"Tak semua yg dipanggil Habib keturunan Nabi." Mahfud MD Meluruskan Salah Kaprah Sebutan Nabi Pada Seseorang

Baru tau saya
0
Mahfud MD @mohmahfudmd

Bnyk orang tak paham arti Habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kpd kpd seseorang. Misal kpd Rektor, Menteri, Dirut PJKA. Tak semua yg dipanggil Habib keturunan Nabi. Keturunan Nabi sebutannya ada 2: 1) Syarif/Syarifah (jalur Hasan); 2) Sayyid/Sayyidah (jalur Husein).

19/12/2018 18:43:22 WIB
Mumukruse @Mumukruse

@koenhan @mohmahfudmd Twit prof Mahfud kurang lengkap. Yg dijelaskan cuma "habib" menurut bahasa. Sedangkan "habib" menurut istilah ga sesederhana itu. Tergantung objeknya dan lokasi.

19/12/2018 19:20:19 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Bnyk yg sok tahu sj ttg arti Habib, lalu menyalahkan orng yg tahu. Habib itu kira2 artinya Yang Terhormat atau Tuan, spt Tuan Hamid. Nazaruddin yg bendahara Partai Demokrat itu dulu dipanggil Habib oleh orang2 Pasuruan. Sekali lagi, yg dipanggil Habib itu blm tentu keturunan Nabi twitter.com/koenhan/status…

19/12/2018 18:52:50 WIB
ARK.Bookstore®️ @ShaqeerAkhmad

@mohmahfudmd Habib” yang yang secara tekstual berarti “kekasih” adalah gelar kehormatan yang ditujukan kepada para keturunan Nabi Muhammad SAW yang tinggal di daerah Lembah Hadhramaut, Yaman; Asia Tenggara; dan Pesisir Swahili, Afrika Timur.

19/12/2018 19:04:14 WIB
hs_thinker @HsThinker

@mohmahfudmd Makna kata habib sdh clear dr dulu..habib belum tentu jg bukan keturunan Nabi kan? Kalo keturunan Nabi yg sanadnya sdh jelas dihinakan, gmn? Apakah diserahkan ke hukum yg sdh nyata tdk berpihak pd keadilan? Sbg org yg berpikir, kita sbnrnya paham negara ini sdg darurat keadilan..

19/12/2018 19:04:06 WIB
He Who Must Not Be Named @wargalama

@mohmahfudmd Oke, belum tentu dan pasti ada juga yang emang keturunan nabi d panggil habib..

19/12/2018 18:55:19 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Banyak, dong. Itu kan sebutan sayang dan hormat kpd orang lain. Tp yg bkn keturunan Nabi blh jg dipanggil Habib. Yg keturunan Nabi misalnya Sayyidah Uga Wiranto atau Syarifah Najwa Shihab, tergantung apakah jalur Hasan atau Jalur Husein. twitter.com/wargalama/stat…

19/12/2018 19:02:04 WIB
Domba Tersesat @BaniIsrail__

@mohmahfudmd ‘Gelar’ habib, tidak bisa disematkan kepada setiap sayyid. Setiap habib harus sayyid, tetapi sayyid belum tentu habib. Seorang sayyid tidak bisa mengatakan bahwa dirinya sendiri adalah habib.

19/12/2018 19:02:52 WIB
kepalabagian @kolempencapir

@mohmahfudmd Gimana prof kalo bikin iklan meluruskan atau mengedukasi mengenai pemahaman2 dasar seperti ini,supaya jangan hanya netizen yang paham, bapak @Kemenag_RI Kemenag_RI bisa atuh di bantu ya?

19/12/2018 19:35:20 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil Habib. Pernah pula mendapat surat dlm Bahasa Arab yg ditujukan kpd Alhabib Mahfud. Ada juga sih orang biasa yg memang memakai habib, misal, Jenderal Hasnan Habib dan Sdr. Habib Chirzin twitter.com/dinasthi_579/s…

19/12/2018 19:43:13 WIB
#Kebenarantidakakan tertukar @MataHati2283

@mohmahfudmd Maaf pak mahfud? Panjenengan seorang yang saya kaguni n hormati, kenapa memanggil habib bahar dengan sebutan 'bakar bin smit' mohon penjelasan, apakah ada niat anda mengolok olok? @mohmahfudmd

19/12/2018 07:45:58 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Sy tak sebut Bahar bin Smith krn yg tampak dlm video itu tak persis spt Bahar, badannya terlalu kekar, tinggi, berisi. Mungkin itu orng lain yg mirip. Kalau sy sebut Bahar dan ternyata bkn maka sy salah. Maka sy sebut Bakar bin Smis sj, spt kalau polisi nyebut inisial tersangka. twitter.com/matahati2283/s…

19/12/2018 19:56:39 WIB
kelelawar Malam @bokmen

@mohmahfudmd Ada habib novel bamukmin...yg gak jelas tapi namanya habib.

19/12/2018 19:56:18 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Ada juga orang Demak, Jawa asli. Namanya Habib al Rahman el Shirazy. Itu loh, penulis novel Ayat-ayat Cinta. twitter.com/bokmen/status/…

19/12/2018 20:01:12 WIB
Rikas khan_007 @rikas_khan

@BossToukeeIsa @mohmahfudmd secara nasab keturunan rosululloh mmg putus, karena nasab dlm islam ditarik dari garis laki2,, secara pribadi saya tidaklah menggunakan istilah habib, saya lbh setuju pendapat prof..

19/12/2018 20:12:36 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

👍😁 Rikaz. Yang penting paham saja proporsi penggunaannya. Mau menggunakan atau tidak, boleh saja. twitter.com/rikas_khan/sta…

19/12/2018 20:15:16 WIB
Zaen @Zaen44814460

@mohmahfudmd Ngapunten 🙏 Kalau boleh tau, Habib Riziek dan Habib Bahar itu dzurriyahnya nabi Muhammad saw apa bukan pak?

19/12/2018 20:15:32 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Maaf, saya tak tahu juga. Saya tak ingin tahu shg tak pernah bertanya ttg kenyataannya. Tak enak mau nanya. twitter.com/zaen44814460/s…

19/12/2018 20:17:59 WIB
Sandi Agreta @AgretaSandi

@mohmahfudmd Penjelasan org yg benar2 cerdas prof @mohmahfudmd, jgn sampai nnti apa yg kita maksud dipelintir oleh org2 munafik yg menggiring opini..

19/12/2018 20:45:42 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Ya, dong. Bs jadi itu pancingan agar ada yang menyebut nama. Kalau ternyata salah, yg nyebut bisa dilaporkan ke polisi. Puluhan tahun sy mengeluti hukum, bs terjadi hal spt itu. Maka sy sebut sj Bakar yg mungkkin sedang latihan silat. Pesan substantifnya kan sampai juga. twitter.com/agretasandi/st…

19/12/2018 20:53:39 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!