2

Jakarta - Lima pendiri PAN mendesak Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengundurkan diri. Amien dianggap telah melanggar prinsip-prinsip dasar pendirian partai. Lima pendiri PAN tersebut adalah Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty, dan Zumrotin.

Saran itu disampaikan melalui surat terbuka tertanggal 26 Desember 2018. Goenawan Mohamad membenarkan surat tersebut ditulis dan ditandatangani kelima pendiri dan penggagas PAN tersebut.

"Iya benar. Yang menulis Pak Abdillah Toha. Kami semua menandatangani," ujar Goenawan saat dimintai konfirmasi, Rabu (26/12/2018).

Dalam surat yang diterima detikcom itu, kelima pendiri PAN tersebut mengatakan surat dibuat setelah memerhatikan perkembangan kehidupan politik di Indonesia. Khususnya, kiprah Amien Rais bersama PAN ataupun secara personal.

"Untuk itu, barangkali sudah saatnya Saudara (Amien Rais) mengundurkan diri dari kiprah politik praktis sehari-hari, menyerahkan PAN sepenuhnya ke tangan generasi penerus, dan menempatkan diri Saudara sebagai penjaga moral dan keadaban bangsa serta memberikan arah jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan negeri kita," demikian tulis surat terbuka tersebut.

Berikut ini isi surat terbuka tersebut:

Surat Terbuka untuk Amien Rais

Saudara Amien Rais yang kami hormati,

Setelah memerhatikan perkembangan kehidupan politik di negeri kita Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini, khususnya kiprah Saudara sendirian ataupun bersama Partai Amanat Nasional (PAN), kami sebagai bagian dari penggagas dan pendiri PAN merasa bertanggung jawab dan berkewajiban membuat pernyataan bersama di bawah ini demi mengingatkan akan komitmen bersama kita pada saat awal pendirian partai sebagai berikut:

  1. PAN adalah partai reformasi yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan menegakkan demokrasi setelah 32 tahun di bawah kekuasaan absolut orde baru yang korup dan otoriter.
  2. PAN adalah partai yang berazaskan Pancasila dengan landasan nilai-nilai moral kemanusiaan dan agama.
  3. PAN adalah sebuah partai modern yang bersih dari noda-noda orde baru dan bertujuan menciptakan kemajuan bagi bangsa.
  4. PAN adalah partai terbuka dan inklusif yang memelihara kemajemukan bangsa dan tidak memosisikan diri sebagai wakil golongan tertentu.
  5. PAN adalah partai yang percaya dan mendukung bahwa setiap warga negara berstatus kedudukan yang sama di depan hukum dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara, tidak mengenal pengertian mayoritas atau minoritas.*

Dengan menggunakan kacamata prinsip-prinsip PAN tersebut di atas, kami mendapatkan kesan kuat bahwa Saudara Amien Rais (AR) sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN, sering kali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip itu.

  • Saudara makin lama makin cenderung eksklusif, tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politik saudara.

  • Saudara sebagai tokoh reformasi yang ikut berperan dalam mengakhiri kekuasaan orde baru, telah bersimpati, mendukung, dan bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan orde baru ke kancah politik Indonesia

  • Saudara telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan.

  • Saudara sebagai ilmuwan ilmu politik telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di negeri kita.

  • Saudara sebagai orang yang berada di luar struktur utama PAN terkesan berat menyerahkan kepemimpinan PAN kepada generasi berikutnya dengan terus menerus melakukan manuver politik yang destruktif bagi masa depan partai.

Atas dasar pertimbangan semua itu, kami sebagai bagian dari pendiri PAN yang bersama saudara saat itu meyakini prinsip-prinsip yang akan kita perjuangkan bersama, menyampaikan surat terbuka ini sebagai pengingat dari sesama kawan.

Untuk itu barangkali sudah saatnya Saudara mengundurkan diri dari kiprah politik praktis sehari-hari, menyerahkan PAN sepenuhnya ke tangan generasi penerus, dan menempatkan diri Saudara sebagai penjaga moral dan keadaban bangsa serta memberikan arah jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan negeri kita.

