0

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan para pendiri PAN yang meminta Amien Rais mundur dari kepengurusan partai dan politik praktis merupakan pendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin di Pilpres 2019.

Lima orang yang mengklaim sebagai pendiri PAN sebelumnya mengirim surat terbuka untuk Amien Rais meminta yang bersangkutan mundur dari politik. Kelima orang itu adalah Goenawan Muhammad, Albert Hasibuan, Abdillah Toha, Toeti Heraty, dan Zumrotin.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan para pendiri PAN tersebut sudah lama tidak aktif dan tidak punya pendukung di partai.

"Mereka pendiri PAN yang sudah lama tidak aktif dan tidak punya akar di partai. Selain dari itu mereka adalah pendukung paslon yang tidak diusung oleh DPP PAN," ujar Eddy melalui pesan singkat, Rabu (26/12).

PAN adalah partai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Partai ini berkoalisi dengan Gerindra, PKS, dan Demokrat.

Eddy menyatakan partai menghormati para pihak yang menulis surat terbuka tersebut. Namun, ia juga meminta para pendiri PAN itu menghormati DPP PAN yang mendukung posisi dan pandangan politik Amien.

"Kami meminta mereka menghormati posisi kami di DPP PAN yang solid mendukung Pak Amien Rais, terkait posisi dan pandangan politiknya," ujar Eddy.

Dalam surat yang diterima CNNIndonesia.com, lima pendiri PAN itu membeberkan alasan mereka meminta Amien mundur dari politik.

Alasan pertama, Amien dianggap semakin cenderung eksklusif serta tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politiknya.

**Kedua, Amin dianggap bersimpati, mendukung, dan bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan Orde Baru ke kancah politik Indonesia. Padahal, Amien merupakan tokoh reformasi yang ikut berperan dalam mengakhiri kekuasaan Orba.

"Ketiga, saudara telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan," ujarnya.
Alasan keempat, mereka menilai Amien sebagai ilmuwan politik telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di Indonesia.**

Terakhir, Goenawan Muhammad cs menyebut Amien sebagai orang yang berada di luar struktur utama PAN terkesan berat menyerahkan kepemimpinan PAN kepada generasi berikutnya dengan terus menerus melakukan manuver politik yang destruktif bagi masa depan partai. (jps/wis)

sumber:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181226120105-32-356415/pan-sebut-yang-minta-amien-rais-mundur-pendukung-jokowi

CAK KHUM @CakKhum
"Mereka pendiri PAN yang sudah lama tidak aktif dan tidak punya akar di partai. Selain dari itu mereka adalah pendukung paslon yang tidak diusung oleh DPP PAN," ujar Eddyย Soeparno. #2019GantiPresiden #2019PrabowoSandi cnnindonesia.com/nasional/20181โ€ฆ

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengklaim partainya solid mendukung posisi dan pandangan politik Amien Rais. Hal ini disampaikan Eddy menanggapi surat terbuka yang dilayangkan oleh lima orang pendiri PAN, yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toety Heraty, dan Zumrotin.

Eddy mengatakan Dewan Pimpinan Pusat PAN belum menerima surat dari kelima orang itu. "Kami menghormati posisi mereka yang menulis surat tersebut, tapi kami meminta mereka menghormati posisi kami di DPP PAN yang solid mendukung Pak Amien Rais, terkait posisi dan pandangan politiknya," kata Eddy kepada Tempo, Rabu, 26 Desember 2018.

Eddy menuturkan, kelima orang itu adalah pendiri PAN yang sudah lama tidak aktif dan tak punya akar di partai. Selain itu, kata dia, mereka adalah pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma'ruf Amin). Sedangkan PAN mengusung pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Saya pribadi akan mengabaikan imbauan mereka," kata Eddy yang juga merupakan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga ini.

Sebelumnya, Abdillah Toha cs menulis surat terbuka yang isinya meminta Amien Rais mundur dari ranah politik praktis. Mereka juga meminta Amien menyerahkan PAN sepenuhnya ke generasi penerus.

Mereka menilai Amien semakin eksklusif dan tidak menumbuhkan kerukunan bangsa melalui berbagai pernyataan dan sikap politiknya. Amien juga dinilai menjadikan agama sebagai alat politik, ikut mengeruhkan suasana dengan menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan Partai Komunis Indonesia, dan gagal mencerdaskan bangsa dalam posisinya sebagai ilmuwan ilmu politik.

