1

Jakarta - Habib Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penganiayaan terhadap dua remaja berinisial CAJ (18) dan MKUAM (17). Bahar kini ditahan penyidik Polda Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai penahanan Bahar sebagai kriminalisasi ulama. Menurutnya, penahanan Bahar ini sebagai bentuk diskriminasi hukum.

"Penahanan Habib Bahar Smith ini bukti kriminalisasi ulama dan diskriminasi hukum di Indonesia," kata Fadli lewat akun Twitter-nya seperti dilihat, Rabu (19/12/2018).

Bahar ditahan setelah menjalani pemeriksaan pada Selasa (18/12). Polisi menetapkan Bahar sebagai tersangka penganiayaan berdasarkan alat bukti yang dimiliki oleh penyidik.

Terkait hal ini, Fadli menganggap hukum telah dijadikan alat kekuasaan untuk menakuti oposisi. Dia mengatakan penahanan ini sebagai ancaman demokrasi.

"Hukum telah dijadikan alat kekuasaan, alat menakuti oposisi n suara kritis. Selain itu tentu tindakan penahanan ini ancaman thd demokrasi. Kezaliman yg sempurna," demikian tulis politikus Partai Gerindra ini.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan empat orang lain sebagai tersangka yakni Habib Hamdi, Habib Husen Alatas, Sogih, Agil Yahya alias Habib Agil, dan H Muhamad Abdul Basit Iskandar.

Polisi menyatakan CAJ dan MKUAM mengalami luka-luka. Selain mengalami penganiayaan, CAJ dan MKUAM diadu berkelahi.

"Setelah penganiayaan, korban (antara korban) disuruh berkelahi," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Maryoto
di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018) malam.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Iksantyo Bagus menambahkan rambut korban digunduli oleh santri. "Rambut korban digunduli oleh salah seorang santri atas perintah Saudara BS (Bahar)," kata Iksantyo Bagus.

Sekitar pukul 23.00 WIB, keduanya diperbolehkan pulang. CAJ dibawa pulang oleh orang tuanya, sementara MKUAM diantar oleh salah seorang santri. Dalam perjalanan pulang, keduanya berobat ke sebuah rumah sakit.

Kasus dugaan penganiayaan tersebut terjadi pada Sabtu (1/12). Peristiwa terjadi di Pesantren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kasus penganiayaan ini dilaporkan ke Polres Bogor pada Rabu (5/12) dengan laporan polisi nomor LP/B/1125/XI/I/2018/JBR/Res.Bgr.

Polisi menjerat Habib Bahar dengan pasal berlapis yakni Pasal 170 ayat (2) KUHP, Pasal 351 ayat (2) KUHP, Pasal 333 ayat (2) KUHP, dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

sumber:
https://news.detik.com/berita/4349977/habib-bahar-ditahan-fadli-zon-bukti-kriminalisasi-ulama

#NO2ISIS @TolakBigotRI
Mohon maaf video ini mengandung kekerasan, tapi dengan video ini kita sudah tahu Adabnya Bahar Smith tidak layak Dipanggil Habib/Kyai. Ini adegan Bahar Smith Menganiaya Seseorang dan sekarang Bahar Smith sebagai Tersangka kasus Penganiayaan bahkan ditahan. Selamat menikmati! pic.twitter.com/57eMgMW38t
Habib Think @habibthink
Bahar bin Smith ditahan bukan karena kasus menghina Pak Jokowi ya, tetapi karena kasus penganiayaan remaja di Bogor. Tolong bagi kampret yang sudah terlanjur menggoreng kasus ini agar segera bertaubat. Syukron.
Habib Think @habibthink
Lagipula dia memang memilih untuk membusuk dipenjara. Jadi ga perlu digoreng lagi ya pret.
Habib Think @habibthink
Namun kita harus sedikit memberikan apresiasi atas keberanian Bahar bin Smith dalam menghadapi kasus hukum Coba kalau dia tiba2 umroh terus ga balik2?
nurizha, muhammad ersan @nrzhersan
@habibthink kadang kasian sama polisi, harus bijak dalam ambil keputusan. seandainya kemarin si bahar ditangkep karena menghina jokowi, pasti didemo masyarakat, ngegoreng soal kriminalisasi ulama. kalau ngga ada ini kasus ya dia bebas berkeliaran jadi masih mau bilang hukum tajam ke bawah?
Mecin Otoriter @EatSoto
@habibthink Niat mo menjarain orang gitu amat bib ni rezim. Lu itung aja brapa kali gonta ganti pasal. Kualat lu semua.
Romario @FAKhrist
@habibthink @imanbr Ditahanan nanti, cuma boleh pake kaos ama celana pendek, rambut dipendekin dan wajib pake kolor. Sekedar ingetin aja, gak boleh kirim baju terusan doang.
MZ HANZ @hanjenif
@mamunrazaq @habibthink Astagfirulloh, persekusi, keroyokan, pengecut!! Naudzubillah
Budi @Loser72612543
@EatSoto @habibthink Pret cuci muka dulu. Biar tolol mu sedikit berkurang
hanifah_andini @hanifah932
Dr awal dgr namany sj sdh tdk respect, skrg ini ad aj yg dgn mdhnya mnjadikn diriny HABIB, dgn perilaku yg tdk mencerminkan seorang HABIB, semoga #muslim yg ingin bljr agama tlg lah sm org yg mmg betul2 phm, bkn asl ikut kajian, tp kajianny mmberikan contoh yg tdk baik 🙏 pic.twitter.com/1trxuGcJw7
🇮🇩Nur Syahbana🇲🇨 @NurSyahbana9
Menurut Fadli Zon penahanan Bahar bin Smith ini kriminalisasi ulama Saya betul-betul gagal faham dengan cara berpikirnya Fadli, Bahar bin Smith perilakunya seperti ini kok di bela Apakah rela anaknya Fadli Zon di perlakukan seperti ini...?👇#Mikir pic.twitter.com/RmWGptMuLw
Faizal Assegaf @faizalassegaf
Saya pastikan @fadlizon sdh gila, hidup di era kepemimpina @jokowi yg sangat demokratis & bebas berpendpt, tp lucunya menyimpulkn: Kasus Bahar Smith adlh kezaliman yg sempurna. Dia lupa, aneka kejahatan Orba dlm kasus pembantaian muslim di Tj Priok, penculikan aktivis, dll. *FA*
aladintea @aladintea70
@faizalassegaf @fadlizon @jokowi Entah Fadli Zon itu masih pantaskah iya menyandang gelar makhluk hidup yg di sebut manusia. Sdngkan manusia punya hati akal pikiran. Tiap saat kerjanya orang itu cuma menghasut dan memfitnah. Ya Allah mohon petunjuk mu.
Load Remaining (58)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.