Add to Favorite
0
Horrorisme @AgilRSapoetra
Pernah kebayang gak sih kalian jadi saksi mata sebuah pembunuhan, dan di situ kamu gak bisa apa2 cuma bisa ngintip di jendela ngelihat pembantaian #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Ini kisah nyata yg di alami kerabat sy, yaitu adik paling kecil dari kakek sy, sebut saja eyang Tuno, beliau lahir 17 november 1955 di sebuah desa pinggiran kota Temanggung #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Lama gak ketemu, kemarin di acara keluarga kita ngobrol2 smp malem, seperti lagu wajib bagi saya tiap ketemu orang tua selalu minta di ceritain tentang kisah2 jaman dulu #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Sampe akhirnya sy fokus bertanya tentang satu peristiwa kelam di tahun 65an, setelah sy amati ini sangat serem bro, gak bisa ngebayangin deh kalo terjadi sekarang #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Pada tahun itu (1965-70an) lagi gencar2nya tuh pembantaian untuk (Terduga) anggota PKI, nah eyang Tuno adalah salah satu dari sekian banyak saksi mata pembantaian itu #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Kebetulan di desa tempat tinggal eyang tuno banyak sekali orang yg di eksekusi karena di tuduh PKI, keluarga eyang tuno(termasuk kakek sy) adl keluarga yg sempat di tuduh tapi di lepas karena kurang bukti #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Btw kmrn pas eyang tuno cerita, matanya sampe berkaca2 keinget temen2 dan tetangganya yg ikut di bantai, emang katanya sadis banget sih, kalo ketemu tentara sing mending, di tembak, kalo ketemu ormas biasanya di siksa dulu.. #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Nah di semua kejadian itu, ada satu kisah yg blm bisa dilupain sama eyang tuno sampe sekarang, yaitu melihat "kawan sebayanya di bantai dan eyang tuno cuma bisa melihat ngintip dari jendela, tanpa bisa berbuat apa2" #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Waktu itu kamis wage pertengahan bulan juli tahun 1968, kira2 jam11 malem, di sebuah desa, terdengar suara tangisan yg sudah di anggap biasa, kegiatan itu populer dengan istilah "Resik-resik oyot" yg bahasa indonesianya "Bersih-bersih akar" #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Sesekali terdengar pekikan takbir dan teriakan ganyang PKI!!, dengan segera orang2 desa menutup semua jendela pura2 tak tau di luar sedang terjadi apa, #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Jam 00.30, suara kaca pecah terdengar dari rumah sebelah, yg tak lain adalah rumah "kirno" sahabat teman bermain eyang tuno, suara bapaknya "kirno" :"ampun kulo namung tumbas pupuk" (ampun sy cuma beli pupuk) #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Usut punya usut bapaknya "kirno" sempet beli pupuk dari "SOPSI" kalo gak salah kmrn, sebuah asosiasi pedagang/organisasi under bow dari partai PKI #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
"HALAH DE MESTI ANGGOTA, IKI BUKTINE NOTA PEMBELIAN 5 TAHUNAN," intinya si algojo punya bukti nota pembelian pupuk selama 5 tahunan dan bpknya kirno di tuduh seperti menjadi donatur dlm pergerakan PKI karena mjd pelanggan setia dari organisasi tersebut #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
tidak ada suara tembakan di malam itu, cuma suara gaduh benda yg di pukulkan ke tubuh "beg..beg..beg!!!!" Tiba2 eyang tuno dari kamar , mendengar suara .... "Asuuuu ojo nganu bapakne aku!!" anjing kamu jangan nyakitin bapakku,!! #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Kata eyang tuno, kirno adalah anak paling pemberani, diantara sebayanya... Dengan sedikit ketakutan eyang tuno ngintip lewat jendela kamarnya #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Bapakkkkk!!!!! Suara kirno, Kirno adl anak yatim, dia dirumah cuma berdua dengan ayahnya, ibunya sdh meninggal beberapa tahun sebelumnya #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Suara tangisan kirno sambil mengamuk, "Asu kabeh de"!!( anjing semua kalian) "gubrakkk!! Gedebug.. Kiro berlari menjerit!! Seakan mau minta bantuan ke rumah eyang tuno tapi apalah daya, #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Eyang tuno sempat berbisik heyy rene cepet(kesini cepat), tapi kirno tdk denger.. Sambil terus mengintip.. Kirno berlari melewati gang sela antara rumah eyang tuno dan kirno #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Sampe akhirnya dia di cegat dari depan dan belakang, tepat di depan jendela kamar eyang tuno ngintip, kirno tertangkap, dan terus mengumpat dan meronta" #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Mungkin karena si algojo emosi, terjadilah pembantaian tsb, dan eyang tuno cuma bisa mengintip dari jendela kamarnya, #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Caaasss,,,, sabetan "ndorit" (sejenis senjata tajam antara golok dan arit, biasannya buat ngupas kelapa tua) Ndorit itu bersarang di pelipis kirno, membabi buta, sampe kirno tak bernyawa #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Dan eyang tuno cuma bisa liat dari sela2 jendela, kebayang gak sih liat temen km sendiri di bantai di depanmu #LewatTengahMalam
Horrorisme @AgilRSapoetra
Sadisnya, jenazah kirno sempet di tinggal dengan tengkorak menganga, sebelum akhirnya subuh di angkut oleh sekelompok orang dan sekarangpun entah dimana kuburnya, bayangin anak umur 12tahun di bantai sebegitu kejamnya #LewatTengahMalam
Load Remaining (4)
Login and hide ads.