0
👁 @AgilRSapoetra
Wewe / Wewe Gombel / juga disebut Nenek Gombel adl istilah dlm tradisi Jawa yg berarti roh jahat/ hantu yg suka menculik anak", tetapi tdk mencelakainya. Konon anak yg diculik biasanya anak2 yg kurang di perhatikan oleh orang tuanya.id.m.wikipedia.org/wiki/Wewe_Gomb… #LewatTengahMalam pic.twitter.com/yTnDboo8qT
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Sy tdk bercerita tentang Wewe, tapi suatu kisah yg dulu berkembang di desa kelahiran saya yaitu "Anak wewe", yg lebih sering muncul dari pada ibunya(wewe) #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Entah itu cerita benar atau cuma karangan penduduk terdahulu untuk menakuti anaknya agar tidak nglantur saat bermain, yg pasti sy pernah melihatnya #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Jadi di pinggir desa itu, ada sebuah tanah lapang yg di kelilingi pohon2 bambu, dan katanya di situlah wewe dan "anaknya bersemayam" #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Ayah sy dulu pernah cerita, wktu kecil pernah tuh maen petak umpet di situ, sore menjelang magrib, dan katanya pas temen ayah sy sembunyi, ada yg ngegep dari belakang, sambil bilang "Konangan!!!"(ketahuan), wujudnya anak kecil cewek umur 6-8 tahun #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Langsung aja ke ceritanya, ini sy alami waktu sy masih SD kalo gak salah, waktu itu sekitar jam 4an, sy bermain dengan 4 temen sy, kami maen petak umpet di lokasi tersebut, #LewatTengahMalam pic.twitter.com/qYZRoDORmm
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Awal permainan terasa normal2 aja, kira2 kami maen 4 ronde, pas putaran terakhir tuh sekitar jam 5an, kebetulan sy yg jaga wktu itu, *menghitung dan tutup mata* dan saya mulai nyari temen2 sy yg lagi pada sembunyi #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Beberapa saat sy berhasil nemuin 1 temen saya tinggal dua tuh, sy menyusuri pohon2 bambu, sampe dalem, disitu ada sperti gubug reot, nah sy masuk kesitu tuh, baru mau masuk, ada bau bangkai sangat menyengat sama suara anak ayam 'piyik piyik' #LewatTengahMalam pic.twitter.com/HQ9baGkAos
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Pas mau melangkah masuk tiba2 di belakang saya "krusekkkk!!" & ketawa tapi ditahan kayak suara berbisik gitu, saya langsung noleh dong #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Bener aja sy melihat anak lari kedalam semak2 ilalang, bajunya putih tapi gak jelas, kebetulan salah satu temen sy bajunya putih, jadi sy gak mikir apa2, sy endap2 masuk ke semak2 tersebut, #LewatTengahMalam pic.twitter.com/gNbHV06fir
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Kebetulan semak2 tsb terbelah oleh jalan setapak, sambil liat kanan kiri sy teliti tuh setiap sudut2, smpelah sy di ujung semak2 ilalang, di situ ada pohon randu besar banget, nah di situ sy liat ada baju putih yg nongol dikit, #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Saya deketin tuh, jarak pohon randu kira2 7meter dari jalan setapak itu, saya ngendap2, bajunya jg semakin jelas, kira2 jarak 3 meter, saya sempet berhenti tuh #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Saya fokusin ke baju putih yg nongol dikit itu, sy amati kok bajunya kotor ada warna2 tanah gitu, lusuh, smbil suara ketawa berbisik #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Kira2 1menitan sy mengamati tiba2 *ssseet* baju putih itu tenggelam di balik pohon itu, sy malah jadi yakin kalo itu temen sy, soalnya wujud bajunya jelas banget #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Krn sy yakin, saya mengendap maju selangkah, dan tiba2 aja ada wajah nongol di balik pohon itu, yg pasti itu bukan temen saya, sy gugup tidak bergerak #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Saking gugupnya malah terus sy liatin, perlahan2 dia mulai keluar dari balik pohon itu #LewatTengahMalam pic.twitter.com/VDMIaqj6X0
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Kejadian itu sangat cepat, sampe semua tubuhnyapun kelihatan, (cewek kira2 usia 8 tahunan, seumuran sy spertinya saat itu), dan tiba2 aja : "hihihihihihi" dia ketawa, matanya merah menyala, giginya item2 gitu #LewatTengahMalam pic.twitter.com/AkUCaQMP9j
👁 @AgilRSapoetra
Yg sy inget adl matanya yg merah menyala, di barang yg di genggam di tanganya, sepertinya "Wayang dami" sejenis mainan anak jadul, berbentuk wayang tapi di buat dari jerami #LewatTengahMalam pic.twitter.com/zbEXiQpEld
👁 @AgilRSapoetra
Setelah dia lari dan menghilang di semak2, sy baru bisa lari sampe di check point, ternyata temen2 sy udah pada di situ semua, sy gak nggubris tuh, terus lari sampe rumah, dan sy tidak pernah maen kesitu lagi sampe bertahun-tahun #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Sampe kira2 sy SMP, sebagian pohon2 bambu di tebangi, dan hampir 3/4 semak2 ilalang di bangun rumah, dan sebagian lagi, di bikin lapangan kecil, sy pun berani kesitu buat main layangan #LewatTengahMalam pic.twitter.com/olRZJmd6yD
Expand pic
👁 @AgilRSapoetra
Dulu waktu kecil kakek sy suka cerita, entah mungkin cuma buat nakut2in aku biar gak bandel, kakek sy cerita katanya dulu jaman kakek masih kecil, ada anak kecil yg di culik wewe gombel dan tidak pernah kembali dan itu cewek #LewatTengahMalam
👁 @AgilRSapoetra
Menurut sy sih mungkin saja itu cerita bener, yg di manfaatkan sama orang2 dalam rangka mendidik anak, agar tidak jauh dari pengawasan.. Dan pada masa kecil sy. Dongeng itu cukup manjur untuk mengajarkan anak agar tdk kebablasan dlm bermain #LewatTengahMalam pic.twitter.com/jMpMeH0PF7

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.