1
Amalia Paravoti @lovoti
Memahami Bunuh Diri pada Anak A THREAD 🛑🛑🛑🛑🛑🛑🛑 pic.twitter.com/z8Du3Grk80
Expand pic
Amalia Paravoti @lovoti
“Ma, aku mau mati aja!” atau “Ma, aku mau bunuh diri aja.” Bikin panik dong ya dengernya. Apa sih yang bisa dilakukan? Hal pertama adalah gak panik. Mungkin aja nih, dia sekedar ngomong aja, asal tahu karena denger dari sinetron gitu mungkin.
Amalia Paravoti @lovoti
Hal kedua = gali apapun informasi ttg bunuh diri menurut persepsi dia. Misal, “Adek, bunuh diri itu apa sih? Itu kyk gimana ya emangnya? Adek tau darimana sih” dsb Yg perlu diingat pd langkah ini adlh mendengarkan, hanya mendengarkan dan menggali, tidak boleh ada kata2 judgment.
Amalia Paravoti @lovoti
Kata judgmental seperti apa? “Adek, kok bilangnya gitu.” “Adek, bunuh diri itu dosa lo” apalagi “ngapain sih pake bunuh diri segala” please jangan ya hehe itu akan menghambat kita untuk mendapat informasi persepsi dia mengenai kematian.
Amalia Paravoti @lovoti
Stlh kita mendengarkan, pahami keluh kesahnya,beri apresiasi thdpceritanya. “Wah, adek ternyata sudah besar ya tahu hal itu. Adek klo butuh tmpt cerita mama mau kok jd tempat ceritanya adek. Nanti stlh cerita kita bs saling berpelukan, oke?” poin dari langkah ini adlh penerimaan
Amalia Paravoti @lovoti
Jika memang masih berlanjut, coba pelan-pelan kita urai. Coba berikan pengertian bahwa bunuh diri itu tidak baik. Usahakan berikan pemahaman yang real, bukan yang abstrak.
Amalia Paravoti @lovoti
Drpd mengatakan “bunuh diri itu dosa” lebih baik “bunuh diri itu bikin mama papa sedih, nnt mama sama papa main sm siapa? Nnt adek gbs ngasih makan kucing, gabisa main sama temen-temen sekolah, gabisa nonton film bareng.” dan sebutkan semua hal-hal lain aktivitas yang anak sukai.
Amalia Paravoti @lovoti
Jika memang masih berlanjut, silahkan cari pertolongan tenaga ahli psikolog maupun psikiater hehehe. Salam sehat jiwa sejak usia dini!
Amalia Paravoti @lovoti
Konsep dosa belum sepenuhnya dapat dipahami anak. Karena itu melibatkan tahap perkembangan kognitif yang belum dicapai oleh anak. Lebih baik beri pemahaman dgn menggunakan contoh nyata.
Amalia Paravoti @lovoti
@auranswp @jiemiardian Hehe makasih mba. Ini sekedar menuangkan apa yg didapat di kuliah ☺️😁
Nurul Manasir 🌻 @uulmanatwit
@lovoti akibat ada org terdekat yg jdi korban bunuh diri alhasil kednger dgn ponakan wa umur 5th dan dia sempet lihat foto alm. stiap nama alm disebut dia ngerespon "bunuh diri" dan aku cuma marahin "heh jgn sebut2 gitu gak boleh dek" what a bad response from me 🤦🏻‍♀️
Nurul Manasir 🌻 @uulmanatwit
@lovoti btw, mnurut aku org yg bnuh diri itu adalah korban. dia korban yg disakiti oleh jiwa dan pikirannya 😭 semoga tidak ada lg yg menjadi korban meninggal dgn cara demikian, tapi jika Allah sudah mengatur takdirnya kita harus ikhlas dan slalu mendoakannya 🙏🏻
comeil @chomielmingki
@lovoti Thread yang bagus, saat sd kuhampir terjun lewat jendela kamar.. dan aku bersyukur aku masih diberi kesadaran dan kehidupan sampai umurku 24th skrag ini..

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.