5
Mande Austriono @mondododo
Gw yakin sebagian besar temen2 tau lah ya dengan satu keluarga kreatif asal Bandung yang bernama β€˜The Babybirds’ - instagram.com/thebabybirds Ya, ceritanya di tahun 2016 kemaren gw diminta sama mereka buat bantu ngerancang ulang rumahnya yang terletak di Antapagne. β€” A thread; pic.twitter.com/HInGwUk9B9
 Expand pic
Destini @destinipl
@mondododo Waah ini rumahnya Rinjani yaa? Ku follow BB family di IG.
Mande Austriono @mondododo
Briefnya cukup simpel, pengen nambah kamar untuk anaknya yang udah beranjak dewasa plus studio kecil dimana mereka bisa fokus berprakarya membuat berbagai macam produk lucu. Tapi dengan kesimpelannya itu, membuat proyek renovasi ini jadi proyek yang seru dan menegangkan haha..
Mande Austriono @mondododo
Seru karena mereka membebaskan gw untuk mengeluarkan ide apapun, tapi juga sekaligus menegangkan karena jangan sampe desainnya mengecewakan mereka, sahabat gw sendiri. XD
Mande Austriono @mondododo
Oia, hal yang paling menyenangkan dalam mendesain sebuah proyek renovasi adalah membandingkan foto kondisi sebelum rumah tersebut dihancurkan dengan foto keadaan setelahnya. Foto di atas adalah kondisi rumah β€˜BB House’ sebelum direnovasi. Lumayan kan perubahannya. :D pic.twitter.com/uCz8DFr8NZ
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Oke, dimulai dari 'waktu renovasi'. Salah satu faktor yang bisa dibilang krusial ketika kita mau mengerjakan proyek pembangunan adalah penentuan waktu pelaksanaan. Memulai pembangunan ketika masuk ke dalam musim hujan tentu saja kurang tepat. Hayo tebak kenapa? pic.twitter.com/eFTYglmWNm
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Karena akan memperlama proses penggalian pondasi. Begitupun ketika mendekati hari raya, karena kemungkinan besar tukang atau pekerja lapangan akan segera pulang ke kampung halamannya..
Mande Austriono @mondododo
Proyek BB House ini sebenernya dimulai dalam waktu yang kurang pas. Waktu itu proses pengerjaan gambar kerja belum beres, tapi karena ada rumah di sampingnya yang dikontrakin, akhirnya proyek ini segera dimulai tanpa adanya gambar kerja.
Mande Austriono @mondododo
Pertimbangan ini terbilang wajar juga, BB House adalah proyek tanpa menggunakan kontraktor, hanya memakai mandor. Jadi mau gamau pemilik harus bisa berkoordinasi dengan tukang setiap hari, dan apabila bisa mengontrak di rumah sebelah, proses tersebut gampang dilakukan.
Mande Austriono @mondododo
Kalau ngomongin drama ya udah pasti ada. Tapi yaa namanya juga membangun, selalu ada dramanya ko. Hahaha. XD
Mande Austriono @mondododo
Tentang facade: Di dalam dunia perarsitekturan, salah satu trik agar proyek renovasi bisa keliatan 'kerasa bedanya' adalah mengubah pola facade atau tampak depan suatu bangunan menjadi bentukan yang baru. pic.twitter.com/A52yRCLHSn
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Bisa itu hanya sebatas menutupi facade lama (kaya di kebanyakan ruko-ruko), menambah beberapa elemen baru, atau bener-bener mengubah bentuk depan dari bangunan lamanya.
Mande Austriono @mondododo
Tapi seperti yang biasa gw lakuin, facade untuk rumah ini sebenernya hanya memanfaatkan struktur yang ada, dengan harapan bisa menekan biaya pembangunan. Jadi awalnya ada semacam tiang besar yang berfungsi sebagai penahan teras depan (bisa diliat dari foto sebelum renovasi).
Mande Austriono @mondododo
Nah daripada tiang itu dihilangkan, gw memilih untuk meneruskannya ke lantai 2 agar fungsi teras masih ada dan menimbulkan kesan lega ketika kita masuk ke dalam rumah.
Mande Austriono @mondododo
Oia, gw juga nyoba untuk manfaatin negative space pada dinding depan untuk membuat frame yang berguna untuk meneruskan bukaan pada jendela kaca besar di belakangnya.. pic.twitter.com/O5tqEKKTwZ
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Ruang tamu. Seperti kebanyakan ruang depan di rumah-rumah tipe 45 versi developer, dulunya ruangan ini berfungsi sebagai ruang tamu yang merangkap ruang keluarga, ruang makan, plus dapur. pic.twitter.com/JtenhyCdDA
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Tapi karena renovasi rumah ini sifatnya berkembang ke atas dan ke belakang, akhirnya ruangan ini bener-bener bisa difungsikan menjadi ruang tamu.
Mande Austriono @mondododo
Ada beberapa pertimbangan kenapa bentukannya begini. Salah satunya adalah penempatan posisi tangga beserta arahnya. Setelah beberapa kali studi, gw memutuskan tangga dibentuk L-shape dengan arah sirkulasi dimulai dari sudut yang menghadap tembok, sehingga berakhir di area studio.
Mande Austriono @mondododo
Hal ini tujuannya agar bawah tangga masih bisa digunakan untuk duduk-duduk menggunakan sofa lama yang memang bentuknya 'ceper' dan sisi bawah tangga yang agak tingginya masih bisa digunakan sebagai area sirkulasi ke arah dapur. Cukup tricky kan?
Mande Austriono @mondododo
Oia, sebelum lanjut. Kalau bingung sama penjelasannya, cek instagram gw aja ya di instagram.com/mondododo - di sana lebih detail gitu sih nyeritainnya. :p
Mande Austriono @mondododo
Oke, lanjut ah. Bagian dapur dari BB House ini sebenernya ga begitu banyak perubahan dari kondisi awalnya. Jadi agak susah juga mau cerita apaan. Haha.. pic.twitter.com/k8Qz2lv7jR
 Expand pic
Mande Austriono @mondododo
Ruang antara. Kalau temen-temen apal sama tipikal bentuk denah dari rumah tipe 45 yang sering ditawarin developer mungkin akan ngeh kalau ruangan di foto ini awalnya adalah kamar tidur utama. pic.twitter.com/KuYeC8nuVW
 Expand pic
Login and hide ads.