0

AKURAT.CO, Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP-LEM-SPSI) menggelar aksi di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Ketua DPD FSP-LEM-SPSI Yulianto DKI Jakarta, mengatakan pihaknya menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menepati janji kampanyenya yang ingin menaikan menaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta. Merujuk janji pada Pilgub 2019, Anies berjanji menaikan UMP di atas persentase yang diperoleh dari rumus pengupahan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.

"Menetapkan upah minimum DKI Jakarta lebih tinggi dari yang ditentukan dalam PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, melalui mekanisme Dewan Pengupahan," kata Yulianto di depan Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

URL akurat.co 4 Buruh Tagih Janji Anies, Mulai Naikan Upah hingga Hapus Sistem Outsourcing Buruh minta Gubernur Anies menaikan upah mereka dan menghentikan sistem kerja ou..

Yulianto melanjutkan, Anies berjanji akan menetapkan upah sektoral, struktur dan skala upah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dia juga menuntut, agar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mencabut Peraturan Menteri (Permen) Nomor 15 Tahun 2018. Peraturan tersebut dinilai tidak memihak terhadap buruh, justru menyengsarakan.

"Sederhana. Tujuannya saja Menteri Dhakiri kan nekat mengeluarkan Permen Nomor 15 Tahun 2018 tentang upah minimum, tentang UMP tentang UMSP," terangnya.

"Tentang UMSP kita sedang berunding nih dari federasi asosiasi. Itu kan sudah berunding mulai perundingan pertama kedua ketiga bahkan semalam sampai pukul 00.30 WIB untuk otomotif," pungkasnya.

Berikut 10 butir kontrak politik "Sepultura" dengan Anies-Sandi:

*1. Menetapkan upah minimum DKI Jakarta lebih tinggi dari yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, melalui mekanisme Dewan Pengupahan, serta menetapkan upah sektoral, struktur dan skala upah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

  1. Menghentikan sistem kerja outsourcing, kerja kontrak dan pemagangan buruh di DKI Jakarta sesuai dengan UU Ketenagakerjaan, dan tidak sesuai dengan Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2013, yang membatasi outsourcing hanya untuk lima jenis pekerjaan saja.

  2. Subsidi kepemilikan tempat tinggal murah di DKI Jakarta (Rusunami) untuk buruh yang bekerja dan berdomisili resmi di wilayah DKI Jakarta dengan DP 0 rupiah.

  3. Menyediakan transportasi publik terjangkau dan bersubsidi untuk buruh termasuk di kawasan-kawasan industri.

  4. Mengupayakan penerapan semacam sistem jaminan sosial bagi buruh korban PHK, serta mewajibkan perusahaan-perusahaan di wilayah DKI Jakarta untuk memprioritaskan wearga resmi DKI Jakarta untuk mengisi lowongan kerja di perusahaan bersangkutan, termasuk mempertahankan pekerja PPSU yang sekarang ada, dan meningkatkan kesejahteraannya.

  5. Pendidikan gratis hingga tingkat SMA/sederajat, beasiswa perguruan tinggi (KMJU), KJP Plus bagi buruh dan keluarganya yang merupakan warga resmi DKI Jakarta.

  6. Tolak reklamasi teluk Jakarta dan penggusuran dengan cara-cara yang tidak manusiawi di DKI Jakarta.

  7. Angkat guru dan tenaga pendukung honorer sekolah-sekolah negeri di wilayah DKI Jakarta menjadi Aparatur Sipil Negara, serta tingkatkan upah dan tunjangan guru swasta (PAUD, Madrasah, dan Yayasan) setara UMP bagi yang memenuhi syarat dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  8. Mengupayakan penerapan semacam sistem jaminan sosial kesehatan yang meliputi jaminan kesehatan gratis, KJS Plus untuk buruh dan keluarganya dan mewajibkan seluruh perusahaan di DKI Jakarta untuk memiliki program jaminan pensiun.

  9. Mengusahakan koperasi-koperasi buruh untuk menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta dalam membantu kesejahteraan buruh DKI Jakarta, serta memberi peluang bagi buruh untuk berpartisipasi dalam program OK OCE.*[]

URL akurat.co 1 Nikah Gratis Malam Tahun Baru, Anies Targetkan Diikuti 700 Pasangan "Sekarang sedang dalam proses pengumpulan pendaftar untuk kegiatan nikah masal,"..

Netizen Maha Benar!!!!

