1
VIVAcoid @VIVAcoid
Heboh Blangko E-KTP Dijual Bebas, Tjahjo: Bahayanya di Mana? dlvr.it/QtGPnw

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan diperjualbelikannya blangko e-KTP tidak akan mengganggu proses tahapan Pemilu 2019. Tjahjo merespons hal ini karena blangko e-KTP sempat dijual bebas di Pasar Pramuka dan toko online.

Tjahjo memastikan polemik blangko e-KTP yang dijual bebas juga tak akan mengganggu daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

"Kalau ada kekhawatiran mengganggu DPT, tidak ada," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.

Menurut dia, blangko yang diperjualbelikan memang bisa dipakai untuk mencetak e-KTP. Namun, ia menekankan e-KTP menjadi sekadar tercetak dan tidak terdaftar dalam basis data kependudukan Kemendagri.

Sementara, penyusunan DPT hanya mengacu kepada data kependudukan resmi di basis data itu.

"Bahayanya di mana? Ini sama juga dengan nyetak uang palsu, sama. (Blangko e-KTP yang dijual) tidak terkoneksi dengan data induk. Ini hanya ada orang jual blangko, kemudian ada orang beli blangko," ujar Tjahjo.

Tjahjo menyampaikan, kasus semata-mata terjadi akibat adanya oknum di Kemendagri. Dia berharap pihak kepolisian bisa segera mengungkap kasus yang sudah bikin heboh ini.

"Tinggal kita usut siapa yang melakukan ini, motivasinya apa. Sengajakah, atau ada unsur politis kah? Mudah-mudahan bisa diungkap kepolisian dengan cepat," jelas Tjahjo. (ase)

Macora @Macora6
@VIVAcoid @MichelaniaAdam Bahaya di pencoblosan nt,sb memiliki E-KTP siluman yg nota bene utk mengacaukan suara kelaj,gitu lho..
Didi Bezzo Hermawan @Didi_Bezzo
@VIVAcoid Eh buseh... KTP itu akte autentik pasal 1868 KUH Perdata yang berbunyi: “ Suatu akta otentik ialah akta yang dibuat dalam bentuk yang ditentukan undang-undang oleh atau dihadapan pejabat umum yang berwenang untuk itu ditempat akta dibuat‖.
Didi Bezzo Hermawan @Didi_Bezzo
@VIVAcoid Masa dijual beliin pak... Gimana sih pak.... Udah bikin nya susah ampe setengah tahun enak aja di jual bebas
@FZ @herfasmd
@VIVAcoid Waduh sekelas menteri kok ngomongnya gitu... Hadeuh...
mr joe @mr_joeesa
@VIVAcoid Inilah mentri rejim dusta, klo ngebacot asal jeplak...bahaya cuk rakyat susah dapatkan KTP gratis. Klo kau jual itu blangko KTP. Nih tengok didaerah dah 8bln KTP tidak jadi2. Akibat blangko dr pusat blm jg di kirim. Di batam susah dapat kan ktp Gratis tp cepat. pic.twitter.com/0HDxBBglsT
Expand pic
Khieyara Utami @khieyara
@VIVAcoid Mentri kok ngomong nya sekelas anak SD..masalah DPT tercecer gk tau masalah nya dmn Parah..dibilang goblok MAU GK
Manurung👆🇮🇩🇵🇸 @Manuruung
@VIVAcoid Gemblung. !!! Ni betulan omongan menteri?? Jelas bahaya lah, tu blangko bisa disalahgunakan buat WN Asing, jadi identitas palsu garong/koruptor/penipu/dsb. Msa' sekelas menteri gini aja gak paham.
Age_Friend @Age_Friend
@VIVAcoid @MichelaniaAdam Ini mengelola negara Pak, tentu ada standar formal utk proses penerbitan se-penting e-KTP.
Muhammad Said Didu @saididu
@VIVAcoid Sangat bahaya pak Menteri krn hampir semua pemeriksaan KTP saat ini hanya melihat fisik - bukan melalui bacaan elektronik (card reader) jadi sangat mungkin penyalahgunaan - termasuk sangat bisa dimiliki oleh orang asing yg tdk berhak. Mhn tidak berteori pak
Padi @rachmadhi
@saididu @VIVAcoid Mentri akalnya pendek suruh mundur ga mau... Pdip
Abdul SkakMad @SabdoPa65823826
@saididu @VIVAcoid Dimiliki gimana pak ?? Utk identitas pribadi ..?? Tentunya akan terdeteksi baik dr foto, dll ... Adanya perekaman. Mata, sidik jari dll ... Bisa membuktikan bila ada yg palsukan e-KTP ...
Muhammad Said Didu @saididu
@SabdoPa65823826 @VIVAcoid Itu proses pembuatan yg lewat jalur legal, tapi saat digunakan tdk ada proses itu, hanya melihat fisik KTP-nya. Semoga jelas
Falyla @Falyla1
@saididu @VIVAcoid Sdh 1 tahun lebih e-ktp g jadi..... Katanya blanko kosong.... Ternyata..... Dijual gitu?!
#GerakanKedaulatanRakyat @surodilagan
@saididu @VIVAcoid Kemungkinan penylahgunaan sesimpel itu tak bs dilihat pak menteri @Kemendagri_RI . Masih layak jd menteri?
gunadi taufiq @gunaditaufiq
@saididu @VIVAcoid Kita ini bangsa apa? Ngurus negara amatiran begini.
SWEET POISON @LindaRockwell80
@saididu @SabdoPa65823826 @VIVAcoid Setuju pak , kl TDK ada bahayanya ga mungkin negara susah susah bikin KTP.
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.