENJAHAT KELAMIN?x pic.twitter.com/4knvp29XYf
 Expand pic
Zian @Zian_pradhana
@AdibHidayat wajahnya masih terpampang di web dewan pengawas bpjs
Andi Hidayat @andialaziz
@AdibHidayat Menurut berita di Tempo yang saya baca ini, namanya Syafri Adnan Baharudin pic.twitter.com/MxZvllkxg7
 Expand pic
Rexy Ambarwati @AmbarwatiRexy
Yang bilang ini salah ceweknya sampe dilecehkan & diperkosa, karena gak pake burqa tutup aurat dan sebagainya, gw gampar juga loe, njing..!!!!! Diperkosa 4 kali, Amel dah lapor sama Dewas lain, bukannya ditolongin malah dipecat. jawapos.com/humaniora/28/1…
Rexy Ambarwati @AmbarwatiRexy
Sejak dilecehkan pertama kali si embak udah lapor ke atasan lain, tapi alih2 dilindungi, malah dicuekin... Skarang si embak malah mau dilaporkan atas pencemaran nama baik oleh pelaku pelecehan dengan UU ITE. Jangan sampai kasus Bu Nuril terulang lagi..!!! liputan6.com/news/read/3860…
Vira @viraphier
@AmbarwatiRexy Gak heran kenapa korban kasus pemerkosaan banyak yg bungkam. Dipecat, diancam, dikecam org2 sekitar, disalahkan krn pakaian dll menjadi hal yg “lumrah”. Mirisnya lagi tidak sedikit yg menyalahkan korban justru dari sesama kaum perempuan.
PR Setiadi @prsetiadi
@AmbarwatiRexy @raxyatbiaza padahal temen2 malah banyak lho kalo liat ce hijab atao burqa malah napsu.. ntah kenapa.. huehue
Dy @dyti__
@AmbarwatiRexy Gue kesel ngebaca komen yg ngomong kek gini "keenakan yah, makanya baru lapor setelah ke 4 kali". Hell yaa, buat yg ngomong gitu ehhh lu pikir dia semudah itu buat ngomong ke publik. Dia pasti punya banyak pertimbangan. And dia baru beraninya sekarang.
August @AnakLolina
@AmbarwatiRexy Makanya kalau berlibur ke Indonesia harus tutup semua, khususkan mata aja terbuka biar bisa lihat jalan🤣🤣🤣
🇩єиι'ѕ 🇮🇩 @Dsangg77
@AmbarwatiRexy Setelah di Perkos 2x dan Laporan tak di tanggapi, masa ngak Resign. malah masih turut dlm Jaldis ke 3 dan ke 4 di Bawah kendali Peler yg sama. Bisa jadi kasus ini krn ada wan Prestasi dr si Pria.
🇩єиι'ѕ 🇮🇩 @Dsangg77
@AmbarwatiRexy Akhirnya si Peler Mundur dr Jabatan, setelah 4 kali Maju tak Gentar. 😎
djago @abdulkhaydir
@AmbarwatiRexy Tanganku biasae ono regane ... khusus ngono iku gratis + bonus.
Load Remaining (17)
Login and hide ads.