0
Ari Murtono @RealForJKW
Pantesan klu polling di media sosial pasangan PARBOWO - SANDI selalu menang. Ini lho analisanya.. cnnindonesia.com/nasional/20181… jadi jangan terkecoh dan takut klu kubu 02 selalu menang di MEDSOS. Kita sebut saja PARBOWO - SANDI Presiden MEDSOS

Jakarta, CNN Indonesia -- Pendukung pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di media sosial diduga lebih banyak bergerak sebagai pasukan siber dengan komando terpusat. Sementara, pendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih banyak bergerak secara individual.

Selain itu, kalangan pendukung Prabowo-Sandi juga lebih banyak memiliki akun media sosial yang mencurigakan. Cirinya, akun yang baru dibuat dan dengan pengikut atau follower sedikit.

Hal itu didasarkan oleh analisis media sosial dari perusahaan analis big data GDILab (Generasi Digital Indonesia) sepanjang 2018.

"Dapat diindikasikan perilaku di kluster paslon Prabowo-Sandi terindikasi cyber troops, sementara kluster pendukung paslon Jokowi-Ma'ruf terindikasi dukungan individu," kata Chief Business dan co-founder GDILab Jeffry Dinomo alias Uje, dalam ForuMedsoSehat, di Jakarta, Minggu (16/12).

Itu didasarkan atas tiga hal. Pertama, perbandingan jumlah konten unggahan orisinal dan bukan unggahan ulang atau retweet.

Dari hasil analisis pihaknya, pendukung Jokowi-Ma'ruf memiliki 14,7 persen konten orisinal yang berisi program kerja yang sudah dan akan dikerjakan jika terpilih lagi. Misalnya, soal pengoperasian tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Selain itu, 69,4 persen konten mereka merupakan retweet konten asli dan 15,9 persen konten mendapatkan balasan berupa komentar.

Di sisi lain, pendukung Prabowo-Sandi hanya memiliki 1,3 persen konten asli alias hasil postingan sendiri. Sementara, konten retweet mencapai 89,7 persen, dan hanya 8,9 persen membalas. Contohnya, dalam hal isu reuni 212.

Kedua, koordinasi yang baik dalam isu tertentu. Uje berpendapat konten yang dihasilkan kubu Prabowo-Sandi lebih terkoordinasi dengan baik. Namun secara interaksi, konten pendukung Jokowi dinilai lebih baik.

"Jadi biasanya dari seginya Prabowo itu hanya untuk menggunakan medsos untuk menaikkan salah satu isu kemudian diviralkan. Kalau di timses jokowi kebalikannya, mereka lebih menyampaikan untuk menghasilkan percakapan yang baik," tuturnya.

Menurut Uje, konten yang baik adalah konten yang terjadi melalui percakapan. Jadi, ketika ada yang menyampaikan sebuah informasi, ada yang menerimanya.

"Kalau sekarang yang terjadi tidak seperti itu. Kebanyakan konten setelah disampaikan langsung disebarkan, bukan dikonfirmasi dulu," lanjutnya.

Ketiga, jumlah akun dengan perilaku mencurigakan atau suspicious behaviour yang lebih besar di kubu Prabowo. Hal ini diindikasikan dengan cukup banyaknya partisipan alias pendukung yang berasal dari akun-akun dengan jumlah follower di bawah 50 dan usia akun di bawah 6 bulan.

"Beberapa di antaranya banyak yang baru lahir di bulan Desember. Ada 3,8 persen akun yang terlibat di kluster Jokowi-Ma'ruf dan terindikasi, sedangkan 4,9 persen akun yang terlibat di kluster Prabowo-Sandi yang terindikasi," lanjutnya.

"Secara prosentase, terhadap keterlibatan di masing-masing akun, kluster Prabowo-Sandi prosentase suspicious account lebih besar," Uje menambahkan.