**Salam hormat dari kami semua,

Jakarta, 26 Desember 2018

Abdillah Toha
Albert Hasibuan
Goenawan Mohammad
Toeti Heraty
Zumrotin
**

Aprilia @ApriliaLin
Dulu dsebut sbg bapak Reformasi karna menjungkalkan Orde Baru & sekarang berusaha untuk kembali bangkitkan Orde Baru. Jadi ingat kata Gus Dur, Amin Rais akan mjd gelandangan politik sampai akhir hidupnya. Hanya seperti mayat hidup. Tak ada guna dmasa tua. m.detik.com/news/berita/43โ€ฆ
Cak Dut @Ddutapratama
@ApriliaLin @CH_chotimah Pas dulu dia belum memgerti betapa enaknya rupiah. pic.twitter.com/OZe6vp4WeM
 Expand pic
mustang @GoStelindo
@ApriliaLin Ngaco..... Hanya orang minim informasi dan buta nalar jika bajingan, bangsat, bedebah, biadab, provokator pemecah belah persatuan masyarakat Indonesia si amien rais sebagai bapak reformasi. dia tidak lebih dari penumpang gelap reformasi.
zure02 @zure02
@ApriliaLin Maaf mbak, yg jungkalkan orba bukan dia saja. Seingat saya orang sepengecut dia hanya dorong2 orang, tapi dia sendiri ngumpet dan hanya ngintip doang diblkg Gus Dur, Mega Cak Nun dan para mahasiswa. Satu2nya keahlian dia adalah mengadu domba.
Avink#88 @devolta18
@ApriliaLin @CH_chotimah Ralat: Amin Raisin itu bukan Bapak Reformasi. Dia sendiri yg opurtunis membaiat dirinya sendiri. Yg benar dia Dompleng saat reformasi. Senkuni begitu....๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š
Aprilia @ApriliaLin
@zure02 dia pintar mengambil momen itu dan buat nama dia sebage penggerak reformasi tapi aku nyebutnya sampah reformasi
Deyna Pahlevi @dpahlevy
@ApriliaLin Whats wrong with amien brain? I used to be admired you ....
๋ฆฌ @BlueSky217
@ApriliaLin @david_ruslie Mudur kau amin klau punya malu..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
โ–ซ๏ธ๐“๐ฐ๐ข๐ญ ๐Ž๐ฉ๐ข๐ง๐ขโ–ซ๏ธ @Twit_Opini
PAN pecah, para pendiri Partai Amanat Nasional : - Goenawan Mohamad - Albert Hasibuan - Abdillah Toha - Prof. Toety Heraty Noerhadi - Zumrotin Mereka mendesak Amien Rais mundur dari PAN. pic.twitter.com/d6oDtwl7VG
 Expand pic
โ–ซ๏ธ๐“๐ฐ๐ข๐ญ ๐Ž๐ฉ๐ข๐ง๐ขโ–ซ๏ธ @Twit_Opini
1. Amien Rais, disebut telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai kekuasaan. 2. Dalam pernyataan dan sikap politik, tidak membangun dan menumbuhkan kerukunan bangsa serta cenderung eksklusif.
โ–ซ๏ธ๐“๐ฐ๐ข๐ญ ๐Ž๐ฉ๐ข๐ง๐ขโ–ซ๏ธ @Twit_Opini
3. Sebagai ilmuwan ilmu politik Amien Rais gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dengan berita kebangkitan PKI. 4. Melakukan dan menyebarkan politik destruktif bagi masa depan bangsa (mis. menyebut Armagedon) dan kelangsungan hidup PAN.
โ–ซ๏ธ๐“๐ฐ๐ข๐ญ ๐Ž๐ฉ๐ข๐ง๐ขโ–ซ๏ธ @Twit_Opini
5. Amien Rais sebagai pribadi dan atas nama PAN seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip PAN sewaktu didirikan.
lalalala @nillatris
@dr_tompi Ingat Gus Dur pernah bilang "Amien Rais akan jadi gelandangan politik selama hidupnya" dan skrg InsyaAllah menjadi kenyataan.
KATUMBIRI @kuwungkuwung1
@dr_tompi Haha..yg nyuruh mundur AR dr PAN kan 'Para Gaek' pendukung si Nganu...Kayaknya mrk mulai panik bin cemas, sdh mendapat pirasat klo junjungannya, Si Nganu 'Dalam Bahaya'.๐Ÿ˜Ž
Rizma Widiono @RizmaWidiono
Ini Surat Terbuka Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur. m.detik.com/news/berita/43โ€ฆ Fokus pd lingkaran merah.. Ternyata...memang strategi agama lah yg slama ini di serang..๐Ÿ‘‡ #Miris pic.twitter.com/dmHqRU7aDa
 Expand pic
๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จJurianto Gultom๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ @GultomJurianto
@RizmaWidiono Itulah fakta sbnrnya dr pak amin rais, slma ni agama mnjd alat beliau utk merebut kekuasaan. Ini sdah tak sejalan lg dgn kriteria2 yg diinginkan pendiri PAN
Load Remaining (72)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.