0
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Tapi ngga ngitung berapa utang BUMN untuk membangun Toll itu? Utangnya swasta/asing. Yg dapet duit siapa dulu? Pengutang atau pemegang saham? Kok jadi aneh mikirnya? twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Jadi kenapa sok"an menjelaskan bahwa yg untung adalah bumn/pemerintah dengan pembangunan toll itu? Yg jelas" untung duluan itu adalah pengutang. Dan rezim ini buanyak banget utangnya. Jelas? twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Loe yg tolol. Jelas" gue mau bilang yg untung itu pengutang. Bukan yg BUMN/pemerintah seperti yg loe mau narasikan. Loe aja ngga nangkep. :p twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Iya. Gue mau bilang ngga cukup sampai di situ. Kecuali emang ngebangunnya ngga pake utangan. Pikiran dilurusin biar adil. twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Lha? Poinnya pak Said Didu itu yg bakal menangguk keuntungan itu bukan rakyat. Dan bahkan bukan pemerintah/BUMN. Sibuk bayar utang dulu. Dan ini adalah kritik pada cara Jokowi membangun infrastruktur. Ngga paham? Pantes milih Jokowi. :p twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Ngga juga. Ada banyak cara untuk membangun infrastruktur. Pak SBY membangun infrastruktur tanpa harus banyak utang. Bisa. Dan ngga usah ngajarin gue soal konektivitas dan multiplier effect. Ilmu loe ngga bakal nyampe. :p twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Ngga ngerti gue. Kenapa ya orang" ini kalo ngerespon gue selalu ngegas duluan? Akhirnya kan gue gas balik. Contoh nih, ini twit gue. twitter.com/awemany/status…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Lalu responnya begini. Apa coba manfaat nanya gue orang sekolahan atau bukan? Poin gue cuma menjelaskan jangan berhenti pada yg punya. Terusin dong ke siapa yg ngutangin. Ketahuan kok siapa yg dapet duit dulu. twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo berakhirnya di kata" kayak bacot begini, emangnya kosa kata gue kurang buat bales? twitter.com/mantriss/statu…
sumantri suwarno @mantriss
Coba cek dari awal. Saya menjelaskan dengan data -- twit Bang Said bahwa keuntungan tol dinikmati investor. Saya bilang, era Jokowi 80% investor tol itu BUMN. Jika untung, akan kembali ke pemegang saham (pemerintah yg terbesar). Cek situ nyambernya lompat ke mana? twitter.com/awemany/status…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
@mantriss Situ menjelaskan keuntungan dinikmati BUMN/Pemerintah. Saya menjelaskan keuntungan dinikmati pemberi utang. Bukankah itu samberan yg adil? Tapi apa manfaat nge-gas? Lalu ngambek. Ngebacotin orang. Lucu.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Bua ha ha. Akrobat itu adalah orang yg bilang politikus janji bohong kayak Jokowi itu ngga apa". Mari kita pilih kembali. Belibet deh. :p twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Diskusinya itu bukan infrastruktur itu penting atau tidak. Tapi infrastrukturnya Jokowi itu pilihan baik atau engga. Dan kalo kita bicara infrastruktur Jokowi ya mesti dicari bedanya dengan infrastruktur oleh rezim" yg lain. Begitu kalo mau jadi orang pinter.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Apakah rezim lain tidak membangun infrastruktur energi? Awal SBY kita punya kapasitas listrik 21.5 GW. Akhir SBY arau awal Jokowi jadi 53 GW. Tahun 2017, 59 GW. Sederhananya SBY membangun 3.2 GW pertahun dan Jokowi 2 GW pertahun. Jelas bedanya?
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Apakah rezim lain tidak membangun infrastruktur kesehatan/pendidikan? Ini adalah capaian SBY dalam hal infrastruktur pendidikan dan kesehatan. Cek Jokowi bisa lewatin ini ngga? Saya ngga yakin soalnya kalo urusan infrastruktur jenis ini buzzer" Jokowi mingkem semua. pic.twitter.com/8MuUTCY93q
 Expand pic
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Jadi, infrastrukturnya yg khas Jokowi dimana dia memang lebih baik dari rezim lainnya itu adalah infrastruktur berupa JALAN TOLL. Dan jangan bawa" Papua atau daerah timur karena faktanya kalo bukan toll, tetap SBY lebih banyak. Jelas ya? pic.twitter.com/KIJldIGVzB
 Expand pic
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Jalan toll jokowi ini ada di mana? Ya di Jawalah utamanya. Jadi ngomong soal konektivitas buat toll nya Jokowi itu omong kosong besar. Daerah" di jawa itu sudah terkoneksi. Ini soal memperbesar volume saja. Di Jawa. Artinya ketimpangan itu ngga hilang.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Untuk infrastruktur toll ini negara bantu pada pembebasan lahan. Investasi lainnnya dilakukan oleh pemilik konsensi toll. Kebanyakan duit utang. Yang untung pertama itu ya pemilik duit ini lah. Terima kasih banyak mereka ke pak Jokowi. Jadi klean ngerti keberpihakannya ke mana.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Anda lalu diiming"i bahwa pembangunan infrastruktur ini untuk mempercepat aliran produksi bla bla bla. Iya. Ngga saya tolak itu. Persoalannya, apakah tidak ada cara membangun lain yg lebih memberi penekanan pada keadilan sosial? Mereka yg tergusur karena toll itu kita anggap apa?
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Saya itu sebenarnya tertarik dengan toll lautnya Jokowi. Memperbesar kapasitas pelabuhan" kecil di daerah. Tapi ini cuma wacana. Mungkin karena ngga segaya kalo resmiin bandara". Dan tepat di situlah kritik saya pada gaya pembangunan Jokowi. Orientasinya pada pencitraan. Malesin.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Lha? Emang ada yg bilang investor ngga diperlukan? Yg disuruh ngitung itu 1) siapa yg beneran diuntungkan. 2) pantes ngga keuntungan itu? 3) Dengan kondisi terpuruk kayak gini gegayaan dari hasil ngutang ke mana" itu apakah pilihan baik? Gitu bahasnya. :) twitter.com/mantriss/statu…
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kadang" lucu juga melihat orang menilai infrastruktur itu dari sudut pandang idealistik. Seolah hanya untuk kepentingan rakyat. Infrastruktur itu adalah bentuk penguasaan/ hegemoni kekuasaan. Infrastruktur apa saja. Orang itu membangkitkan ketergantungan dan dominasi.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Klean pikir Romawi membangun jalan itu untuk lalu lintas perdagangan negeri jajahan? Ya enggak lah. Itu untuk memobilisasi tentara dan hasil rampasan dari negeri jajahan. Deandels bangun jalan itu ya agar tentaranya bisa menduduki jawa dengan efektif. Jangan tolol.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Pasca penjajahan, sifat utama infrastruktur ini ngga berubah juga. Penguasaan infrastruktur artinya narik interest (baca jatah preman) dari akses tersebut. Dari jaman ke jaman yg paling menguntungkan berubah. Dulu kereta api. Sekarang jalur internet. Cek aja profitnya.
Load Remaining (8)
Login and hide ads.