Sebagai salah satu tokoh reformasi, ujar mereka, Amien kini justru berkomplot dengan partai yang menghendaki kembalinya orde baru di Indonesia. Di pemilihan presiden 2019, PAN berkoalisi dengan Partai Berkarya yang didirikan anak-anak mantan presiden Soeharto.

Eddy meminta internal partainya solid. Dia juga meminta seluruh pihak tak membuat kegaduhan seakan-akan PAN tidak kompak. Menurut Eddy, partainya bakal tetap solid menjalankan instruksi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk memenangkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.
"Kami meminta seluruh pihak di internal PAN maupun mereka yang memiliki keterkaitan dengan PAN untuk menjaga keutuhan partai dan tidak membuat suasana keruh sehingga timbul persepsi bahwa PAN rapuh di dalam," ujar Eddy menanggapi desakan agar Amien Rais mundur.

sumber:
https://nasional.tempo.co/read/1158929/pendiri-desak-amien-rais-mundur-sekjen-pan-mereka-dukung-jokowi/full&view=ok

Putra Batubara @siputrabatubara
@CakKhum PAN itu sgt demokratis dan jelas perkaderannya, ketumnya berganti2 tiap periode, ada kongres ada pemilihan, kalau pendiri PAN masih ingin berada di PAN sebaiknya kongres nanti ikut maju sekalian, ada yg dukung apa gak? :) kan pendiri PAN masak iya gak dpt minimal 1 suara
@abu_alkahfi @abu_alkahfi
@CakKhum @abdillahtoha2 @gm_gm anda kaga laku dimata kami. Maju trus bang @ZUL_Hasan Maju trus pak @AmienRais_ Anjing mengonggong kafilah berlalu Cc @Official_PAN sukses pilpres, sukses pemilu
Elvis Van Bencoolen @BencoolenEl
@CakKhum ...mereka itu bisa diterka arah dukungannya ke mana? Kalo cuma segelintir, mbok jangan bawa-bawa partai. Nanti mengaku-ngaku PAN dukung nol satu pulak!
A Syahid Damis ๐ŸŽ– @acplawfirm
@CakKhum Kalau saya jadi Pak Amien Rais saya akan bilang begini โ€œorang yg punya cita2 jadi pahlawan harus bangun pagiโ€๐Ÿ˜Ž
Putra Batubara @siputrabatubara
@gareng_nala @CakKhum @AstoRiskon @ari_sup @yandirenaldi @yahdilharahap @yulfikar_ @irwank2k2 @mudjib_trisatya @Hasbullah_R @eddy_soeparno @GusrizalSn @MIbrahimArsyad1 @SitiRafikaH @cahayafirman Kalau ada kader PAN yg dukung 01 apalagi struktural wah jelas melanggar keputusan resmi partai, contohnya Kalsel, simpel kok :) "cuma" dibebastugaskan dr struktural partai ajanya
Laskar Palembang Darussalamยฎ๏ธ @PalembangLaskar
@CakKhum Bagaimanapun mungkin orang yang sudah berada diluar @Official_PAN dan sekarang menjadi pendukung @jokowi minta orang mundur. @AT_AbdillahToha dan @gm_gm memang koplak.. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ pic.twitter.com/54CWoO1EAI
 Expand pic
 Expand pic
Sang Alang @sang_alang
@CakKhum maklum kan udah dijanjikan 5T kalo g salah...
Sang Alang @sang_alang
@tuanmarajo @pangeranPalsu @CakKhum @gm_gm yo i bang,,,,dana hrs cair,,,cm harus ada pos pengeluarannya... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Wan Marajo @tuanmarajo
@sang_alang @pangeranPalsu @CakKhum @gm_gm Nolnya berderet panjang tuh! 5.000.000.000.000 ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ maksain Januari cair!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Wan Marajo @tuanmarajo
@pangeranPalsu @sang_alang @CakKhum @gm_gm Hihihi... Keknya dipaksain..karena kapal mulai tenggelam, ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
IG: Irwan2k2 @irwank2k2
@CakKhum Jelas ya dari toko sebelah. cnnindonesia.com/nasional/20181โ€ฆ "Mereka pendiri PAN yg sdh lama tdk aktif dan tdk punya akar di partai. Selain dari itu mrk lb adlpendukung paslon yg tdk diusung oleh DPP PAN," ujar @EddySoeparno. 2019PrabowoSandi #2019GantiPresiden
Load Remaining (41)
Login and hide ads.