Kendati demikian, Uje enggan menjawab apakah akun-akun mencurigakan ini dikomandoi oleh seorang konsultan. Dia hanya membenarkan bahwa perilaku ini terpusat.

"Kalau ada konsultan atau enggak, saya tidak tahu, tapi yang pasti itu memang terpusat. Kita enggak sampai membedah siapa mastermind," tutupnya.

Pihak Prabowo-Sandi maupun kubu Jokowi-Ma'ruf belum menanggapi perihal hasil analisis ini.

Cassandra Amelia @CassandraAmeli6
@RealForJKW wkwkwk julukan yg bagus. maklumin aja mas,, karena ga bisa kasih kerja nyata ya akhirnya bikin hoax di dunia maya. Masyarakat wes pinter koq 🙂 #SandiwaraUnoKardus
Ari Murtono @RealForJKW
@CassandraAmeli6 Ternyata gerakan Pendukung PARBOWO-SANDI di medsos tukang retweet dan Like.
Tirani Oposisi @OposisiTirani
@RealForJKW @purwo82092883 waduh akun gw termasuk mencurigakan dong? gw cuma rakyat biasa... pakai nama samaran supaya ngga dipersekusi sama kubu capres goblok kerjanya persekusi orang tuh yg ngga setuju sama kegoblokannya
Cassandra Amelia @CassandraAmeli6
@RealForJKW ya karena mau jawab pake data juga ora iso mas jadi bisanya begitu aja.. 😁 #SandiwaraUnoKardus
🅰️ri Bulòlò @ariantobulolo
@RealForJKW Haha... Berkembang biak ya akun bot para kampret.
INDONESIA MAJU @hendriabidin2
@ariantobulolo @RealForJKW 1 org pegang 10 hp cina harga 300 rebuan ,.. 100 akun 🤣
Novie Sylvia @sylvia_novie
@RealForJKW Yg penting april 2019.. Krn ga bisa lewat medsos 😁
caramel @PenguntaiKata
@RealForJKW Dukung penuh PraboSan jadi presiden medsos 👍 Presiden RI tetap Jokowi saja 😊
Namaku Rizal Ga Kabur...😎 @Bison239
@RealForJKW Keyboard warrior nya bejibun....realnya sih 17 April 2019 yak...01 for real presiden bukan kaleng2.. Miahahhahahahaahha
Ari Murtono @RealForJKW
@OposisiTirani @purwo82092883 Pakai nama asli saja klu debat dng pendukung Parbowo tetap dianggap anonim, apalagi pakai nama samaran.
al-faqirah @faqirah82
@RealForJKW @Agenk92186620 wk,wk..pantes aja ngomong sana sini era Jokowi cari kerja susah,,ya kalau malas,maunya kerja colek2 keyboard,,dapt duit,,emang duit siapa yg mau dikasih,,prabowonya aja sudah bangkrut sekarang ngemis sama rakyat yg dukung..
Manur Herlina Pangaribuan @ManurHerlina
@RealForJKW @OposisiTirani @purwo82092883 Dan mereka langsung kepo... Lalu memaki2 kita dengan segala atribut kita... Kalau saya langsung mereka masukkan ke pendukung A Hok.. Tapir katanya... Biarlah suka2 mereka... 😂😂😂
jendral707 @Adekke44
@RealForJKW Senengin kubu lawan napa om...😃walo jd presiden cuma dimedsos jg sdh buat mereka bahagia.....yg penting pak jokowi ttp presiden RI 👍
Ari Murtono @RealForJKW
@rizal_yudistira Kalau nyenengin kubu lawan sama saja membohongi dong, kasihan dulu sdh dibohongi sama Ratna Sarumpaet.
Bincau KAL-SEL @OdyiusJacare
@RealForJKW @yoris_ab Heddeeh blg aja jasmev kelen dah kolap d hajar MCA
Ari Murtono @RealForJKW
@OdyiusJacare @yoris_ab 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂 pic.twitter.com/FXFwn7w2Zk
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.