Sriwijaya, Penguasa Asia Tenggara yang Terlupakan

Memperdalam agama sekaligus mengumpulkan kitab-kitab agama Buddha yang asli, Yi Jing akhirnya memutuskan bertolak dari Guangzhou menuju India pada tahun 671.
berita sejarah AsiaTenggara breakingnews HISTORY Indonesia sriwijaya
0

Koran Sulindo – Memperdalam agama sekaligus mengumpulkan kitab-kitab agama Buddha yang asli, Yi Jing akhirnya memutuskan bertolak dari Guangzhou menuju India pada tahun 671.

Tentu saja, dengan hanya mengandalkan angin monsum perjalanan dari Cina ke India itu tak bisa sekali jalan. Ia harus singgah di tengah pelayarannya sembari menunggu musim berganti.

Tanpa pengetahuan sama sekali tentang tempat yang disinggahinya, kali pertama Yi Jing menginjakkan kakinya ia langsung dibuat kagum dengan kemajuan agama Buddha di tempat tersebut.

Ia menyebut di tempat itu semua orang giat menuntut ilmu dan menjalankan ibadah dan apa yang dipelajari tak berbeda dengan yang dipelajari di Cina. Tata cara upacara bahkan peralatannya pun semua sama belaka.

Meski tak berencana untuk tinggal namun melihat majunya kebudayaan agama Buddha, Ye Jing akhirnya berubah pikiran. Suasana dan sarana yang baik itu membuatnya yakin bahwa tempat itu merupakan ajang belajar yang ideal sebagai persiapan sebelum pergi ke India.

Ye Jing akhirnya memutuskan tinggal enam bulan lebih lama untuk mempelajari pramasastra Sanskrit yang hasilnya kemudian terbukti memuaskan.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/sriwijaya-penguasa-asia-tenggara-yang-terlupakan/

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.