Abidaris @jemy_rengge
1. Dasar buruh demo mulu tiap tahun, menggangu pengguna jalan aja.. ngga bersyukur banget jadi orang! (komentar orang yg ternyata pekerja juga) Lah ente kira nilai Upah pertahun siapa yang ngrundingin? Jakarta bisa nilainya tinggi siapa yang seneng. mereka yang tidak ikut_...
Abidaris @jemy_rengge
2. _Demo, ngrasain hasil keputusan UMP itu siapa yg berunding? Tahu aturan dan baca setiap apa yang sampean komentari nda toh?. Pahamilaah regulasi pengupahan pekerja, demo punya motor bagus juga kredit.. Coba klo pengupahan do DKI pada bagus sopo sing seneng?
Abidaris @jemy_rengge
3. Apa maksudnya biarin Upah kecil saja? kebutuhan sampean dan keluarga yang selangit cukup gali lubanh tutup lubang? Kita sebagai buruh ya mempertimbangkan lah.. pertumbuhan ekonomi seperti apa, dan upah setiap sektor pekerjaan juga tidak di pukul rata.! Mbok jangan asal komen
refibianconeri @Refibianconeri
@kompascom Buruh kenapa demo k balai kota,, kan serikat kalian yang dukung gubenur baru, sampai kalian d ajak makan d puncak, kenapa sekarang demo.. kalian yang milih , kalian yang demo juga... #dikibulinya
roery @ask_rizqi
Demo buruh Jakarta Barat di Tugu Tani, menuntut UMP DKI Jakarta direvisi. Pesertanya naik motor-motor keluaran terbaru 😌
Gofar Hilman @pergijauh
Tips nih, misal gaji lo sekarang segitu-gitu aja, langkah yang paling tepat dan cepat biar gak puyeng adalah jangan terlalu mikirin gimana caranya buat naekin gaji, tapi coba turunin gaya hidup
roery @ask_rizqi
@Ahmaddaud8 Betul. Kalo nurutin gaya hidup, berapapun penghasilan nda bakal cukup.
Ahmaddaud @Ahmaddaud04
@ask_rizqi Teriaknya sejahterakan buruh, lah elu udh sejahtera wkwkwk 🤣
Gerhan D. Eriyanda @D3sperate_gj
@ask_rizqi LOL sama kayak pas demo dicakung naeknya ninja ama cbr gw aja naek motor udah rusak2an
roery @ask_rizqi
@Des3Yer_G Wkwkwk, gengsi kali ya motor uda gede tapi gajinya kecil 😂
Gerhan D. Eriyanda @D3sperate_gj
@ask_rizqi Udah gitu make jaket kulit lagi entah kw ato asli
Sultan @TemanRaja
Hari ini demo buruh lagi diJakarta. Pasti akan macet parah dihari kerja ini. Bersyukur itu penting agar hidup menjadi lebih baik. Atau kalau ingin gaji itu besar tingkatkan SDM dan KREATIF. Cari lapangan pekerjaan baru atau tingkatkan kreatifitas buka pekerjaan baru.
Beruang Cokelat @rickytampi_
Padahal dulu kaum buruh menjadi salah satu cikal bakalnya komunisme masuk ke Indonesia, cuma kenapa sekarang tiap demo hanya menuntut hak pribadinya saja Apa mungkin sekarang semakin kritis semakin cepat "hilang"
Mirza Quanta Ahady H @mirza_husainiy
Suporter bola kalo ke stadion ndak pake helm Mahasiswa / buruh demo ke lokasi ndak pake helm Ya ndak kenapa2 tuh lewat pos polisi cuma kayak lewat polisi tidur aja Inilah contoh pembiaran yang lama2 bisa jadi budaya Hukum sudah gak berlaku kalo udah gini
Private @yusronahmad_
gak kebayang nanti 2025 para buruh demo kenaikan gaji demonya pakai motor ninja,Pcx,xmax atau mungkin pakai Hurley 😂
Private @yusronahmad_
UMR naik jadi gede motor juga akan gede-gede 😞
[fy] @7sky2dny
@mujiono76 @MasYant49399445 @Edi_Saendang @detikcom @jokowi Buruh ? Lo liat klo buruh demo mrk bwa motor. Jujur ya, motor mrk jauh bgs drpd motor gw. Trs klo lo mw gaji buruh naik tinggi tp perusahaanny cabut Dr Indo lo mw tanggung jwb ?

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.